Materi TIK Kelas XI/11 SMA/MA Semester 1/2 Lengkap Terbaru

Halo para pelajar sekalian kali ini saya akan membagikan rangkuman materi mata perlajaran TIK kelas 11 untuk SMA/MA  mulai dari semester 1 dan semester 2 lengkap. Semoga rangkuman materi ini dapat membantu para pelajar atau hanya sekedar menambah wawasan dalam bidang teknologi informasi.
Materi TIK Kelas XI/11 SMA/MA Semester 1/2 Lengkap Terbaru
Bab 1 Mengenal Internet
  • Internet (Interconnected Network) yang popular disebut cyberspace merupakan rangkaian komputer yang menghubungkan beberapa rangkaian. Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubungan secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol).
  • Fasilitas internet banyak digunakan oleh pengguna untuk memenuhi kepentingannya, misalnya World Wide Web (WWW) sebagai pusat database, e-mail sebagai sarana surat menyurat, mailing list untuk berdiskusi secara elektronik, newsgroup diskusi, chatting digunakan untuk komunikasi langsung dalam internet, FTP (File Transfer Protocol) sebagai pengambilan arsip secara elektronik, Telnet digunakan untuk melakukan login atau masuk ke dalam sistem secara jarak jauh, dan ghoper yang menyediakan banyak menu.
  • Untuk dapat memasang internet diperlukan hardware atau perangkat keras seperti modem sebagai penerjemah sinyal dari sinyal analog menjadi sinyal digital atau sebaliknya, telepon sebagai penerus sinyal dari modem, dan Network Interface Card (NIC) digunakan untuk penghubung antarkomputer Internet Service Provider (ISP) yaitu media penyambung atau penghubung sambungan internet.
  • Dalam sebuah jaringan diperlukan pula ethernet (protokol) atau kartu jaringan yang berguna untuk menghubungkan antarjaringan, repeater yang digunakan untuk memperkuat sinyal, Bridge digunakan untuk membagi jaringan, router digunakan untuk melewatkan antarsegmen yang memiliki alamat network yang berbeda, HUB digunakan untuk menghubungkan beberapa node dalam suatu jaringan, dan gateway digunakan untuk menghubungkan jaringan yang memiliki arsitektur dan lingkungan yang berbeda.
  • Personal komputer yang dapat digunakan untuk akses internet adalah komputer dengan spesifikasi minimum, yaitu PC minimal 386 (486 DX-4 recomended), monitor super VGA, RAM 4 MB (8 MB recomended, tergantung program aplikasi), memiliki communication port (RS-232), modem dengan kecepatan 14.400 BPS atau lebih, mouse, multimedia (tergantung aplikasi pelayanan internet), mampu menjalankan sistem Windows, berlangganan dengan ISP (Internet Service Provider) atau online service, software/program aplikasi (tergantung fasilitas internet yang akan digunakan), misalnya Eudora Light, Netscape, Internet Explorer, Internet Phone, Net 2 Phone, Net Meeting.
Bab 2 Akses Internet
  • Sistem penyambungan internet dibedakan menjadi dua, yaitu ke warung internet dan menggunakan internet yang berada di kantor atau rumah.
  • Dalam mengakses internet dibutuhkan software yang khusus, di antaranya adalah Microsoft Internet Explorer, Cute FTP, Gozilla, Mozilla, mIRC, dan Outlook Expres, Google Chrome.
  • Ragam cara penyambungan komputer ke internet, di antaranya sambungan langsung ke network, sambungan dengan mengguna-kan SLIP/PPP, dan sambungan ke On-Line Service.
  • Sambungan On-Line Service dibedakan menjadi enam cara, yaitu melalui jaringan, Dial Up, menggunakan GPRS, melalui wifi, menggunakan TV Kabel, dan menggunakan Wireless Broadband.
  • Internet merupakan sebuah jaringan antara komputer server (komputer penyedia layanan) dan komputer client (peminta layanan). Konfigurasinya dibedakan menjadi 3 macam, yaitu LAN (Local Area Network), WAN (Wide Area Network), dan MAN (Metropolit Area Network).
  • Dalam mengakses internet seorang pelanggan dihubungkan oleh suatu media penyedia jasa ISP atau Internet Service Provider. Di Indonesia terdapat macammacam ISP, di antaranya Wasantara.Net, Telkom-Net Instant, Indosat, dan lainlain.
