Contoh Teks Laporan Perjalanan Singkat (Study Tour)

belajarmateri.com - Halo para pelajar indonesia sekalian kali admin akan memberikan salah satu contoh teks laporan perjalanan singkat buat para pelajar dan pembaca sekalian yang mungkin digunakan sebagai referensi untuk tugas mata pelajaran bahasa indonesia. Simak langsung contohnya dibawah ini.
Contoh Teks Laporan Perjalanan Singkat (Study Tour)
Contoh Teks Laporan Perjalanan Singkat
Tanggal 26 - 28 Maret 2015 telah dilaksanakan acara widya wisata (study tour) 2015 SMAN 103 Jakarta. Lokasi yang dikunjungi adalah daerah Bandung, Jawa Barat. Kegiatan yang dilakukan dapat dikemukakan berikut ini.

Hari pertama, 26 Maret 2015
Pembukaan dimulai dengan pengarahan singkat (briefing) oleh panitia dan pengarahan kepala sekolah. Selanjutnya, pada pukul 07.30 perjalanan menuju Bandung dimulai. Siswa dibagi dalam kelompok per rombongan bus untuk selanjutnya ditugaskan mengisi Lembar Kerja Siswa (LKS) yang disediakan oleh guru pembimbing. LKS tersebut diisi sesuai dengan tempat/ lokasi yang dikunjungi, selanjutnya dibuat laporan pada akhir semester genap.

Tempat yang menjadi tujuan pertama adalah kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Rombongan diterima oleh Ketua Administrasi Kampus mewakili Rektor di Balairung Jenderal Rudini. Kegiatan berikutnya berkeliling kampus melihat sarana dan prasarana yang ada. Tempat tujuan kedua adalah kampus Universitas Padjajaran (UNPAD). Di kampus ini, terdapat dua fakultas yang dikunjungi, yaitu Kelas XI IPA ke Fakultas Kedokteran dan kelas XI IPS ke Fakultas Ilmu Komunikai. Setiap rombongan diberi pengarahan tentang kampus UNPAD sesuai dengan fakultas yang dikunjungi. Tempat tujuan ketiga adalah restoran setempat untuk menikmati santap siang. Rombongan baru tiba sekitar pukul 14.30, terlalu lama dari jadwal yang ditentukan karena perjalanan dan kunjungan di dua kampus tersebut cukup lama. Kemudian rombongan langsung menuju Cibaduyut dan dilanjutkan ke Cihampelas. Setelah itu, rombongan menuju restoran Alam Segar untuk santap malam. Pukul 20.00, rombongan tiba di Hotel Alam Permai untuk beristirahat.

Hari kedua, 27 Maret 2015
Selesai sarapan pagi, pukul 08.00 WIB rombongan melakukan perjalanan menuju Boscha untuk menyaksikan presentasi tentang tata surya dan melihat teropong bintang. Perjalanan kedua, rombongan menuju restoran lokal untuk menikmati santap siang. Perjalanan dilanjutkan ke Pabrik Teh Nusantara VIII. Di sana rombongan langsung melihat proses produksi dari pabrik tersebut. Perjalanan keempat, rombongan menuju pabrik pembuatan susu. Di pabrik tersebut, rombongan langsung melihat proses pakan ternak sapi dan mengikuti presentasi tentang produksi susu. Di tempat itu pula, rombongan dapat menikmati susu murni ataupun yoghurt hanya dengan mengeluarkan sedikit uang. Selain itu, ada juga yang membawa oleh-oleh krupuk susu. Selanjutnya, rombongan menuju tempat makan malam di Restoran Alam Segar seperti pada hari pertama. Tempat tersebut dipilih lagi karena suasananya sangat asri. Setelah itu, rombongan kembali ke hotel untuk beristirahat.

Hari ketiga, 28 Maret 2015
Perjalanan pertama setelah sarapan pagi dan berkemas, rombongan menuju gedung Konferensi Asia Afrika (KAA). Di gedung itu, rombongan dapat mendengar langsung sejarah penyelenggaraan KAA dan melihat dokumentasi dari setiap KAA yang dilakukan. Perjalanan kedua menujuMuseum Geologi. Seluk beluk bumi, makhluk-makhluk purba, serta berbagai hal yang berkaitan dengan ilmu bumi dapat disaksikan di museum tersebut. Perjalanan ketiga, rombongan mampir sejenak ke Kartika Sari. Di tempat ini, siswa-siswi dan guru-guru pendamping berkesempatan membeli buah tangan dari Bandung untuk keluarga mereka. Perjalanan keempat, rombongan menuju ke Taman Ir. H. Juanda untuk melihat langsung keberadaan Goa Jepang dan Goa Belanda. Di taman tersebut, rombongan bersantap siang yang telah disediakan oleh panitia perjalanan. Perjalanan kelima, rombongan menuju pabrik tekstil tempat pembuatan bahan-bahan untuk pakaian. Di pabrik tersebut, rombongan menyaksikan presentasi dari perwakilan pabrik mengenai proses pembuatan kain. Rombongan juga diberi kesempatan untuk mengenali beberapa jenis kain. Kemudian rombongan melihat-lihat kain dan pakaian yang ada di gedung workshop pabrik tersebut. Akhirnya, perjalanan dilanjutkan menuju Jakarta. Di tengah perjalanan, rombongan berhenti untuk melaksanakan salat maghrib. Rombongan tiba di Jakarta pukul 19.30 WIB.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Contoh Teks Laporan Perjalanan Singkat (Study Tour)"

Post a Comment