5 Ciri Khusus Ular Beserta Fungsinya

Halo pelajar indonesia, pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan 5 ciri khusus pada ular dan fungsinya buat para pelajar dan pembaca sekalian yang mungkin digunakan sebagai referensi untuk tugas mata pelajaran ilmu pengeahuan alam. Tanpa  basa basi lagi simak langsung penjelasannya dibawah ini.
Ciri – Ciri Khusus Ular Dan Penjelasan Fungsinya

5 Ciri Khusus Ular

Ular adalah kelompok yang sangat besar reptil panjang. Ada lebih dari 2.500 spesies yang berbeda dari ular di planet kita. Ular hidup di berbagai habitat tanah dan air. Ular-ular yang paling melimpah dan ular terbesar ditemukan di iklim tropis seperti hutan hujan.

Ular yang ditemukan di setiap benua di dunia kecuali Antartika di mana itu terlalu dingin bagi mereka untuk bertahan hidup. Juga tidak ada ular asli Hawaii, Islandia, Irlandia atau Selandia Baru.

Ular memiliki panjang, tubuh sempit dengan sisik yang menutupi kulit mereka. Ular tidak memiliki kelopak mata, tidak ada bukaan telinga luar dan tidak ada kaki, meskipun beberapa ular, seperti ular boa constrictors dan memiliki vestigial (tersembunyi atau disembunyikan) kaki belakang yang kecil, angka mencakar dikenal sebagai’ tajianal’ yang digunakan untuk memahami saat kawin. Ketika mereka tumbuh, ular berganti kulit lama mereka dan film yang meliputi mata mereka secara teratur. Seperti reptil lain, ulara dalah hewan berdarah dingin. Ular telah ada selama jutaan tahun. Ular ada selama periode dinosaurus. Ular yang reptil sangat modern dibandingkan dengan dinosaurus. Ular pertama kali muncul selama akhir periode Cretaceous (sekitar 146 juta tahun yang lalu), menjelang akhir masa dinosaurus.

Seperti kebanyakan reptil, ular ectotherms yang berarti mereka harus mengatur suhu tubuh mereka sendiri. Ular berjemur di bawah sinar matahari untuk menghangatkan diri dan pindah ke lokasi yang lebih dingin untuk mendinginkan diri mereka. Ular hibernasi selama musim dingin.

Ular memiliki ciri khusus yaitu kepekaannya dalam mencium bau. Dengan kemampuan penciumannya yang tajam, ular mampu mendeteksi letak mangsanya. Hal ini disebabkan oleh organ khusus penciuman yang dimilikinya, yaitu organ Jacobson. Nama organ ini disesuaikan dengan nama penemu organ ini yaitu L.L. Jacobson (ilmuwan asal Denmark). Organ Jacobson terdiri atas dua lubang di langit-langit mulutnya dan dilapisi reseptor kimia yang mampu mendeteksi bau. Pada saat melacak seekor mangsa, ular mencari bau mangsanya (berupa gas). Ini dilakukan dengan cara menjulurkan lidahnya keluar masuk dengan cepat. Nah, gas tersebut akan larut dalam air liur ular dan akan dibawa ke organ Jacobson. Dengan demikian ular dapat mengenali arah dan letak mangsanya dengan mengikuti baunya.

Itulah penjelasan singkat tentang ciri khusus yang dimiliki oleh ular, semoga artikel ini dapat membantu sobat pelajar semuanya

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "5 Ciri Khusus Ular Beserta Fungsinya "

Post a Comment