Pengertian, Ciri - Ciri Dan Struktur Teks Anekdot

Kali ini saya akan membagikan beberapa contoh teks anekdot lucu singkat yang pastinya dapat membantu para pelajar dalam mengerjakan tugas sekolah pelajaran bahasa indonesia. Sebelum masuk kecontoh ada baikknya kita mengerti terlebih dahulu apakah pengertian dari teks anekdot itu sendiri langsung cekidot.

Nah apa sih teks anekdot ? Teks anekdot adalah cerita singkat lucu atau menarik yang bisa jadi dapat menggambarkan kejadian sebenarnya tapi bisa juga merupakan sebuah cerita rekaan karena teks anekdot tidak berdasarkan kenyataan yang terjadi disekitar masyarakat. Biasanya teks ini bercerita mengenai tokoh atau orang penting dan terkenal.
Contoh teks anekdot lucu

Tujuan dari teks anekdot adalah untuk sekedar lucu-lucuan atau membangkitkan tawa dari pembacanya

Ciri-ciri dari teks anekdot biasanya menyerupai dongeng atau menceritakan hewan dan manusia secara realistis, bersifat lucu atau mengundang tawa, lelucon dan menyindir, biasanya mengenai tokoh penting/orang terkenal.

Adapun syarat untuk membuat sebuah teks anekdot harus berdasarkan struktur dan kaidah penulisannya dijelaskan sebagai berikut :

Struktur Teks Anekdot

  • Abstraksi: Bagian ini merupakan awal paragraf yang membahas isi dari teks
  • Orientasi: Bagian ini merupakan awal kejadian atau latar belakang peristiwa
  • Krisis : Bagian ini merupakan konflik cerita
  • Reaksi : Bagian ini merupakan tanggapan tokoh terhadap konflik
  • Koda : Bagian ini merupakan kesimpulan

Kaidah Teks Anekdot

  • Menggunakan waktu yang lampau
  • Menggunakan pernyataan yang rotoris
  • Menggunakan kata penghubung atau konjungsi
  • Menggunakan kata kerja
  • Menggunakan kalimat perintah
  • Menggunakan kalimat seru
Setelah membaca penjelasan singkat mengenai teks anekdot simaklah beberapa contoh dari teks tersebut dibawah ini

Contoh Teks Anekdot Pendidikan

Tips Agar Lulus UN
Seorang wali kelas memberikan nasehat pada murid-muridnya di kelas bahwa jika meraka ingin lulus UN mereka harus patuh pada perintah. Lalu para murid pun mempertanyakan pernyataan wali kelas tersebut 

Murid :“ Emang apa kaitanya patuh pada perintah dengan lulus UN bu?” lalu wali kelas pun menjawab 

Wali Kelas : “Setiap soalkan sudah ada perintah yang jelas "PILIHLAH SALAH SATU JAWABAN YANG BENAR" ini yang harus kalian patuhi, maka JANGAN PILIH JAWABAN YANG SALAH" pasti kalian akan lulus UN. 

Murid:@#$$%^^&&

Libur Panjang Sekolah
Ketika pelajaran dimulai, terjadi dialog antar ibu guru dan muridnya.

Guru : Anak-anak, gimana perasaan kalian saat ini ?

Murid : Senang bu!

Guru : pertama-tama ibu akan menanyakan kata-kata bijak apa yang sering dikatakan bapamu?

Murid 1 : Hidup ini harus kita "LANJUTKAN"!

Guru : oooh,bapak kamu pasti anggota partai demokrat ya ?

Murid 1 : betul bu

Guru : Oh pantes, sekarang kamu!

Murid 2 : Kata bapak saya hidup ini harus kuat seperti "BANTENG"!

Guru : Ohhh,pasti bapak kamu anggota partai PDIP

Murid 2 : betul bu.

Guru : pantes,sekarang lanjutkan lagi

Murid 3 : kata bapak saya "Lebih baik memberi dari pada diberi"

Guru : Wow,itu baru betul,bapak kamu pasti ustat / pendeta atau semacamnya ya ?

Murid 3 : ukan bu.

Guru : ohhh pasti bapak kamu seorang yang taat ibadahnya kan ?

Murid 3 : bukan bu.

Guru : pasti bapak kamu seorang yang baik dan suka bersosialisasi ya ?

