5 Fungsi Rangka Tubuh Manusia Dan Penjelasannya

belajarmateri - Halo para pelajar indonesia sekalian kali ini admin akan menjelaskan secara singkat 5 fungsi rangka tubuh manusia  buat para pelajar dan pembaca sekalian yang mungkin bisa digunakan sebagai referensi untuk tugas mata pelajaran IPA/Biologi. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi mari simak langsung penjelasannya dibawah ini.
5 Fungsi Rangka Tubuh Manusia Dan Penjelasannya
5 Fungsi Rangka Tubuh Manusia Dan Penjelasannya
Tubuh manusia dapat berdiri tegak karena ada bagian tubuh yang menegakkannya, bagian tubuh tersebut adalah tulang. Tulang merupakan salah satu bagian tubuh yang paling keras. tulang bisa menjadi sekeras ini karena tulang terdiri dari sel-sel hidup, mineral, dan sejenis protein. Mineral penyusun tulang adalah kalsium dan fosfat, kedua mineral ini menyebabkan tulang menjadi keras. Tulang juga mengandung sejenis protein yang disebut kolagen dimana kolagen adalah zat yang menyebabkan tulang mempunyai sifat agak lentur.

Seluruh tubuh kita disokong oleh tulang. Bayangkan jika tidak ada tulang! Mungkin tubuh kita hanyalah segumpal daging yang tidak berbentuk. Tubuh manusia tersusun atas beberapa tulang yang saling berhubungan dan tulang pada tubuh kita berjumlah 206 ruas tulang. Ratusan tulang yang saling berhubungan itulah yang biasanya kita namakan dengan rangka.

Fungsi Rangka Tubuh Manusia
Ada beberapa fungsi dari rangka pada tubuh manusia berikut 5 diantaranya.

1. Menegakkan tubuh.
Bentuk rangka manusia sangat kokoh sehingga kita dapat berdiri dengan tegak, berjalan, bahkan berlari dengan cepat. Kita juga dapat mengangkat beban sampai batas tertentu karena ada rangka dalam tubuh.

2. Memberi bentuk tubuh.
Tubuh kita tidak hanya berbentuk lurus. Bentuk bagian tubuh kita bermacam-macam. Contohnya pada wajah kita ada mata, hidung, dan mulut yang bentuknya berbeda. Perbedaan bentuk tersebut disebabkan oleh adanya rangka.

3. Tempat Melekatnya Otot
Otot berfungsi menggerakkan anggota badan. Otot melekat pada rangka. Jika tubuh kita tidak memiliki rangka, maka otot tidak memiliki tempat melekat. Otot bekerja sama dengan rangka melakukan suatu gerakan. Ketiadaan salah satunya menyebabkan yang lain tidak berfungsi

4. Melindungi organ yang ada di dalam tubuh.
Rangka merupakan bagian tubuh yang paling keras. Sifatnya yang keras berfungsi untuk melindungi bagian dalam tubuh yang rapuh. Rapuh disini berarti mudah terluka, rusak, atau hancur karena benturan benda keras.

Contoh rangka yang melindungi bagian dalam tubuh yang rapuh, antara lain, rangka kepala melindungi otak, mata, telinga, hidung, dan saluran pernapasan bagian atas; rangka rongga dada melindungi paru-paru, jantung, dan alat pencernaan makanan; rangka pinggul melindungi alat pencernaan dan alat reproduksi.

5. Membentuk sel darah.
Bagian tulang yang disebut sumsum tulang berperan penting dalam pembentukan sel darah.

Demikianlah penjelasan singkat tentang fungsi rangka tubuh manusia, semoga bermanfaat.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "5 Fungsi Rangka Tubuh Manusia Dan Penjelasannya"

Post a Comment