Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan (Cicak, Kupu-Kupu) Beserta Strukturnya

Kali admin akan memberikan salah satu contoh teks laporan hasil observasi tentang hewan cicak dan kupu-kupu beserta strukturnya buat para pelajar dan pembaca sekalian yang mungkin digunakan sebagai referensi untuk tugas mata pelajaran bahasa indonesia. 
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan “Cicak,Kupu-Kupu” Beserta Strukturnya

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Cicak

Pernyataan Umum :
Cicak adalah hewan yang dapat digolongkan kedalam kelompok hewan melatayang hidup didarat dan memiliki ciri untuk melindungi dirinya dari mangsa dengan caramemutuskan ekornya. Ciri utama hewan ini adalah merayap didinding.

Anggota/aspek yang dilaporkan:
Binatang ini biasanya menggunakan lidahnya untuk memangsa mangsanya sepertihewan serangga dan salah satunya adalah nyamuk. Dalam mencari mangsanya, cicak  juga dibantu dengan kelebihan tubuhnya terutama keempat kakinya yang bisa merayap didinding yang memudahkannya dalam mendapatkan mangsa.Kelebihan lain dari hewan ini adalah dalam melindungi dirinya dari seranganmusuh atau pemangsanya yaitu dengan cara memutuskan ekornya yang biasanyadisebut dengan autotomi. Sehingga cicak ketika diserang oleh mangsanya ia tidak akanmerasakan sakit sama sekali meskipun ekornya putus.

Jenis-jenis cicak antara lain cicak kayu adalah cicak yang bertubuh lebih kurus,ekornya bulat dengan enam deret tonjolan kulit serupa duri yang memanjang dari pangkal ke ujung ekor. Cicak kayu lebih menyukai tinggal di pohon-pohonan. Cicak gula adalah cicak cicak yang bertubuh lebih kecil dengan kepala membulat dan warnakulit transparan serupa daging, cicak ini kerap ditemukan didapur untuk mencari butir- butir gula yang menjadi kesukaannya.

Binatang ini juga berkembangbiak dengan cara bertelur atau ovipar. Cicak  biasanya menempatkan telurnya ditempat-tempat yang sempit seperti cela-cela ruangandan juga bisa dijumpai dalam tempat-tempat yang tidak pernah dilihat manusia atautempat yang teduh

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Kupu - Kupu

Pernyataan Umum :
Kupu-kupu masuk kedalam kingdom Animalia. Artinya kupu-kupu adalah hewan. Kingdom Animalia adalah kingdom yang anggota-anggotanya terdiri dari berbagai macam hewan. Di dunia ini ada berbagai macam kingdom mahluk hidup, diantaranya adalah seperti Protista, Jamur (Fungi), Monera, dan Animalia.

Dari kingdom Animalia, kupu-kupu masuk kedalam filum Arthropoda. Arthropoda adalah filum yang anggotanya adalah hewan yang berkaki beruas-ruas atau berbuku-buku. Kupu-kupu merupakan hewan yang cukup beruntung karena masuk ke dalam filum yang merupakan filum hewan paling besar dalam jumlah maupun daerah distribusinya. Arthropoda dibagi menjadi 4 kelas lagi yakni Crustacea, Insecta, Arachnida, dan Myrrapoda. Kupu-kupu masuk ke dalam kelas Insecta.

Anggota/aspek yang dilaporkan:
Kupu-kupu merupakan hewan Insecta yang bersayap (Pterygota). Sayap kupu-kupu sangat indah, terdapat berbagai macam motif. Sayap kupu-kupu termasuk jenis sayap yang bersisik (Lepidoptera). Banyak orang yang terkagum-kagum dengan uniknya sayap kupu-kupu hingga mengawetkannya untuk dijadikan hewan koleksi. Salah satu dari fungsi sayap kupu-kupu adalah untuk membedakan jenis-jenisnya.

Dalam perkembangan menuju kedewasaan, Pterygota mengalami metamorfosis. Metamorfosis pada Pterygota dapat dibedakan menjadi dua yakni Hemimetabola dan Holometabola . hemimetabola yaitu serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Sedangkan Holometabola yaitu serangga yang mengalami metamorfisis sempurna. Kupu-kupu termasuk dalam golongan Holometabola karena mengalami metamorfosis sempurna dari ulat menjadi kupu-kupu dengan tahapan yakni telur, larva(ulat), pupa dan imago.

Di balik keindahan nya, kupu-kupu juga mempunyai fungsi dalam ekosistem. Salah satunya adalah untuk membantu tumbuhan melakukan penyerbukan. Bahkan ada juga kupu-kupu yang menghasilkan benang-benang sutra, yaitu kupu-kupu Bombix Mori namanya.

Demikian contoh dari teks laporan hasil observasi hewan beserta strukturnya, semoga dapat membantu.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan (Cicak, Kupu-Kupu) Beserta Strukturnya"

Post a Comment