Pengertian dan Contoh Kritik Yang Baik dan Benar

belajarmateri.com – Halo para pelajar kali ini admin akan membagikan materi mata pelajaran bahasa indonesia yaitu kritik beserta dengan contoh singkatnya yang dapat teman-teman gunakan sebagai referensi untuk bahan mengerjakan tugas. Tanpa perlu banyak basa basi lagi simak langsung penjelasannya dibawah ini.
Pengertian Kritik
Kritik adalah sebuah pernyataan yang berisi masukan, uraian, penjelasan, dan penilaian terhadap sesuatu mengenai kekurangan atau kesalahannya. Kritikan yang baik adalah kritikan yang membangun dan disertai dengan alasan yang tepat. Pada saat memberikan sebuah kritik, kamu harus dapat menunjukkan letak kekurangan atau kesalahannya.

Santun Memberikan Kritik
Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memberikan kritik pada suatu permasalahan. Hal-hal yang harus kamu perhatikan antara lain sebagai berikut.
a. Pahami betul tema/permasalahan yang akan kamu kritik.
b. Tunjukkan bagian yang mengalami kekurangan atau kesalahan.
c. Sampaikan secara santun, jelas, apa adanya, dan tidak menyinggung perasaan.
d. Berikan alasan yang masuk akal atau logis agar dapat diterima orang lain.
e. Tawarkan solusi atau pemecahan jalan keluarnya.

Contoh 1
Paragraf Awal
Poster menduduki tempat tinggi sebagai sarana reklame. Poster berukuran besar dan mudah dilihat karena warnanya yang memikat. Oleh karena itu, poster meninggalkan kesan yang sangat kuat pada pikiran orang. Iklan-iklan dapat dipertontonkan di hadapan lebih banyak orang untuk waktu yang lebih lama dengan menggunakan poster daripada dengan memasang iklan di media massa, sama-sama pengeluaran biayanya. Oleh karena itu, poster kerap kali dipandang lebih baik sebagai sarana untuk melestarikan iklan-iklan di mata khalayak.

Pikiran utama paragraf di atas adalah poster sebagai sarana iklan. Pikiran utama tersebut tersirat pada awal paragraf. Untuk menuliskan ringkasan paragraf tersebut, kalian juga perlu menemukan kata-kata kunci paragraf. Kata-kata kunci tersebut adalah poster, iklan, besar, warna, banyak orang, dan lebih lama. Berdasarkan katakata kunci itu, kalian dapat menuliskan ringkasan paragraf.

Paragraf ringkasan
Poster adalah iklan yang efektif. Berkat ukuran dan warnanya yang memikat, poster dapat dilihat lebih banyak orang dan untuk waktu yang lebih lama daripada iklan di media massa. Oleh karena itu, poster lebih disenangi oleh pemasang iklan.

Setelah mengetahui inti sari suatu bacaan, kalian dapat memberikan tanggapan berupa kritik.

Perhatikan contoh kritik berikut
Poster memang dapat menarik perhatian pandangan orang, tetapi poster belum memberikan gambaran secara rinci suatu produk yang ditawarkan. (kritik)

Contoh 2
Dewasa ini masalah kenakalan remaja semakin marak. Lihat saja banyak terjadi tawuran antarpelajar, penyalahgunaan narkoba, miras, dan pergaulan bebas. Sebagai pengamat pendidikan, Saya merasa prihatin terhadap masalah tersebut. Seharusnya permasalahan ini perlu perhatian khusus dari semua pihak. Namun, kadangkala ada pihak tertentu terkesan menutupi masalah tersebut! Mungkin karena takut aib bagi keluarganya. Menurut Saya, langkah tersebut justru salah. Pihak sekolah bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, misalnya kepolisian, orang tua murid, dan psikolog justru akan membantu masalah tersebut untuk mewujudkan generasi penerus yang cerdas.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai kritik beserta contohnya, semoga bermanfaat.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Pengertian dan Contoh Kritik Yang Baik dan Benar"

Post a Comment