2 Contoh Teks Ulasan Film (Jokowi, Dibalik 98) Singkat Beserta Strukturnya

belajarmateri.com - Halo para pelajar indonesia sekalian kali admin akan memberikan 2 contoh dari teks ulasan pendek/singkat tentang film Jokowi dan Dibalik 98 buat para pelajar dan pembaca sekalian yang mungkin digunakan sebagai referensi untuk tugas mata pelajaran bahasa indonesia. 
2 Contoh Teks Ulasan Film (Jokowi, Dibalik 98) Singkat Beserta Strukturnya
Contoh 1

Judul Film  : Jokowi
Tahun Rilis : 20 Juni 2013
Sutradara    : Azhar Kinoi Lubis
Pemain       : 1. Teuku Rifnu Wikana sebagai Jokowi
                     2. Prisia Nasution sebagai Iriana
                     3. Ratna Riantiarno sebagai Ibu Jokowi

Struktur Teks Ulasan dari Film Jokowi

ORIENTASI 1
Jokowi adalah film drama indonesia tahun 2013. Film ini dibintangi oleh Teuku Rifnu wikana dan Prisia Nasution. Film ini dirilis pada haris Kamis tanggal 20 Juni 2013 untuk menyambut hari ulang tahun Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang ke-52.Pada tanggal hari Jum'at, 21 Juni 2013 bersamaan dengan perayaan ulang tahun Daerah Khusus Ibukota Jakarta yang ke-486 pada tanggal hari Sabtu, 22 Juni 2013

ORIENTASI 2
Film Jokowi ini yang berdurasi 90 menit berkisah tentang seorang anak tukang kayu bernama Joko Widodo, yang tinggal dan hidup di rumah kecil pinggiran sungai. Film ini di produksi oleh K2K Pictures Produksi dan di adaptasi dari pengalaman nyata. Joko Widodo yang mempunyai sifat pemalu hingga mampu menjadi pemimpin besar yaitu menjadi presiden ke-7 Republik Indonesia.

TAFSIRAN ISI 1
Perjuangan dari tokoh yang berusaha untuk mempunyai masa depan yang baik. Terdapat pada tokoh ayah yang memiliki profesi dengan penghasilan tidak tetap untuk mencukupi hidup keluarganya. Dan tidak lupa selalu memberikan pelajaran hidup pada anaknya, serta kedisplinan yang di terapkan dalam kehiduan sehari-hari yaitu pengajaran atas perilaku saat Jokowi marah dan saat itu juga ayahnya memberikan pelajaran dengan memberitahu Jokowi betapa kecewanya seorang Ayah melihat anak yang di didiknya dengan benar sedang melakukan kesalahan serta menasihati tentang pentingnya harga diri dan menjaga perilaku agar dihargai orang lain.

TAFSIRAN ISI 2
Usahanya untuk membuktikan semua pelajaran dari sang ayah, makin keras ia lakukan. Dan waktu mengatarkan anak bantaran kali ini menjadi sosok yang bukan hanya besar di mata orang-orang disekitarnya namun juga  rendah hati dan selalu memanusiakan sesamanya. Dari pinggiran Sungai di Desa kecil yang bernama Srambatan, Joko telah mampu tampil menjadi pemimpin Kota Solo yang menulis lembaran baru.
TAFSIRAN ISI 3
Bekerja keras dalam mencapai impian karena setiap kesuksesan tidak ada yang sia-sia. Apa yang kita usahan akan sebanding dengan hasil yang kita peroleh.Seperti Jokowi yang bekerja keras dari kecil hingga besar untuk menjadi seseorang yang sukses.

TAFSIRAN ISI 4
Jokowi kecil yang berjanji pada Ayahnya untuk tidak bertengkar dengan temannya. Yang kemudian memberikan nasihat untuk jangan pernah membuat janji yang mungkin tidak bisa kita tepati. Nasihat atau petuah dalam film ini banyak disampaikan dari dialog antar tokoh, kebiasaan hidup tokoh dan lain sebagainya.

