Contoh Teks Cerita Sejarah Tragedi 1998 Beserta Strukturnya

Halo para pelajar indonesia sekalian kali ini admin akan memberikan contoh singkat dari teks cerita sejarah singkat Tragedi 1998 beserta dengan strukturnya buat para pelajar dan pembaca sekalian yang mungkin bisa digunakan sebagai referensi untuk tugas mata pelajaran bahasa indonesia. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi mari simak langsung contohnya dibawah ini.
Contoh Teks Cerita Sejarah "Tragedi 1998" Beserta Strukturnya

Teks Cerita Sejarah Tragedi 1998

Orientasi
Tragedi Trisakti adalah peristiwa penembakan, pada tanggal 12 Mei 1998, terhadap mahasiswa pada saat demonstrasi menuntut Soeharto turun dari jabatannya. Kejadian ini menewaskan empat mahasiswa Universitas Trisakti di Jakarta, Indonesia serta puluhan lainnya luka-luka.

Urutan Peristiwa 1
Ekonomi Indonesia mulai goyah pada awal 1998,yang terpengaruh oleh krisis finansial Asia sepanjang 1997-1999. Mahasiswa pun melakukan aksi demonstrasi besar-besaran ke gedung DPR/MPR mahasiswa Universitas Trisakti.

Urutan Peristiwa 2
Mahasiswa melakukan aksi damai dari kampus Trisakti menuju Gedung Nusantara pada pukul 12.30. Namun aksi mereka di hambat oleh blokade dari Polri dan militer datang kemudian. Beberapa mahasiswa mencoba bernegosiasi dengan pihak polisi.

Urutan Peristiwa 3
Pada sore hari pukul 05.15, para mahasiswa bergerak mundur diikuti bergerak majunya aparat keamanan. Aparat keamanan pun mulai menembakan peluru ke arah mahasiswa. Para mahasiswa panik dan berhamburan, sebagian besar berlindung di Universitas Trisakti. Namun aparat keamanan terus melakukan penembakan. Ratusan korban pun berjatuhan dan dilarikan ke RS. Sumber Waras.

Urutan Peristiwa 4
Melihat keadaan sedikit aman, mahasiswa mulai berani keluar dari ruangan. Terjadi negosiasi antara Dekan Fe dengan Kol.Pol.Athur Dumanik. Mahasiswa dapat pulang dengan syarat keluar secara sedikit demi sedikit di jamin mahasiswa akan pulang dengan aman.

Urutan Peristiwa 5
Satuan pengamanan yang berada di lokasi pada saat itu adalah Brigade mobil Kepolisian RI. Batalyon Kovaleri g, Batalyon Infateri 203 Artikel Pertahanan Udara Kostrad, Batalyon Ifanteri 202, Pasukan Anti Huru Hara Kodam serta Pasukan Bermotor. Mereka dilengkapi dengan tameng, gar air mata, sliyer dan SS-1

Urutan Peristiwa 6
Namun pada pukul 20.00 di pastikan empat mahasiswa tewas tertembak dan satu orang dalam keadaan kritis. Hasil otopsi menunjukan kematian di sebabkan peluru tajam. Tetapi hasil sementara di prediksi peluru tersebut hasil pantulan dari tanah peluru tajam untuk tembakarn peringatan.

Reorientasi
Tragedi Trisakti merupakan peristiwa penembakan yang menewaskan mahasiswa Universitas Trisakti. Terguncangnya ekonomi Indonesia pada awal 1998, karena krisis moneter, sehingga para mahasiswa melakukan demonstrasi besar ke gedung DPR/MPR.

Nah itulah contoh singkat dari teks cerita sejarah tentang tragedi yang terjadi pada tahun 1998, semoga bermanfaat.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Contoh Teks Cerita Sejarah Tragedi 1998 Beserta Strukturnya"

Post a Comment