  • Untuk menentukan ISP yang diinginkan harus dipertimbangkan adanya beberapa hal, yaitu berapa kecepatannya, berapa lebar Bandwithnya, memiliki server proxy atau tidak, bagaimana backbone-nya, bagaimana layanan yang diberikan, memiliki sistem pengamanan atau tidak, serta berapa biaya aksesnya.
  • Ada dua cara untuk dapat terkoneksi ke ISP, yaitu Dial Up On Demand (koneksi secara temporer) dan sistem Leased Line atau Dedicated (cara koneksi ke internet selama 24 jam penuh).
  • Proses pencarian informasi di internet disebut browsing, sedang-kan mesin yang dapat membantu proses browsing disebut Browser.
  • Salah satu penemuan canggih yang digunakan untuk mencari informasi di internet adalah Search Engine atau mesin pencarian. Saat ini mesin pencarian yang populer adalah Google, Yahoo, Altavista, dan Lycos. Semua search engine tersebut dikelompokkan dalam kategori hybrid search engine.
  • Secara garis besar file dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu file ASCII dan file biner. File ASCII adalah file teks biasa yang dapat dibaca oleh program notepad, wordpad, dan editor teks seperti DOS. Contoh-contoh file ASCII adalah file yang memiliki ekstensi txt, html, text, dan php.
  • File biner adalah file-file selain teks biasa dan memerlukan program atau aplikasi khusus untuk membaca maupun menampilkannya. Contoh file biner adalah file Ms. Office (doc, ppt, dan xls), file gambar (bmp, gif, dan jpeg,) file musik (wav, au, dan mp3), file-file video atau movie (avi dan mpg), dan file terkompres (misalnya zip, tar, dan tgz).
  • Acrobat reader merupakan fasilitas office yang dapat dipergunakan untuk membuka dan membaca file yang berkarakter pdf*.
Bab 3 Menggunakan E-Mail
  • E-mail adalah surat elektronik yang digunakan untuk berkirim surat melalui jalur internet, dengan e-mail ini orang dapat mengirim teks, file, maupun gambar.
  • Penggunaan e-mail sebagai sarana komunikasi sangat meng-untungkan karena waktu pengirimannya sangat cepat dengan biaya yang cukup murah serta memiliki area yang cukup luas.
  • Jenis e-mail ada tiga, yaitu POP Mail merupakan e-mail yang diterima melalui internet secara online, web-mail yaitu layanan e-mail yang cara pengaksesannya melalui website, dan e-mail forwarding, yaitu e-mail yang dapat meneruskan email yang diterimanya ke alamat e-mail yang lain.
  • Proses pembuatan e-mail didahului oleh registrasi. Setelah registrasi berhasil harus memasukkan user ID dan password sebagai pembuka e-mail.
  • Pengiriman surat melalui e-mail dapat pula melampirkan file atau gambar, proses tersebut dilakukan melalui fasilitas attachment file.
Bab 4 Program Aplikasi Pengolah Angka
  • Microsoft Excel merupakan spreadsheet untuk mengolah angka seperti menghitung rata-rata, membuat grafik, menjumlahkan, serta memanajemen database. Secara fisik Spreadsheet tersusun dari baris dan kolom. Pertemuan antara kolom dan baris disebut sel. 
  • File-file Excel seringkali disebut dengan workbook. Workbook tersusun dari kumpulan lembar-lembar kerja yang disebut worksheet. Sebuah worksheet tersusun dari 65.336 baris dan kolom dari A hingga IV. 
  • Spreadsheet keluaran terbaru adalah Excel 2007 yang dilengkapi dengan Quick Access Toolbar sehingga lebih c epat mengeksekusi data. Selain itu, dilengkapi dengan tab-tab menu di antaranya tab home, insert, page layout, formulas, data, review, dan view.
  • Menu dan ikon yang terdapat pada office button seperti New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, dan Close merupakan menu dan ikon pokok yang mempunyai fungsi utama pada pembuatan lembar kerja Microsoft Excel 2007, misalnya membuka lembar kerja, menyimpan dan mencetak lembar kerja.
