Perbedaan Antara DNA dan RNA Berdasarkan Struktur Dan Fungsinya

belajarmateri.com – Halo para pelajar kali ini admin akan membagikan pembahasan tentang perbedaan antara DNA dan RNA pada mahluk hidup baik dari sisi pengertian dan secara umum. Simak langsung penjelasannya dibawah ini.
Perbedaan Antara DNA dan RNA Berdasarkan Struktur Dan Fungsinya
DNA dan RNA adalah dua organel sel yang menjadi cetak biru dari semua awal kehidupan. DNA dan RNA merupakan rangkaian asam amino yang berfungsi sebagai penyimpan informasi biologis makhluk hidup. Baik DNA maupun RNA, keduanya tersusun atas makromolekul sederhana yang bekerja dalam proses sintesis protein.

Perbedaan DNA dan RNA Dari Sisi Pengertian
DNA (Deoxyribonucleic acid) adalah sebuah polimer yang terdiri dari satuan-satuan berulang yang disebut nukleotida. DNA pertama kali ditemukan oleh Friedrich Miescher pada tahun 1869 ketika menyelidiki susunan kimiawi nukleus. DNA juga merupakan penyusun gen pada kromosom di dalam inti sel, namun, DNA juga ditemukan di mitokondria, sentriol, kloroplas, dan plastida. DNA ini disusun oleh nukleotida-nukleotida yang jumlahnya ratusan hingga ribuan. Sedangkan

RNA (Ribonucleic acid) adalah makromolekul polinukleotida yang berbentuk untai tunggal. RNA ini berperan dalam proses sintesis protein. Keberadaan RNA dalam sel tidak tetap karena RNA mudah terurai dan haris diproduksi ulang.

Perbedaan DNA dan RNA Secara Umum
Perbedaan DNA dan RNA secara umum dapat diketahui bahwa DNA mengandung polimer yang lebih panjang dari RNA.

Letak struktur dapat dijadikan pembeda antara DNA dan RNA. DNA mempunyai letak struktur di mitokondria, sentriol, kloroplas dan inti sel. RNA mempunyai letak struktur di sitoplasma, ribosom, dan inti sel.

Bentuk DNA adalah polinukleotida ganda dan terpilin ganda, sedangkan pada RNA berbentuk tunggal dan polinukleotida pendek.

Di dalam DNA terdapat gula yang bernama deoxyribosa dan ribose dalam RNA.
DNA tergolong dalam beberapa golongan yaitu purin (adenine dan guanine), serta pirimidin (timin dan cytosine). Sementara golongan RNA adalah guanine dan adenine dan juga pirimin (urasil dan cytosine).

DNA dan RNA mempunyai fungsi yang berbeda. DNA mempunyai fungsi sebagai sentesis RNA, yang dilanjutkan pada sintesis protein, setra sebagai pengontrol sifat yang mulai menurun. RNA mempunyai fungsi hanya untuk sintesis protein. Kadar yang ada dalam DNA tidak mendapat pengaruh dari sintesis protein. Kedua pita yang terdapat diletak basa nitrogen saling berhadapan yang diikat oleh ikatan hydrogen. Hal ini berbeda dengan RNA yang mendapat pengaruh dari sintesis protein.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Perbedaan Antara DNA dan RNA Berdasarkan Struktur Dan Fungsinya"

Post a Comment