Contoh Teks Prosedur Singkat Membuat E-KTP

Yoo semuanya pada kesempatan ini admin akan memberikan contoh teks prosedur singkat membuat e-ktp yang dapat teman-teman gunakan untuk referensi dalam mengerkajakan tugas bahasa indonesia yang diberikan oleh guru disekolah. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi langsung simak contohnya dibawah ini.
Contoh Teks Prosedur Singkat Membuat E-KTP

Contoh Teks Prosedur Singkat Membuat E-KTP

Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) adalah dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan pengadilan baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan berbasis pada database kependudukan nasional. Adapun tujuannya yaitu sebagai berikut.
  • Mencegah dan menutup peluang adanya KTP ganda dan KTP palsu.
  • Terwujudnya data penduduk yang akurat.
  • Membatasi ruang gerak pelaku kriminal termasuk teroris.
  • Dapat digunakan dalam segala aspek kehidupan  (dijadikan dasar penerbitan Paspor, SIM, NPWP, Polis Asuransi, Sertifikat atas hak tanah dan penerbitan identitas lainnya). 
Adapun syarat-syarat penerbitan e-KTP baru yaitu sebagai berikut.
  • Telah berusia 17 tahun.
  • Surat pengantar RT, RW, Kepala Desa/ Lurah.
  • Fotokopi (Kartu Keluarga, Kutipan akte kelahiran)
Adapun langkah-langkah membuat kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) yaitu sebagai berikut :

Pertama, pastikan kelurahan atau desa Anda telah mendukung layanan e-KTP. Biasanya di kelurahan atau di desa sudah ada formulir yang harus Anda isi.

Lalu, datanglah ke tempat proses pembuatan e-KTP dengan membawa fotokopi kartu keluarga (KK), surat pengantar RT/RW ke Kelurahan/Desa setempat dan membawa akte kelahiran. Siapkan semua berkas dari rumah, agar waktu lebih efektif.

Kemudian, ambil nomor antrean di loket.Tunggu hingga dipanggil oleh petugas yang bersangkutan. Jangan lupa membawa surat panggilan untuk membuat e-KTP dari pemerintah setempat.

Setelah itu, petugas akan memasukkan data dan foto Anda secara digital. Pastikan data KTP Anda sesuai dengan KTP sebelumnya, jika Anda belum pernah mempunyai e-KTP isi formulir F1.01.

Selanjutnya, bubuhkan tanda tangan Anda di alat perekam tanda tangan. Pastikan tanda tangan Anda tidak berubah-ubah lagi berikutnya karena akan menyulitkan jika tidak sama dengan dokumen lain.

Kemudian, lakukan pemindaian retina pada alat yang telah disediakan. Anda akan memasuki ruangan yang telah disediakan untuk pemindaian retina.

Setelah itu, pastikan surat panggilan Anda akan ditandatangani dan distempel oleh petugas. Tunggu proses pencetakan sekitar 2 minggu.

Akhirnya, bila e-KTP sudah selesai dicetak Anda akan diberitahu dan dapat diambil di kelurahan/desa setempat.Pelayanan pembuatan e-KTP tidak dikenakan biaya.

Itulah dia contoh dari teks prosedur singkat yaitu tentang tata cara dalam pembuatan E-KTP di indonesia, semoga dapat membantu anda.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Contoh Teks Prosedur Singkat Membuat E-KTP"

Post a Comment