Murid 3 : Bukan juga bu

Guru (kesal) : terus apa dong!

Murid 3 : petinju bu.

Contoh Teks Anekdot Politik
Baju Tahanan KPK
Dua orang kader parpol sebut saja namanya Arya dan Abdillah sama-sama bermaksud mencalonkan dirinya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Setelah menyerahkan berkas pencalonannya ke KPU di daerahnya, Arya dan Abdillah mengobrol sambil meminum kopi di kantin gedung tersebut. Mereka berdua terlibat percakapan yang seru.

Arya : “Di, banyak politisi di negeri kita yang sudah kaya raya!”

Abdillah : “Kalau masalah itu aku juga sudah tau, Ya!”

Arya : “Sangking kayanya mereka, mereka mampu mempunyai baju termahal di Indonesia.”

Abdillah : “Loh, maksudmu baju termahal itu apa ?”

Arya : “Yah, apalagi kalau bukan baju tahanan KPK.”

Abdillah : “Kok malah baju tahanan KPK ?” (Bingung)

Arya : “Iyalah, coba saja kamu pikir, seorang politisi minimal harus mencuri uang negara 1 milyar terlebih dahulu baru bisa memakai baju tersebut.”

Abdillah : “Ooohh, maksud kamu gito toh, baru ngerti aku.”

Mereka kemudian memesan kopi lagi sambil mengenang teman-teman mereka yang sudah bisa memakai baju termahal tersebut.”

Calon Anggota MPR
Pak Joko dan Pak Jeki merupakan salah satu kader parpol yang sama-sama mencalonkan diri untuk menjadi anggota MPR. Suatu ketika saat mereka selesai menyerahkan berkas-berkas pencalonan ke KPU mereka menyempatkan diri untuk mengobrol di sebuah kantin yang berada di dalam gedung.

Pak Joko : “Jika nanti kita terpilih menjadi anggota MPR apa yang akan kamu lakuin?“
Pak Jeki : “Saya akan menjadi anggota MPR yang memperjuangkan aspirasi rakyat, sebab,  dari awal kita telah dititipi aspirasi oleh rakyat. Jadi sebagai wakil rakyat kita harus menjalankan amanah tersebut sebaik-baiknya sehingga dapat tercipta kehidupan masyarakat yang sejahtera, masyarakat yang adil, serta masyarakat yang makmur”.
Pak Joko pun manggut-manggut mendengar jawaban dari Pak Jeki mengenai pertanyaan yang sebelumnya ia tanyakan. Namun setelah itu Pak Joko melontarkan satu pertanyaan lagi.
Pak Joko : “Kalo pendapatmu tentang korupsi apa?”.
Pak Jeki: “Kalo kurupsi itu menurut saya merupakan tindakan yang tak bermoral yang seharusnya tidak dilakukan oleh siapa pun termasuk kita sebagai wakil rakyat yang telah diberikan amanah oleh rakyat agar kelak kita dapat menciptakan masyarakat yang sejahtera bersama-sama. Jika saya menjadi anggota MPR nanti saya akan membuat mengenai hukuman yang cocok bagi para pelaku koruptor, yaitu hukuman mati. Dengan cara tersebut akan membuat dampak jera bagi oknum-oknum yang ingin korupsi”.
Mendengar jawaban dari Pak Jeki tersebut entah mengapa Pak Joko malah tertawa terbahak-bahak, lalu ia berkata
Pak Joko :” Kamu ini mau jadi anggota MPR atau majelis ta’lim??”

Wakil Rakyat
Menjadi wakil rakyat merupakan impian dari sebagian orang. Selain mendapatkan gaji, para wakil rakyat juga mendapat tunjangan dari negara. Banyak wakil rakyat memiliki mobil mewah dan mobil mewah. Ironisnya, masih banyak rakyat yang hidup dalam kesusahan. Tapi, wakil rakyat adalah pilihan. Seperti namanya, wakil rakyat mewakili rakyat. Rakyat ingin punya mobil, sudah diwakili sama wakil rakyat. Rakyat ingin jalan-jalan ke luar negeri, sudah diwakili oleh wakil rakyat. Rakyat ingin punya rumah bagus, sudah diwakili sama wakil rakyat.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Pengertian, Ciri - Ciri Dan Struktur Teks Anekdot"

Post a Comment