TAFSIRAN ISI 5
Latar tempat dan suasana jaman dahulu digambarkan dengans angat bagus dan mirip dalam film ini. Seperti Pencahayaan, perabotan rumah, bentuk rumah, adat istiadat jaman dahulu, efek kamera dan hal tersebut menambah hidupnya latar yang ingin digambarkan atau disampaikan oleh film ini.

TAFSIRAN ISI 6
Film Jokowi ini banyak menggunakan bahasa Jawa yang tidak semua orang penonton mengetahu arti atau makna dari bahasa tersebut karena itu dappat menyebabkan adanya kesalahpahaman penafsiran seperti pada pembukaan film tokoh Ayah Jokowi banyak menggunakan bahasa jawa dalam dialognya

TAFSIRAN ISI 7
Dalam film ini digambarkan kisah hidup Jokowi dari bayi hingga dewasa, namun dalam film ini kenakalah atau kejahilan anak kecil yang sewajarnya tidak di perlihatkan. Film ini hanya menampilkan sisi baik dan kelebihan Jokowi tanpa di imbangi dengan beberapa kenakalan atau kejelekan yang mungkin atau wajar di miliki oleh seseorang.

EVALUASI 1
Saat proses syuting film Jokowi yang melibatkan 990 orang figuran itu imbuhnya, 95% di Solo dan 5% di Jogja.Beberapa wilayah Solo yang di pakai lokasi syuting yaitu Kali Anyar, Keraton, Kauman, Pasar Gede dan Laweyan. Proses syuting total ada 98 scene, untuk pengambilan gambar di solo dilaksanakan selama 6 hari. Sisanya di Jogja dan lokasi lain.

EVALUASI 2
Pada 4 hari pertama setelah film Jokowi Rilis, bahwa film ini meraih sejumlah penonton sebanyak 64.446 Ribu penonton yang bergenre drama ini. Pembuatan Film Jokowi ini menghabiskan ratusan jutaan rupiah saat proses syutingnya.

RANGKUMAN
Bahwa Film Jokowi memungkinkan kita bicara mengenai perjuangan hidup tokoh jokowi melalui model film dramatikal. Film ini menawarkan perjalanan hidup tokoh yang mengalami berbagai rintangan dalam meraih mimpi. Namun pada akhirnya mimpi itu akan terwujud jika disertai dengan doa dan usaha yang keras. Jadi Film Jokowi ini layak di tonton karena mengandung hal positif dan pembelajaraan yang bayak dari tokoh film tersebut.

Contoh 2

Judul Film : Dibalik ‘98
Tahun        : 2015
Sutradara   : Lukman Sardi
Pemain      : Chelsea Islan sebagai Diana
                    Boy William sebagai Daniel
                    Dany Alamsyah sebagai Bagus
                    Ririn Ekawati sebagai Salma

Orientasi 1 :
Dibalik ’98 adalah sebuah film produksi MNC pictures. Film ini merupakan karya yang disutradarai oleh Lukman Sardi. Dalam film ini diambil dari kejadian kerusuhan pada tahun 1998 oleh para mahasiswa Trisakti yang sangat ingin menurunkan tahta Soeharto pada masa orde baru. Namun dalam film ini tidak selamanya mengisahkan kerusuhan, namun terdapat beberapa pesan yang terkandung dalam film ini.

Orientasi 2 :
Terdapat aktor dan aktris dalam film ini. Dimana Chelsea Islan sebagai Diana adalah seorang mahasiswi Trisakti yang sudah sejak awal menjadi bagian dari gerakan gabungan seluruh mahasiswa Indonesia yang menuntut turunnya Presiden Soeharto. Boy William sebagai Daniel adalah kekasih Diana keturunan Tionghoa. Ririn Ekawati sebagai Salma adalah kakak dari Diana yang berkerja sebagai Pegawai Istana Negara dan Dony Alamsyah sebagai Bagus yang merupakan suami dari Salma.

