Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan Beserta Strukturnya

Halo pelajar, berikut ini adalah contoh teks eksposisi tentang pendidikan beserta dengan strukturnya yang mungkin teman-teman butuhkan sebagai referensi untuk mengerjakan tugas bahasa indonesia yang diberikan disekolah. Simak langsung contohnya dibawah ini.
Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan Beserta Strukturnya

Contoh Teks Ekpsosisi Pendidikan

Tesis
Pendidikan karakter sangat penting bagi seorang anak, karena pendidikan karakter dapat membentuk kepribadian seseorang menjadi baik dan terarah. Seseorang yang berkarakter baik akan selalu bertindak positif.Pendidikan karakter yang harus kita tanamkan kepada anak,antara lain : tanggung jawab, peduli, santun, jujur, percaya diri,kreatif,cinta tanah air,menghargai,dan lain-lain.Pendidikan karakter harus diberikan sejak  dini,bahkan pada usia dini ini pendidikan karakter yang diberikan harus memiliki porsi yang palin banyak.

Pada usia dini anak akan lebih mudah tertanam pendidikan karakter melalui pembiasaan-pembiasaan yang akan menjadi fondasi kepribadian anak pada masa yang akan datang.Selanjutnya pendidikan karakter terus dijalankan seiring perkembangan jiwa anak.Ketika anak tumbuh menjadi remaja,orang tua dan guru harus benar-benar menanamkan dan memantau nilai-nilai karakter dengan kuat,karena anak usia remaja akan mudah goyah jiwanya,terpengaruh hal-hal negative yang ada di luar.

Pemerintah melalui Kurikulum 2013,sudah mematenkan pendidikan karakter masuk di dalam pembelajaran yaitu berbentuk penilaian kompetensi sikap,baik sikap spiritual maupun sikap social.Melalui penilaian sikap inilah setiap guru akan selalu mengamati perilaku siswanya dan menilainya. Bahkan tidak hanya guru yang wajib menilai sikap siswa, tetapi teman dan diri sendiri juga dapat memberikan penilaian sikap.

Argumen
Pendidikan karakter sangat penting karena karakter merupakan nilai dasar manusia yang akan menentukan sikap dan perilakunya terhadap Tuhan dan lingkungannya.Seseorang yang memiliki perilaku baik akan cenderung melakukan hal-hal yang baik, dan meninggalkan hal-hal yang buruk.Jika anak tidak dibiasakan mengenal Tuhan sejak kecil,dan tidak menjalankan semua perintah-Nya,dan meninggalkan semua larangan-Nya,maka merka akan sulit diarahkan kearah yang positif.Misalnya saja menjalankan shalat lima waktu  bagi muslim, jika kita mengajarinya sejak kecil dan membiasakannya serta memberitahukan konsvensi jika meninggalkannya,maka mereka akan terbiasa melaksanakannya tanpa ada perasaan enggan atau berat,bahkan mereka akan takut jika meninggalkannya.Selain shalat merupakan kewajiban umat muslim yang tidak boleh ditinggalkan,shalat juga sarat pendidikan karakter yang secara tidak langsung sudah terimplikasi di dalamnya, misalnya nilai tanggung jawab, jujur disiplin dll

Pendidikan karakter juga dapat membentuk kepribadian yang unggul sehingga mendorong anak berprestasi. Dengan kepribadian yang unggul, maka anak akan menjadi manusia yang berguna bagi lingkungan sekitarnya,bangsa, negara, dan agama.karena anak yang berkarakter baik akan mudah menyesuaiakan diri di mana pun ia berada. Di lingkungan sekolah, ia akan selalu taat pada tata tertib dan peraturan sekolah. Ia tidak akan membolos, mencuri, meninggalkan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Ia akan selalu belajar dengan tekun dan percaya diri. Dengan perilaku yang demikian ia akan lebih mudah untuk menjadi anak yang berprestasi.Karena sikap malas tidak akan pernah dimilikinya.Demikian hingga ia dewas hidup di masyarakat dan di lingkungan kerjanya akan selalu diterima dengan baik oleh lingkungannya. Dengan karakter yang baik,Ia tidak akan melakukan hal-hal negative, seperti tawuran,mencuri,penyalahgunaan narkoba, dan seks bebas.

Penegasan Ulang
Oleh karena itu pendidikan karakter harus diberikan dan dibiasakan kepada anak didik kita, karena karakter seseorang memiliki peranan yang paling dalam menentukan  kehidupan manusia.

Demikianlah contoh dari teks eksposisi tentang pendidikan beserta dengan strukturnya, semoga dapat membantu

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan Beserta Strukturnya"

Post a Comment