Pengertian dan Struktur Teks Pidato Beserta Contohnya

belajarmateri.com - Halo para pelajar indonesia sekalian kali ini admin akan memberikan penjelasan singkat dari teks pidaro mulai dari pengertian, struktur/kerangka teks, dan contoh singkat dari teks pidato buat para pelajar dan pembaca sekalian yang mungkin digunakan sebagai referensi untuk tugas mata pelajaran bahasa indonesia. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi mari simak langsung pembahasan dibawah ini mulai dari pengertian teks pidato.
Pengertian dan Struktur Teks Pidato Beserta Contohnya
Pengertian Pidato
Pidato adalah salah satu bentuk komunikasi yang dilakukan untuk menyampaikan berbagai informasi kepada khalayak ramai. Pidato dapat dilakukan dalam berbagai konteks keperluan, misalnya: pidato kenegaraan, pidato politik, ceramah ilmiah, ceramah keagamaan, dan lain sebagainya. Karena pidato dan ceramah sifatnya sekali ucap, maka untuk dapat memahami isi pidato tersebut diperlukan konsentrasi yang sungguh-sungguh

Struktur Teks Pidato
Sama seperti teks-teks yang lain, dalam menyusun sebuah teks pidato terdapat beberapa struktur yang harus ada dalam teks tersebut. Untuk teks pidato sendiri berikut ini struktur teksnya
  • Salam pembuka, berisi sapaan kepada yang hadir dalam acara tersebut dimulai dari yang paling tinggi kedudukannya hingga yang paling rendah secara berurutan dan salam pembuka.
  • Pendahuluan, berisi ucapan syukur pada Tuhan Yang Maha Esa menyebutkan topik pidato yang akan disampaikan (kalau ada).
  • Isi pokok, berisi inti dari pidato tersebut.
  • Simpulan, berisi kesimpulan dari inti pidato tersebut.
  • Harapan-harapan, berisi dampak positif yang diharapkan terjadi pada pendengar pidato setelah mendengarkan pidato tersebut.
  • Penutup ,berisi ucapan terima kasih, meminta maaf, dan salam penutup.
Baca Juga :

Contoh Teks Pidato Singkat
Assalamualaikum wr.wb
Yang terhormat Kepala SMPN 1 Waru, Sidoarjo yang saya hormati para guru dan komite sekolah, yang saya cintai teman-teman dan para undangan yang berbahagia, Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang Mahakuasa karena berkat rahmat dan hidayah-Nya pada malam ini kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat.

Malam ini merupakan malam yang membahagiakan sekaligus mengharukan karena pada malam ini kita merayakan kelulusan para siswa kelas IX sekaligus melepas meraka untuk menapak ke depan dan meretas jalan tuk mencapai cita-cita mereka. Pada saat yang berbahagia ini, izinkanlah saya selaku Ketua OSIS menyampaikan beberapa pesan kepada mereka. “Kakakkakak kelas yang kucintai, berat rasanya hati kami melepas langkah kakimu. Bertahun bersama terasa sekejap saja. Banyak duka, canda, dan bahagia bergelut dengan kita. Akan tetapi, kami sadar bahwa jalan yang harus kalian tempuh masih panjang, masih banyak pula portal yang menghadang. Tetapi kami yakin bahwa kalian akan mampu membuka portal-portal itu dengan kunci-kunci yang telah kaugenggan dan kaudapatkan di SMPN 1 Waru ini. Kami doakan semoga kunci itu menjadi kunci sakti yang dapat membantu meretas jalan kehidupanmu menuju muara yang penuh warna kehidupan, keihklasan, ketakwaan, kesusksesan, dan kebahagiaan.”

Semoga Allah SWT selalu menjaga langkah kalian dalam-mencapai asa serta senantiasa menganugerahkan rahmat kecendekiaan, kesantunan, dan kesehatan. Amin.

Wassalamualikum wr.wb

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Pengertian dan Struktur Teks Pidato Beserta Contohnya"

Post a Comment