Pengertian Dan Struktur Teks Iklan Beserta Contohnya

belajarmateri.com – Yoo para pembaca dan pelajar sekalian, kali ini admin akan membahas materi bahasa indonesia tentang Teks Iklan lengkap mulai dari pengertian, fungsi, struktur teks, ciri kebahasaan, serta contoh singkat dari teks iklan beserta dengan strukturnya. Berikut ini penjelasannya
Teks Iklan (Fungsi, Struktur, Ciri Kebahasaan, dan Contoh Teks Iklan)
Pengertian Teks Iklan
Teks iklan merupakan salah satu media promosi yang efektif dalam memasarkan berbagai produk kepada konsumen karena daya jangkauannya yang luas dan masif. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan suatu produk, baik barang maupun jasa kepada masyarakat, guna menarik perhatian masyarakat untuk mengenali, membeli, hingga mengonsumsi atau menggunakan produk yang diiklankan

Teks iklan dapat dijumpai, salah satunya melalui televisi. Televisi sebagai media elektronik yang menampilkan berbagai iklan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat umum. Bahkan, teks iklan juga mulai bermunculan di media internet. Selain dari media televisi dan internet, teks iklan dapat juga kita temui dalam surat kabar, majalah, maupun koran. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada berbagai alternatif pilihan untuk menampilkan teks iklan. Produsen dapat memilih media manapun untuk menampilkan iklannya. Tentu saja, setiap media yang digunakan produsen memiliki beberapa keuntungan dan kelemahan yang harus dipertimbangan.
Fungsi Teks Iklan
1. Sebagai informasi (menyampaikan info produk baru, ciri-ciri, dan lain-lain).
2. Sebagai persuasi (mengarahkan konsumen untuk membeli).
3. Sebagai reminder (iklan mengingatkan konsumen tentang produk tertentu agar selalu menggunakan produk tersebut).

Struktur Teks Iklan  
Judul merupakan bagian terpenting dalam teks iklan. Pada umumnya, judul diletakkan di bagian atas. Orang atau pembaca pertama kali akan melihat judul dari iklan terlebih dahulu. Namun, meskipun demikian, ada juga iklan yang tidak menampilkan judul dalam teksnya.

Nama produk maupun jasa. Bagian ini dalam teks iklan berfungsi untuk mengenalkan barang atau jasa pada konsumen. Tujuannya agar pembaca atau konsumen mengetahui dan memahami tentang nama dan jenis barang atau jasa yang ditawarkan.

Deskripsi memberikan penjelasan yang lengkap tentang barang atau jasa yang hendak ditawarkan pada masyarakat. Kalimat yang dituliskan pada bagian deskripsi ini menarik dan memiliki tujuan untuk mengajak orang lain, agar bersedia membeli barang atau jasa tersebut.

Ciri Kebahasaan Teks Iklan 
Menggunakan Slogan, Slogan adalah pernyataan atau susunan kata tertentu yang menjelaskan singkat suatu produk atau jasa layanan sehingga mudah diingat publik. Slogan sangat penting untuk dunia periklanan. Dengan slogan, iklan tersebut akan mudah diingat publik dan akan lebih terkenal.

Kalimat Persuasif, Kalimat persuasif adalah kalimat yang bertujuan meyakinkan dan membujuk pembaca agar melaksanakan atau menerima gagasan penulis terhadap suatu hal. Terdapat beberapa kalimat persuasif yang terdapat pada iklan produk tersebut

Menggunakan Subjek Orang Pertama, Teks iklan biasanya menggunakan subjek orang pertama tunggal atau jamak, seperti aku, saya, dan kami untuk mengganti pihak atau instansi pemasang iklan. Subjek yang digunakan pada teks iklan tersebut adalah subjek orang pertama jamak, yaitu kami.

Contoh Teks Iklan Informasi

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Pengertian Dan Struktur Teks Iklan Beserta Contohnya"

Post a Comment