  • Salah satu fungsi Excel adalah untuk menghitung statistik, maka proses penghitungan dilakukan dengan memasukkan rumus. Proses penulisan rumus dalam Excel harus diawali dengan penulisan tanda sama dengan (=). 6. Penulisan rumus digunakan operator matematik, seperti tanda penambahan (disimbolkan +), pengurangan (disimbolkan -), perkalian (disimbolkan *), dan pembagian (disimbolkan / ).  Untuk memasukkan perbandingan sebuah v ariabel digunakan simbol =, ><, >=, <=, dan <>.
  • Jenis kategori fungsi dan formula dalam Microsoft Excel 2007 sebagai berikut.
    a. Fungsi aritmatika, yaitu kumpulan fungsi yang b erisi perintah-perintah untuk mengolah data yang berupa numerik (angka). Beberapa j enis fungsi aritmatika adalah SUM, MOD, dan Round.
    b. Fungsi statistik, yaitu fungsi yang digunakan untuk mengolah data yang berupa numerik (angka) hanya saja operasi ini dilakukan dengan statistik. Adapun jenis dari fungsi ini adalah MIN, MAX, AVERAGE, dan COUNT.
    c. Fungsi text, yaitu kumpulan fungsi yang b erisi perintah-perintah yang digunakan untuk mengolah data yang b erupa text atau string.Jenis fungsi teks adalah LEFT, RIGHT, MID, dan LEN.
    d. Fungsi date and time, yaitu sekumpulan fungsi yang b erisi perintahperintah untuk mengolah data yang mempunyai format tanggal (dd/mm/yy) atau w aktu (hh:mm::ss). Beberapa j enis fungsi date and time adalah NOW, DAY, MONTH, YEAR, WEEKDAY, HOUR, MINUTE, dan SECOND.
    e. Fungsi logika, yaitu sekumpulan fungsi yang b erisi perintah-perintah untuk mengoperasikan data secara logika. Jenis fungsi logika di antaranya adalah IF, AND, dan OR.f. Fungsi pembacaan tabel/pencarian tabel, termasuk di antaranya adalah HLOOKUP dan VLOOKUP.
Bab 5  Menggunakan Program Pengolah Angka Untuk Menghasilkan Informasi
  • Pengolah data pada Microsoft Excel 2007 dapat dilakukan dengan menggunakan perhitungan matematika dan perhitungan statistik.
  • Hitungan matematika yang digunakan untuk mengolah data adalah penjumlahan (+), pengurangan (–), perkalian (*), pembagian (/), pangkat (^), dan sebagainya.
  • Hitungan statistik yang digunakan untuk mengolah data adalah Sum, Average, Min, Max, Count Number, dan sebagainya.
  • Untuk dapat menghasilkan laporan yang komunikatif perlu ditambahkan grafik, diagram, maupun gambar. Ms. Excel 2007 memberikan kemudahan fasilitas dalam hal tersebut.
  • Grafik merupakan visualisasi data numerik yang berupa angka maupun perhitungan rumus. Keberadaan grafik dapat menjadikan laporan lebih representatif. Proses pembuatan grafik dapat melalui Chart Wizard, yaitu fasilitas pemandu pembuatan grafik.
  • Cara pembuatan grafik adalah dengan memblok data kemudian klik Chart dan memilih tipe grafik, selanjutnya diatur tata letaknya. Proses pengaturan grafik disebut dengan format grafik.
  • Agar dokumen Excel tampak indah perlu juga ditambahkan wordArt atau teks artistik, caranya klik WordArt pada menu Insert.
  • Pengurutan data dalam Excel disebut dengan Sort. Sort atau pengurutan data dibedakan menjadi dua, yaitu sort ascending (pengurutan dari kecil ke besar) dan sort descending (pengurutan data dari besar ke kecil).
  • Proses penyaringan data dimaksudkan untuk mencari jenis atau kriteria tertentu dari suatu data. Proses penyaringan ini dinamakan filter.
  • Validasi data bertujuan untuk memberi validasi pada suatu data tertentu. Validasi data dibedakan menjadi 2, yaitu Stop dan Warning.
  • Subtotal adalah fasilitas database pada Excel yang bertujuan untuk menjumlahkan berdasarkan kelompok yang telah ditentukan.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Materi TIK Kelas XI/11 SMA/MA Semester 1/2 Lengkap Terbaru"

Post a Comment