Contoh Soal Menentukan Kalimat Utama, Ide Pokok/Gagasan Pokok Dan Pembahasannya

Halo pelajar dibawah ini adalah contoh soal menentukan kalimat utama, ide pokok/gagasan pokok pada suatu paragraf lengkap beserta dengan pembahasannya sebagai bahan belajar dan referensi untuk mengerjakan tugas disekolah teman-teman. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi langsung simak contoh soalnya dibawah ini.
Contoh Soal Menentukan Kalimat Utama, Ide Pokok/Gagasan Pokok Dan Pembahasannya

Contoh Soal Menentukan Kalimat Utama

Bacalah Dengan Cermat
(1) Ini adalah pelajaran yang mesti diketahui setiap orang tua. (2) Doa mereka sungguh ajaib jika ditujukan pada anak-anak mereka. (3) Jika orang tua ingin anaknya menjadi saleh dan baik, maka doakanlah mereka karena doa orang tua adalah doa yang mudah dijabani. (4) Jika orang tua mendoakan jelek pada anaknya, maka itu pun akan dikabulkan. (5) Jadi, orang tua mesti hati-hati dalam mendoakan anaknya.

Kalimat utama pragraf di atas adalah
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

Pembahasan :
Berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf terdiri dari tiga jenis, yaitu deduktif, induktif, dan campuran. Paragraf diatas merupakan pragraf induktif yaitu paragraf yang kalimat utamanya berada diakhir paragraf. Dan pada kalimat nomor 1, 2, 3 merupakan kalimat penjelasan dari kalimat utama. Jadi, kalimat utama pada paragraf diatas adalah kalimat nomor 5.

Jawaban : E

Contoh Soal Menentukan Ide Pokok/Gagasan Pokok

Bacalah paragraph dibawah ini dengan cermat.
(1)  Peran seni teater termasuk penting karena dapat membantu karakter bangsa Indonesia yang selama ini dikenal penuh toleransi dan menghormati pluralism. (2) Melalui latihan teater, orang diajarkan untuk mengenal karakter orang lain, memahami orang lain dari tokoh-tokoh yang ditampilkan. (3) Hal ini disampaikan oleh Jose Rizal Manua, seniman teater, sekaligus pendiri teater anak-anak bernama teater Tanah Air, Sabtu (4/6) di Jakarta. (4) Pemahaman terhadap orang lain ini terbentuk karena dalam teater seorang diajarkan untuk mengenal tidak hanya psikologi manusia, tetapi juga latar belakang sosial seseorang. (5) Karakter seseorang juga dapat terbentuk dari latar belakang budaya seseorang.

Ide pokok paragraph tersebut adalah
A. Manfaat peran seni teater
B. Pengajaran dalam teater
C. Pengenalan karakter seseorang
D. Runtuhnya karakter bangsa
E. Terbentuknya karakter seseorang

Pembahasan :
Ide pokok disebut juga gagasan pokok atau gagasan utama
Ide pokok pada umumnya terdapat pada kalimat pertama dan kalimat terakhir paragraf. Namun, mungkin pula tersirat pada beberapa kalimat. Untuk menemukan ide pokok, cermati langsung kalimat pertamanya. Pada paragraf tersebut, ide pokok berada dikalimat kedua yang merupakan kalimat penjelas yang berfungsi untuk mempertegas ide kalimat pertama. Jadi, jawabannya adalah manfaat seni teater.

Jawaban : A

Demikianlah 2 contoh singkat menentukan kalimat utama dan juga ide pokok/gagasan pokok pada suatu paragraf, semoga dapat membantu teman-teman pembaca semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Menentukan Kalimat Utama, Ide Pokok/Gagasan Pokok Dan Pembahasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel