5 Ciri Khusus Kelelawar Beserta Fungsinya

Ada beberapa ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh hewan kelelawar salah satunya adalah pendengaran yang sangat baik disini admin akan memberikan penjelasan mengenai ciri khusus yang dimiliki oleh hewan kelelawar dan fungsinya lengkap buat para pelajar dan pembaca sekalian yang mungkin digunakan sebagai referensi untuk tugas mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Tanpa perlu basa basi lagi simak langsung penjelasannya dibawah ini.

5 Ciri Khusus  Kelelawar

Bentuk Sayap dan Alat Pendeteksi Kelelawar
Kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang dapat terbang. Sayap kelelawar berbeda dengan sayap burung. Sayap kelelawar terbuat dari selaput tipis yang membentang antara tulang-tulang jari dan tulang lengannya. Pada bagian atas tiap-tiap sayap terdapat cakar yang digunakan untuk melekat pada batuan saat menggantung di dinding gua.

Ada yang unik dari pola hidup kelelawar. Tidak seperti binatang lain pada umumnya, kelelawar mencari makanan di malam hari dan tidur di siang hari. Kebanyakan kelelawar adalah pemakan serangga seperti ngengat, nyamuk, lalat, dan hewan lain yang keluar pada malam hari. Ada juga beberapa kelelawar yang memakan buah, madu, dan darah. Kelelawar tidak memiliki penglihatan yang tajam.

Dalam keadaan gelap, kelelawar tidak pernah menabrak benda yang dilaluinya. Kelelawar juga tidak kesulitan menemukan makanan. Hal ini dikarenakan kelelawar memiliki keistimewaan. Kelelawar memiliki indra pembau dan pendengar yang tajam. Dengan penggabungan keduanya, kelelawar dapat menemukan makanan. Kelelawar dapat menentukan arah terbang dan menghindari tabrakan.

Ketika terbang mencari makanan, kelelawar memancarkan bunyi yang sangat tinggi (ultrasonik) dari mulutnya. Jika bunyi tersebut mengenai benda, seperti pohon atau serangga, bunyi tersebut dipantulkan kembali. Dengan mendengar bunyi pantul, kelelawar dapat memperkirakan jauh dekatnya tempat atau makanan yang dituju. Kelelawar dapat mendengarkan bunyi yang lemah sekalipun. Hal itu di sebabkan kelelawar memiliki indra pendengaran yang sangat tajam. Bentuk daun telinga yang lebar mampu menangkap bunyi yang lemah. Selain itu, sayap kelelawar tersusun dari jaringan kulit yang kuat.
Oleh karenanya, hewan ini mempunyai kemampuan terbang yang baik. Kemampuan kelelawar menggunakan suara untuk mengetahui letak suatu tempat dan makanan serta mencari jalan dinamakan ekolokasi.

Penglihatan kelelawar terbatas, tapi dengan mengandalkan pantulan ini, kelelawar bisa menerobos malam dan mencari makan di malam hari.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai ciri khusus yang dimiliki oleh kelelawar, semoga ada manfaatnya.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "5 Ciri Khusus Kelelawar Beserta Fungsinya"

Post a Comment