Tafsiran Isi 1 :
Film ini menceritakan seorang mahasiswi yang ingin menjadi demonstran yaitu Diana. Menurutnya, masa kekuasaan Presiden Soeharto harus segera diakhiri. Namun, hal tersebut bertentangan dikarnakan kakaknya yang bernama Salma adalah seorang Pegawai Istana Negara dan suaminya adalah seorang Letnan Dua Angkatan Darat. Namun, hal ini menjadi membahayakan mereka semua, kekacauan yang terjadi sudah tidak terkontrol lagi dan banyak korban dalam kerusuhan tersebut. Selain itu banyak keluarga yang tidak mengetahui keberadaan anggota keluarganya hingga saat ini.

Tafsiran Isi 2 :
Awal konflik yaitu pada saat Letnan Dua Bagus bimbang ketika harus berhadapan dengan situasi seperti ini, sebab ia harus bertanggung jawab dengan pekerjaannya dan disisi lain harus menjaga istrinya, Pegawai Istana Negara yang sedang hamil besar. Namun, Salma dinyatakan hilang ketika mencari adiknya Dianayang merupakan salah satu dari demonstran yang ingin menghentikan kekuasaan Presiden Soeharto. Dan kemudian Diana menyalahkan Bagus selaku suami Salma. Karena menurutnya Bagus hanya hanya mementingkan pekerjaannya saja.

Tafsiran Isi 3 :
Daniel adalah seorang keturunan Tionghoa dan juga sebagai kekasih dari Diana. Ia ikut berjuang menuntut perubahan dan bahkan Daniel hampir terjebak sweeping warga yang menyaring orang-orang non pribumi. Yang saat itu menjadi puncak issue rasial di Indonesia. Akhirnya, Daniel selamat dalam peristiwa itu dan menemui keluarganya lalu ikut exodus meninggalkan Indonesia. Dengan Salma, akhirnya Salma ditemukan dalam keadaan pingsan dan dibawa kerumah sakit. 17 tahun kemudian, Daniel kembali ke Jakarta dan membawa abu kremasi ayahnya. Daniel menemukan Diana keduanya masih memiliki semngat yang sama untuk melanjutkan semangat reformasi.

Tafsiran Isi 4 :
Film “Dibalik ‘98” pada adegan diskusi presiden Soeharto dengan Wapres BJ.HABIBIE atau dengan Mbak Tutut maupun Pak harmoko. Semua tersajikan secara detail, seolah pada adegan itu menjadi cerita utama. Menjadi kelebihan karena peristiwa-peristiwa itu dimainkan secara baik oleh para aktor yang memerankannya.

Tafsiran Isi 5 :
Film “dibalik ‘98” ada pada scoring film itu sendiri, beberapa lagu maupun musik yang dipilih terdengae tidak begitu sesuai dengan adegan yang sedang berlangsung. Adapula iringan yang terdengar terlalu menggebu sehingga menutup dialog dari pemain.

Evaluasi :
Film “dibalik ‘98” ini tidak hanya mengisahkan politik saja, namun film ini mengisahkan tentang keluarga dan percintaan. Dalam film ini memang tidak sama dengan kejadian sebenarnya pada tahun 1998. Ada banyak bumbu fiksi yang ditaburkan kedalam film ini, yang menjadikan lebih sempurna.

Rangkuman :
Dalam Film “dibalik ‘98” merupakan gambaran yang terjadi pada tahun 1998. Sebab, meskipun kisah dramanya yang cukup menonjol namun latar belakang politik yang ditampilkan dalam film ini dapat dipercaya demi keutuhan cerita.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "2 Contoh Teks Ulasan Film (Jokowi, Dibalik 98) Singkat Beserta Strukturnya"

Post a Comment