Perbedaan Antara Cerpen Dan Novel Beserta Dengan Beberapa Persamaannya

belajarmateri.com – Halo para pelajar kali ini admin akan membagikan pembahasan tentang perbedaan dari cerpen dan novel baik dari sisi pengertian dan juga dari sisi unsur intrinsik dan ekstrinsiknya beserta dengan beberapa persamaan dari cerpen dan novel. Simak langsung penjelasannya dibawah ini
Perbedaan Antara Cerpen Dan Novel Beserta Dengan Beberapa Persamaannya
Perbedaan Cerpen dan Novel Dari Sisi Pengertian
Cerpen merupakan singkatan dari cerita pendek. Maksud dari cerita pendek disini adalah ceritanya kurang dari 10.000 (sepuluh ribu) kata atau kurang dari 10 (sepuluh) halaman. Cerpen biasanya hanya memberikan kesan tunggal yang demikian dan memusatkan diri pada satu tokoh dan satu situasi saja. Cerpen adalah jenis karya sastra yang memaparkan kisah ataupun cerita tentang kehidupan manusia lewat tulisan pendek, cerpen juga bisa disebut sebagai karangan fiktif yang berisikan tentang sebagian kehidupan seseorang atau juga kehidupan yang diceritakan secara ringkas yang berfokus pada suatu tokoh saja.

Sedangkan Novel adalah suatu bentuk karya sastra yang berbentuk prosa yang mempunyai unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik. Atau definisi novel adalah novel yaitu suatu bentuk dari sebuah karya sastra, novel merupakan kisah atau cerita fiksi dalam bentuk tulisan/kata-kata dan memiliki unsur instrinsik dan juga unsur ekstrinsik.

Sebuah novel biasanya mengisahkan/menceritakan tentang kehidupan manusia dalam berinteraksi dengan lingkungan dan juga sesamanya. Di dalam sebuah novel, biasanya si pengarang berusaha semaksimal mungkin untuk mengarahkan si pembaca kepada berbagai macam gambaran realita kehidupan melalui cerita yang terkandung di dalam novel tersebut.

Perbedaan Cerpen dan Novel Dari Sisi Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik
Tema
Tema pada cerpen cenderung mengupas masalah yang relatif sederhana sedangkan pada novel temanya lebih kompleks ditandai oleh adanya tema-tema bawahan didalam novel.

Alur (plot)
Susunan peristiwa atau kejadian yang membentuk sebuah cerita. Alur dibagi menjadi 3, yaitu: Alur maju , Alur mundur, Alur campuran.

Jika dilihat dari sisi alur yang terdapat di cerpen dan novel, cerpen memiliki alur yang lebih sederhana bisa dikatakan dari beberapa alur yang ada biasanya cerpen hanya menggunakan salah satunya saja sedangkan novel alurnya lebih komplek dan rumit karena sebuah novel membutuhkan cerita yang lebih panjang dan didalamnya akan disuguhkan berbagai macam alur cerita.

Penokohan
Pada cerpen tokoh yang dimunculkan hanya  beberapa orang. Jalan cerita yang dibangun pelaku singkat dan padat sedangkan pada novel tokoh yang dimunculkan lebih banyak dalam berbagai karakter. Jalan cerita yang dibangun tokoh lebih panjang, bahkan menceritakan kehidupan tokoh sejak kecil, dewasa, bahkan bisa sampai meninggal

Konflik
Cerpen lebih menampilkan satu konflik dan memusatkan pada satu klimaks, sedangkan menampilkan beberapa konflik dan klimaks sehingga alur cerita akan bercabang-cabang dan penyajian lebih menarik.  Konflik yang terjadi pada cerpen juga biasanya tidak akan mengubah nasib dari seorang tokoh dari cerita cerpen sedangkan pada novel konflik yang terjadi akan membuat perubahan besar pada dari tokoh novel tersebut.

Latar
Latar pada cerpen dilukiskan hanya sebentar dan sangat terbatas sedangkan pada novel latar yang digunakan meliputi wilayah geografis yang luas dan dalam waktu yang lama.

Perwatakan
Perwatakan pada pelaku didalam cerpen akan diungkapkan singkat, jelas, dan langsung terarah pada cerita tersebut sedangkan pada novel perwatakan pelaku diungkapkan sedikit-demi sedikit pada beberapa  bagian cerita. Lingkungan pelaku juga terlukis pada setiap cerita novel.

Persamaan Cerpen dan Novel
  • Cerpen dan Novel merupakan sebuah karya fiksi, pendulum antara realitas dan imajinasi.
  • Cerpen dan Novel menyampaikan pesan moral.
  • Cerpen dan Novel menggambarkan peristiwa estetik dengan menggunakan media bahasa.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Perbedaan Antara Cerpen Dan Novel Beserta Dengan Beberapa Persamaannya"

Post a Comment