Sistem Pencernaan Hewan Vertebrata Berdasarkan Kelas/Filumnya

Kali ini admin akan memberikan penjelasan tentang sistem pencernaan pada hewan vertebrata atau hewan bertulang belakang berdasarkan filumnya yang mungkin teman-teman butuhkan sebagai referensi belajar ataupun untuk mengerjakan tugas. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi mari simak langsung penjelasannya dibawah ini.
Sistem Pencernaan Hewan Vertebrata Berdasarkan Kelas/Filumnya

Sistem Pencernaan Hewan Vertebrata

Proses pencernaan makanan dapat terjadi secara mekanik dan kimia. Pencernaan mekanik adalah proses yang mengubah makanan menjadi bagian-bagian yang kecil. Sedangkan pencernaan secara kimia adalah suatu proses pengubahan makanan dengan bantuan enzim pencernaan.

Untuk Hewan vertebrata sendiri sistem pencernaannya berbeda-beda tergantung dari filum/kelas hewan tersebut berikut ini penjelasannya.

Sistem Pencernaan pada ikan

Misalnya, ikan mas mempunyai saluran pencernaan yang terdiri atas mulut, kerongkongan, lambung, usus dan anus. Ikan mempunyai lidah yang pendek terdapat pada dasar mulut, lidah itu tidak dapat digunakan seperti lidah pada hewan lainnya. Ikan mas tidak mempunyai kelenjar ludah tetapi mempunyai kelenjar lendir dari mulutnya. Lambung merupakan pelebaran dari saluran pencernaan

Sistem pencernaan pada amphibia

Sebagai contohnya adalah katak mempunyai saluran pencernaan yang terdiri atas mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, kloaka.

Untuk membantu menelan makanan, yaitu makanan tersebut dicampur dengan ludah yang dihasilkan oleh kelenjar ludah. Pencernaan makanan berlangsung di dalam lambung katak mempunyai kelenjar pencernaan yaitu hati dan pankreas.

Sistem pencernaan pada reptilia

Seperti dicontohkan kadal yang mempunyai saluran pencernaan yang terdiri atas mulut, kerongkongan, lambung, usus dan kloaka. Kadal mempunyai hati dan pancreas sebagai kelenjar pencernaan.

Lambung pada reptilia bentuknya sesuai dengan bentuk badannya, misalnya lambung kura-kura berbentuk agak bulat.

Sistem pencernaan pada burung

Sebagai contoh burung merpati mempunyai saluran pencernaan yang terdiri atas mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan kloaka. Burung mempunyai hati dan pancreas, keduanya merupakan kelenjar pencernaan yang berada di luar saluran pencernaan.

Sistem pencernaan pada mamalia

Hewan mamalia misalnya sapi mempunyai lambung yang tersusun dari empat bagian yaitu perut besar (rimen), perut jala (reticulum) perut kilab (omosum), dan perut masam (obomasum). Makanan yang berupa rumput dan sebangsanya dari mulut melewati kerongkongan masuk ke dalam perut besar, dari perut besar makanan kembali ke mulut untuk dimumah, setelah dimumah makanan ditelan dan masuk ke dalam perut jala, kemudian ke perut kilab dan akhirnya ke perut masam.

Itulah sedikit penjelasan mengenai sistem pencernaan pada hewan vertebrata berdasarkan kelasnya masing-masing. Semoga dapat membantu.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Sistem Pencernaan Hewan Vertebrata Berdasarkan Kelas/Filumnya"

Post a Comment