Cara Menulis Rumus Kimia Senyawa

Cara Menulis Rumus Kimia Senyawa - Halo pelajar dibawah ini adalah materi kimia tentang cara menulis rumus kimia baik itu senyawa dan molekul sebagai bahan dan referensi belajar untuk mengerjakan tugas disekolah teman-teman. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi langsung simak penjelasannya dibawah ini.
Cara Menulis Rumus Kimia Senyawa

Cara Menulis Rumus Kimia Senyawa

Setiap senyawa memiliki rumus kimia, yaitu rumus yang menyatakan banyaknya atom dari unsur-unsur yang membentuk suatu senyawa. Dengan rumus kimia senyawa dapat diketahui, yaitu

a. Jenis unsur yang membentuk senyawa itu, dan
b. Banyaknya atom tiap unsur yang menyusun senyawa tersebut.

Angka yang menyatakan banyaknya atom suatu unsur di dalam tiap molekul senyawa disebut angka indeks. Angka ini ditulis di belakang lambang unsur agak ke bawah (subcript).

Angka koefisien adalah banyaknya atom suatu unsur atau molekul senyawa yang ditulis di depan rumus kimia senyawa atau lambang atom unsur tersebut. Angka koefisien digunakan untuk menyetarakan jumlah atom suatu unsur yang terlibat dalam reaksi kimia. Nilai satu untuk angka indeks dan angka koefisien tidak ditulis.

Secara umum, rumus molekul suatu senyawa ditulis sebagai berikut.
nAxByCz
Dimana:
  • A, B, dan C adalah lambang unsur penyusun senyawa
  • x, y, dan z adalah angka indeks
  • dan n adalah  koefisien
Berikut ini adalah contoh-contoh penulisan rumus molekul.
1. Unsur karbon (C) dan unsur oksigen (O) dapat membentuk senyawa karbon monoksida (CO) dan senyawa karbon dioksida (CO2). Rumus molekul karbon monoksida (CO), artinya tiap molekul senyawa karbon monoksida terdiri dari 1 atom karbon dan 1 atom oksigen. Rumus molekul senyawa karbon dioksida adalah CO2, artinya tiap molekul senyawa karbon dioksida terdiri dari 1 atom karbon dan 2 atom oksigen.

2. Rumus kimia asam sulfat adalah H2SO4, berarti tiap molekul asam sulfat terdiri dari 2 atom hidrogen (H), 1 atom belerang atau sulfur (S), dan 4 atom oksigen (O).

3. Jika tertulis rumus kimia senyawa kalsium hidroksida yang terlibat dalam reaksi adalah 5Ca(OH)2, artinya terdapat 5 molekul kalsium hidroksida. Tiap molekulnya terdiri atas 1 atom kalsium (Ca), 2 atom oksigen (O), dan 2 atom hidrogen (H). Jumlah seluruh atom pada senyawa itu adalah 5{1 + (1 × 2) + (1 × 2)} = 25 atom.

4. Tiap molekul kapur terdiri atas 1 atom kalsium (Ca), 1 atom karbon (C), dan 3 atom oksigen (O) sehingga rumus molekul kapur adalah CaCO3.

5. Rumus kimia cuka adalah (CH3COOH), artinya tiap molekul asam cuka terdiri dari 2 atom karbon (C), 4 atom hidrogen (H), dan 2 atom oksigen (O). Jadi, jumlah atomnya adalah 8.

Nah demikianlah penjelasan materi kimia tentang cara menulis rumus kimia senyawa, semoga dapat membantu pembaca sekalian

Belum ada Komentar untuk "Cara Menulis Rumus Kimia Senyawa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel