Pengertian, Ciri - Ciri Dan Struktur Teks Eksemplum

belajarmateri.com – Halo para pelajar sekalian kali ini kita akan membahas salah satu materi mata pelajaran bahasa indonesia yaitu Teks Eksemplum mulai dari pengertian, ciri, karakteristik, struktur teks dan juga contoh singat dari teks eksemplum. Nah tanpa perlu banyak basa basi lagi simaklah penjelasannya dibawah ini.
Pengertian Teks Eksemplum
Teks Eksemplum adalah teks cerita yang menceritakan perilaku atau tokoh dari ceritanya biasanya diambil dari teks pada cerita rakyat, legenda rakyat atau karangan pribadi. Teks eksemplum ini bersifat menjelaskan tentang pengalaman hidup manusia atau perjalanan hidupnya.

Ciri-Ciri Teks Eksemplum
  • Berisi terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan
  • Adanya urutan peristiwa yang jelas
  • Mempunyai struktur lengkap seperti orientasi, insiden, interpretasi, dan koda
  • Menggunakan bahasa naratif ( bersifat menguraikan )
Karakteristik Teks Eksemplum
  • Menghadirkan diri penulis dalam interpretasi dan koda
  • Peristiwa merupakan hal yang tidak diinginkan
  • Mengandung nilai – nilai yang disarankan oleh peristiwa
  • Berisi peristiwa yang tidak sering terjadi
  • Menimbulkan penyesalan bagi partisipan
Struktur Teks Eksemplum
  • Abstrak, merupakan inti peristiwa dijadikan sebagai pengantar dimana menggambarkan peristiwa yang akan diceritakan.
  • Orientasi, merupakanbagian awal teks yang membicarakan tokoh utama dalam teks tersebut.
    Contoh: "Pemuda itu sangat baik hati dan juga menurut terhadap orang tua".
  • Insiden, merupakan deretan persoalan yang akhirnya akan memberikan konsekuensi terhadap langkah yang yang ditempuhnya.
    Contoh: "Joko lupa mengerjakan PR karena terlalu banyak bermain bersama temannya".
  • Interpretasi, merupakan evaluasi dan akibat terhadap pilihan yang dilakukan tokoh utama sehingga memberi pelajaran pada tokoh. 
  • Koda, merupakan penutup cerita. 
Setelah memahami penjelasan singkat diatas simaklah contoh dari teks eksemplum dibawah ini.

Contoh Teks Eksemplum
Terjatuh dari Sepeda
Abstrak :
Melakukan suatu pekerjaan dengan kurang berhati-hati,   pastilah akan membawa hasil yang buruk bagi orang yang melakukanya.Banyak sekali peristiwa buruk dalam hidup ini yang tidak kita hendaki terjadi, akibat berpikir gegabah dan bertindak ceroboh dalam melakukan suatu pekerjaan.

Orientasi :
Pada tahun 2010 silam,orang tuaku memberikan hadiah istimewa untukku berupa sepeda baru.Hadiah itu aku dapatkan karena aku memperoleh peringkat pertama pada kenaikan kelas.Tentunya aku sangat senang ketika aku mendapat sebuah sepeda berwarna biru muda idamanku, dengan gagahnya telah terparkir di dalam garasi rumahku.Karena senang sekali,sampai-sampai aku ingin bersepeda setiap hari.Saat itu ,lautan ide memenuhi otakku.Aku berpikir untuk menjelajahi dan mengelilingi desa dengan sepeda baruku.

Insiden :
Beberapa hari kemudian,aku mencoba untuk mengendarai sepeda idamanku itu.Aku berkeinginan menjelajahi seluruh tempat di desa.Untuk merealisasikan hasratku tersebut, aku memilih rute yang akan kulewati seperti sungai,kebun, dan sawah.

Karena aku merasa sangat bersemangat,aku mengayuh sepedaku dengan kecepatan tinggi.Ketika akan berbelok pada suatu tikungan,aku tersadar jika aku mengendarai sepedaku terlalu cepat.Di dekat tikungan itu,ada sebuah selokan yang memiliki lebar setengah meter dengan kedalaman satu meter berada tepat di depanku.Karena aku tengah berada dalam kecepatan tinggi,aku tidak bisa mengendalikan sepedaku dengan baik. Aku juga sulit mengendalikan sepedaku agar dapat berbelok melewati tikungan itu.Alhasil,badanku terlempar dari sepeda dengan kedua lutut yang memar akibat bergesekan dengan aspal jalan.Sementara itu,sepedaku masuk ke selokan dengan goresan di beberapa sisi-sisinya.

Interpretasi
Sepanjang perjalanan pulang ke rumah,aku menuntun sepedaku sembari meringis dan menangis kesakitan menahan sakit pada kedua lututku.Aku juga sedih melihat sepedaku lecet akibat peristiwa yang menimpaku.Pada hari itu,aku mendapatkan suatu pelajaran yang sangat berharga.Aku harus selalu berhati-hati dalam setiap urusan maupun pekerjaan khusunya saat berkendara ,agar aku dapat terhindar dari peristiwa buruk yang dapat menimpaku kapan saja dan dimana saja.

Koda :
Peristiwa di atas memberikan pelajaran bahwa kita harus lebih berhati-hati dalam setiap urusan.Kita harus tetap berpikir jernih dalam setiap keadaan agar kita tidak melakukan sesuatu dengan ceroboh atau gegabah yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerugian bagi diri sendiri.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Pengertian, Ciri - Ciri Dan Struktur Teks Eksemplum"

Post a Comment