Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan Beserta Strukturnya

Halo para pelajar indonesia sekalian kali admin akan memberikan salah satu contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan "Pisang dan Lidah Buaya" beserta strukturnya buat para pelajar dan pembaca sekalian yang mungkin digunakan sebagai referensi untuk tugas mata pelajaran bahasa indonesia. 
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan (Pisang, Lidah Buaya) Beserta Strukturnya

Contoh Teks Laporna Hasil Observasi Tumbuhan

Contoh 1 “Pisang”
Pernyataan Umum :
Pohon pisang (musa paradisiaca) adalah tanaman berbentuk terna raksasa dengan batang semu yang permukaannya terlihat bekas pelepah daun.Tinggi pohom ini dapat mencapai 3 meter.Tanaman ini dapat tumbuh di tanah di tanah yang cukup ait pada daerah yang ketinggian sampai 2000 meter di atas permukaan laut.Pisang adalah sebutan dari nama buah yang dihasilkan tumbuhan ini.

Anggota/aspek yang dilaporkan:
Tumbuhan ini dimanfaatkan semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna.Tumbuhan ini asli berasal dari Asia Tenggara.Bagian-bagian dari tumbuhan ini adalah bonggol pisang, batang pisang, daun pisang, bunga pisang, dan buah pisang.
Deskripsi manfaat
Buah pisang kaya manfaat disamping sebagai sumber vitamin,mineral,karbohidrat bagi tubuh.Pisang juha memiliki manfaat lain yaitu hampir diseluruh tanaman pisang dapat dimanfaatkan.

Pertama, buahnya dapat dimakan langsung tetapi juga dapat dijadikan bahan olahan seperti keripik, sale pisang, dan tepung pisang.

Kedua, daunnya yang masih menggulung dapat dijadikan obat dan daunnya yang sudah tua dapat untuk membungkus makanan.

Ketiga, batangnya ketika ditebang akan mengeluarkan getah, getah itu dapat dijadikan obat diare, obat sentri, dan saluran kencing.

Keempat, bunga yang berwarna unggu dapat dijadikan sebagai olahan sayuran.


Contoh 2 “Lidah Buaya”
Pernyataan Umum :
Lidah buaya adalah satu dari sepuluh tipe tanaman terlaris di dunia yang memiliki potensi untuk bisa dikembangkan sebagai tanaman obat dan juga bahan baku industri. Lidah buaya merupakan tanaman yang sering dijadikan tanaman hias. Lidah buaya banyak ditemukan di daerah beriklim tropis dan biasanya tumbuh pada tanah yang subur.

Anggota/aspek yang dilaporkan:
Lidah buaya mempunyai akar serabut dengan batang yang sangat pendek atau bahkan tak terlihat karena tertutup oleh daun. Lidah buaya mempunyai daun dengan warna hijau segar, tebal, berbintik putih pada permukaannya, serta memiliki duri lemas di bagian pinggir daun. Tanaman lidah buaya tahan pada kekeringan dikarenakan di dalam daun banyak tersimpan cadangan air yang bisa digunakan pada saat kekurangan air. Di dalam daun lidah buaya terdapat jelly bening dengan tekstur kenyal yang berfungsi sebagai cadangan air pada musim kemarau. Jelly ini adalah bagian yang paling sering dimanfaatkan dari bagian tubuh lidah buaya. Lidah buaya memiliki daun yang berbentuk seperti pedang, ujung daunnya lancip sedangkan bagian bawah permukaan daun lebih besar dan cembung. Lidah buaya dapat tumbuh dengan tinggi bervariasi, dapat mencapai 20cm – 1m, tergantung jenis lidah buaya yang ditanam. Adapun apabila penanaman lidah buaya (Lidah buaya kecil/lokal) dilakukan secara tepat, dengan memperhatikan berbagai nutrisi yang dibutuhkan lidah buaya, maka tidak menutup kemungkinan dapat mencapai tinggi 30cm keatas.  

Untuk perawatan lidah buaya, hal yang dapat dilakukan adalah meletakkan tanaman lidah buaya pada tempat yang mudah terkena hujan, hal ini untuk memastikan agar lidah buaya mempunyai asupan air yang cukup sehingga tubuhnya tetap segar. Sedangkan, jika tanaman ini dibudidayakan pada musim kemarau, ada baiknya agar disiram setiap pagi dan sore untuk menghindari kekeringan pada daun akibat panas matahari berlebih dan untuk menjaga kesuburan daun. Meskipun tanaman lidah buaya dapat bertahan hidup di tempat kering dikarenakan daun menyimpan cadangan air untuk tetap bertahan hidup, tetapi tidak ada salahnya untuk tetap memperhatikan asupan air bagi lidah buaya. Di samping itu, nutrisi bagi lidah buaya juga harus diperhatikan. Setidaknya berikan pupuk organik pada lidah buaya setiap sebulan sekali untuk menghasilkan daun yang lebih panjang, sebab bagian inilah yang berfungsi menyimpan jelly lidah buaya. Adapun untuk pupuk, usahakan berikan pupuk alami seperti kotoran sapi atau kotoran kambing. Alasan pemberian pupuk organik adalah karena pupuk organik seperti kotoran kambing dan kotoran sapi jauh lebih murah dibandingkan pupuk anorganik, sedangkan keduanya memiliki dampak yang hampir sama terhadap pertumbuhan lidah buaya.

Deskripsi manfaat
Lidah buaya tidak hanya dapat digunakan sebagai tanaman penghias pekarangan rumah. Namun juga, jelly lidah buaya dapat dimanfaatkan sebagai kosmetik alami seperti penyubur rambut dan pembersih wajah. Jelly lidah buaya dapat dioleskan pada permukaan rambut sebelum keramas sebagai penambah nutrisi bagi rambut agar tetap terjaga kesuburannya. Jelly lidah buaya juga bisa dijadikan masker alami bagi wanita karir yang tidak sempat merawat wajah di salon. Jelly lidah buaya hanya perlu dioleskan pada permukaan wajah selama beberapa menit, kemudian basuh dengan air hangat. Jika rutin dilakukan, perawatan kosmetik alami menggunakan tanaman lidah buaya akan memberikan hasil sebagaimana diharapkan. Di samping dapat digunakan sebagai kosmetik alami, tanaman lidah buaya juga bermanfaat sebagai obat herbal untuk menyembuhkan luka ringan. Dalam pemakaian untuk perawatan kulit, lidah buaya dapat melembabkan wajah, menghilangkan jerawat pada wajah, serta menghapus bekas luka.

Demikianlah contoh dari teks laporan hasil observasi tumbuhan beserta strukturnya semoga dapat membantu

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan Beserta Strukturnya"

Post a Comment