Pengertian dan Unsur - Unsur Dalam Dialog Interaktif

belajarmateri.com – Halo para pelajar sekalian kali ini kita akan membahas salah satu materi mata pelajaran bahasa indonesia yaitu Teks Dialog Interaktif mulai dari pengertian, unsur yang terkandung didalamnya dan juga contoh singat dari dialog interaktif acara tv. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi simaklah penjelasannya dibawah ini.
Pengertian Dialog Interaktif ( Unsur-Unsur dan Contoh Singkat Dialog Interaktif TV)
Pengertian Dialog Interaktif
Dialog merupakan kegiatan bertanya jawab untuk membicarakan masalah tertentu. Orang yang diajak berdialog bisa satu atau beberapa orang (sebagai narasumbernya). sedangkan makna Interaktif adalah bersifat saling melakukan aksi atau saling aktif. Jadi pengertian Dialog interaktif adalah sebuah perbincangan atau percakapan aktif yang dilakukan pada sebuah acara di televisi atau radio antara pembawa acara dengan pendengar atau pemirsa melalui sambungan telepon.

Unsur – Unsur / Hal Yang Perlu di Perhatikan Dalam Dialog Interatif
  • What : Apa yang sedang dibahas ?
  • Who: Siapa yang terlibat dalam pembahasan itu ?
  • When : Kapan dialog tersebut dilaksanakan ?
  • Where : Di mana dialog tersebut dilakukan ?
  • Why : Mengapa dialog tersebut diadakan ?
  • How: Bagaimana jalan dan hasil dialog tersebut ?
Cara Menyimpulkan Isi Dialog
Menyimpulkan merupakan kegiatan berpikir atau bernalar dengan menyatakan sesuatu berdasarkan fakta atau pendapat yang telah ada sebelumnya. Beberapa teknik yang perlu kamu ketahui untuk menyimpulkan sesuatu adalah sebagai berikut.
  • Penyimpulan dengan pola khusus-umum. Pola ini diawali dengan fakta atau pendapat yang sifatnya khusus, kemudian ditarik simpulannya sebagai pernyataan umum (generalisasi).
  • Penyimpulan dengan pola sebab-akibat. Pola ini diawali dengan fakta atau pendapat yang merupakan sebab, kemudian diakhiri simpulannya sebagai akibatnya.
  • Penyimpulan dengan pola akibat-sebab. Pola ini diawali dengan fakta atau pendapat yang merupakan akibat-akibat, kemudian diakhiri pernyataan sebab sebagai simpulannya.
Setelah memahami penjelasan singkat diatas simaklah contoh dibawah ini.

Contoh Teks Dialog Interaktif

Nama Acara       : Dr. Oz Indonesia
Stasiun Tv          : Trans Tv
Waktu                 : Pukul 15.00, Sabtu 08-07-2016
Pembawa Acara : Dr. Riyan Thamrin
Narasumber        : Dr. Riyan Thamrin
Topik                  : Cara Menghilangkan Jerawat
Pembahasan        : Salah satu penonton memberikan pertanyaan ke dokter Riyan Thamrin:

Lusie: Saya mau nanya nih Dok, Bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami dengan cepat tanpa butuh mengeluarkan biaya, dok?

Dr. Riyan: Iya Bu Lusie, hari ini kita akan memberikan penjelasan bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami. Kita beritahu dulu, jerawat ialah hal yang sudah biasa terjadi pada remaja yang memasuki masa Pubertasnya, dan biasanya jerawat itu sangat mengganggu.

Lusie: Apakah kita boleh memencet jerawat, dok?

Dr. Riyan: Kita tidak boleh memencet jerawat. Karena itu akan memberikan luka yang fatal dalam wajah. Lalu juga akan muncul bekas bekas jerawat yang nantinya akan lebih susah lagi disembuhi.

Lusie: Lalu bagaimana caranya dok agar jerawat kita hilang?

Dr. Riyan: Ya, kita akan memberikan penjelasan bagaimana cara menghilangkan jerawat.

Dr. Riyan: Tahukah anda bahwa jerawat itu bisa dihilangkan dengan Es Batu? Es batu ialah salah satu obat herbal yang mampu membasmi jerawat pada wajah yang membandel. Caranya:
  • Ambil Es Batu secukupnya yang pasti es yang bersih serta steril.
  • Bungkus dengan sepotong kain bersih.
  • Letakkan pada jerawat yang membandel.
  • Tunggu berapa menit dan ulangi terus proses tersebut.
  • Lakukan secara rutin hingga kempis.
Dr. Riyan: Ya! Begitulah caranya agar jerawat kalian mengempis. Karena es batu akan mengurangi peradangan dan pembengkakan yang disebabkan jerawat tersebut. Semoga dengan yang saya omongi ini bermanfaat untuk kalian semua!

Kesimpulan: Jadi, es batu selain digunakan untuk mendinginkan minuman bisa juga digunakan untuk membasmi jerawat. Dengan caranya yang mudah maka jerawat yang mengganggu semoga hilang.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Pengertian dan Unsur - Unsur Dalam Dialog Interaktif"

Post a Comment