Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan (Komodo, Kelinci) Beserta Strukturnya

belajarmateri.com - Halo para pelajar indonesia sekalian kali admin akan memberikan contoh dari teks deskripsi tentang hewan (Komodo, Kelinci) beserta strukturnya semoga dapat membantu para pelajar dan pembaca sekalian yang mungkin digunakan sebagai referensi untuk tugas mata pelajaran bahasa indonesia.
Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan (Komodo, Kelinci) Beserta Strukturnya
Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan
Kelinci
Kelinci adalah hewan mamalia dari famili leporidae, yang dapat di temukan di banyak bagian bumi. Dulunya hewan ini adalah hewan liar yang hidup di daratan Afrika hingga ke daratan Eropa. Pada perkembangannya, th 1912, kelinci diklasifikasikan dalam ordolagomorpha, Ordo ini di bedakan menjadi 2 famili,yaitu ochtonidae (jenis pika) dan leporidae ( termasuk kelinci & terwelu).

Asal kata kelinci berasal dari bahasa Belanda, yaitu konijntje yang berarti “anak kelinci”. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Nusantara mula mengenali kelinci saat masa kolonial, padahal di Pulau Sumatera ada satu spesies asli kelinci sumatera (Nesolagus netscheri) yang baru ditemukan pada tahun 1972.
Telinga panjang, kelinci, yang bisa lebih dari 10 cm (4) panjang, mungkin merupakan adaptasi untuk mendeteksi predator. Mereka memiliki besar, kaki belakang yang kuat. Dua kaki depannya memiliki 5 jari kaki, yang disebut ekstra dewclaw tersebut. Kaki belakang memiliki 4 jari kaki. Mereka adalah binatang digitigrade mereka bergerak pada ujung jari kaki mereka. Kelinci Wild tidak berbeda jauh dalam proporsi tubuh atau sikap, dengan penuh, tubuh berbentuk telur. Ukuran mereka dapat berkisar dari 20 cm (8 tahun) panjangnya dan 0,4 kg berat sampai dengan 50 cm (20 in) dan lebih dari 2 kg. Bulu ini paling sering panjang dan lembut, dengan warna seperti nuansa coklat penggemar, abu-abu, dan. Ekor adalah bulu-bulu sedikit bulu kecoklatan (putih di atas untuk cottontails).

Karena epiglotis kelinci bergerak di atas langit-langit lunak kecuali ketika menelan, kelinci adalah nafas hidung obligat. Kelinci memiliki dua set gigi seri, satu di belakang yang lain. Dengan cara ini mereka dapat dibedakan dari tikus, dengan mana mereka sering bingung. Carl Linnaeus awalnya dikelompokkan kelinci dan hewan pengerat bawah Glires kelas kemudian, mereka dipisahkan sebagaimana pendapat dominan adalah bahwa banyak kesamaan mereka adalah hasil dari evolusi konvergen. Kelinci Namun, analisis DNA terbaru dan penemuan nenek moyang yang sama telah mendukung pandangan bahwa mereka memiliki garis keturunan yang sama, dan dengan demikian dan tikus sekarang sering disebut bersama sebagai anggota Glires superclass.


Komodo
Komodo, atau bisa disebut juga sebagai biawak komodo (Varanus komodoensis), adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara.Penduduk asli pulau Komodo juga biasa menyebut komodo dengan nama Ora.    

Komodo ini Termasuk anggota biawak Varanidae, dan klad Toxicofera, komodo merupakan kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2-3 m. Ukurannya yang besar ini berhubungan dengan gejala gigantisme pulau, yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan tertentu yang hidup di pulau kecil terkait dengan tidak adanya mamalia karnivora di pulau tempat hidup komodo, dan laju metabolisme komodo yang kecil.  Karena besar tubuhnya, kadal ini menduduki posisi predator puncak yang mendominasi ekosistem tempatnya hidup.

Komodo mempunyai ekor yg sama panjang dengan tubuhnya, serta kurang lebih 60 buah gigi yg bergerigi tajam dengan panjang kurang lebih 2. 5 cm, yg sering diganti. Air liur komodo kerapkali bercampur sedikit darah dikarenakan nyaris semuanya giginya dilapisi jaringan gingiva serta jaringan ini tercabik sepanjang makan. Keadaan ini menciptakan lingkungan perkembangan yg ideal utk bakteri mematikan yg hidup di mulut mereka.
       
Komodo mempunyai lidah yang panjang, berwarna kuning serta bercabang. Komodo jantan lebih besar dari pada komodo betina, dengan warna kulit dari abu-abu gelap hingga merah batu bata, sesaat komodo betina memiliki warna lebih hijau dari buah zaitun, serta mempunyai potongan kecil kuning yang ada pada tenggorokannya. Komodo yang muda lebih berwarna, dengan warna kuning, hijau serta putih pada latar belakang hitam.

Komodo tidak mempunyai indera pendengaran, walau mempunyai lubang telinga. Biawak ini dapat memandang sampai sejauh 300 m, tetapi dikarenakan retinanya cuma mempunyai sel kerucut, hewan ini tidak bisa melihat dengan jelas di dalam kegelapan malam. Komodo dapat membedakan warna tetapi tak seberapa dapat membedakan objek yang tidak bergerak.

Di alam bebas, komodo dewasa umumnya mempunyai berat lebih kurang 70 kilogram, tetapi komodo yg dipelihara di penangkaran kerap mempunyai bobot tubuh yg semakin besar. Spesimen liar terbesar yg dulu ada mempunyai panjang sebesar 3. 13 mtr. serta berat lebih kurang 166 kilogram, terhitung berat makanan yg belum dicerna didalam perutnya.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan (Komodo, Kelinci) Beserta Strukturnya"

Post a Comment