Contoh Teks Ulasan Film Laskar Pelangi Beserta Strukturnya

Contoh Teks Ulasan Film Laskar Pelangi Beserta Strukturnya - Halo para pelajar indonesia sekalian kali admin akan memberikan contoh dari teks ulasan pendek/singkat tentang film Laskar Pelangi buat para pelajar dan pembaca sekalian yang mungkin digunakan sebagai referensi untuk tugas mata pelajaran bahasa indonesia. 
Contoh Teks Ulasan Film “Laskar Pelangi” Singkat Beserta Strukturnya
Judul film: Laskar Pelangi
Tahun rilis: 2008
Sutradara: Riri Riza
Pemain:
  • Zulfanny sebagai Ikal
  • Ferdian sebagai Lintang
  • Verrys  yamarno sebagai Mahar
  • Jefry Yanuar sebagai Harun
  • Dewi Ratih sebagai Sahara
  • Suhendri sebagai A Kiong
  • M. Syukur Ramadan sebagai Syahdan
  •  Marcheilla El Jhola sebagai Flo
  • Suharyadi sebagai Terapani
  • Levina sebagai A Ling
Orientasi 1
Film Laskar Pelangi adalah salah satu film yang berasal dari sebuah novel dengan judul yang sama yaitu, Laskar Pelangi. Laskar Pelangi merupakan salah satu novel karya Andrea Hirata yang berasil menarik perhatian banyak pecinta buku. Cerita ini berisi tentang sekelompok anak dengan semangat belajar dan bersekolah yang tinggi. Meski mereka masih duduk dikelas 1 SD dan SMP serta bersekolah disebuah sekolah yang penuh dengan keterbatasan mereka tetap semangat menggapai cita-cita mereka.

Orientasi 2
Kisah film tersebut dilator belakangangi oleh tantangan kalangan pinggiran dan perjuangan hidup menggapai mimpi, serta keindahan persahabataan dengan latar belakang sebuah pulau indah yang pernah menjadi salah satu pulau terkaya di Indonesia. Cerita dalam film ini dibuat berdasarkan kisah hidup sang pembuat novel Andrea Hirata mengenai kerasnya perjuangan yang diwakili oleh Laskar Pelangi sebutan yang diberikan oleh gurunya yang diberikan kepada 10 anak yang bersekolah di SD Muhammadyah. Film ini membawa kita untuk melihat kondisi kehidupan Pulau Belitung pada pertengahan 1970-an. Dimana PN Timah masih aktif beroperasi, para karyawan berseragam biru lalu lalang dengan sepeda dan orang tua mengantar anak-anak mereka kesekolah.

Tafsiran isi 1
Pada awal cerita kisah diceritakan sekumpulan anak yang tinggal didaerah Desa Gantung, Belitung timur. Mereka bersekolah di Muhammadyah. Pemerintan oendidikan setempat hendak membubarkan sekolah tersebut karena jumlah siswa dan siswi nya kurang dari 10 orang. Namun pembubaran tersebut diurungkan dengan syarat pada tahun ajaran baru haruslah memiliki 10 siswa siswi baru. Usaha telah dilakukan namun hingga saat acara pembukaan tahun ajaran baru sekolah tersebut hanya ada 9 orang anak. Semua orang khawatir akan kondisi sekolah tersebut. Namun, tiba-tiba sesaat sebelum kepala sekolah membacakan pidatonya Harun dan Ibunya datang untuk mendaftarkan Harun kesekolah tersebut. Sontak semua anak dan guru di sekolah tersebut bersorak gembira menyambut Harun.

Tafsiran 2
Nama Laskar PElangi diberikan oleh salah satu guru mereka yang bernama Bu Muslimah. Ibu Muslimah memberikan nama Laskar Pelangi karena kesukaan mereka kepada Pelangi dan semangat merak untuk bersekolah demi meraih cita-cita mereka yang sangat tinggi. Dengan nama itu mereka menjadi semakin bersemangat untuk menjadi orang sukses. Banyak hal yang telah dilakukan oleh mereka dan berhasil mengharumkan nama desa mereka. Seperti Lintang yang memenangkan lomba cerdas cermat, Mahar yang memenangkan lomba karnaval 17 Agustus  dan lain sebagainya. Kehidupan Laskar Pelangi diwarnai dengan kesenagan,kesediahan,sengat dan kebersamaan.Pada akhir cerita dikisahkan 12 Tahun kemudian atau setelah mereka semua dewasa. Kesuksesan mereka membuat semua guru dan Desa Gantung menjadi bangga.

Tafsiran 3
Cerita Laskar Pelangi berbeda dengan kebnayakan cerita, film Laskar Pelangi lebih menonjolkan sisi semangat anak-anak dalam menggapai cita-citanya dalam kesederhanaan. Perbedaan yang ada diantara mereka justru menjadi warna dalam persahabatan. Film Laskar Pelangi juga jauh dari aroma percintaan. Penokohan dalam film LAskar Pelangi benar-benar sangat professional. Film ini juga mengisahkan bagaimana usaha Lintang yang harus menempuh jarak hingga 80km untuk tiba di sekolah dari rumahnya. Tokoh Harun yang memerankan anak yang tidak normal sangatlah bagus, sehingga menarik perhatian banyak penikmat film. Kepolosan, keluguan, dan kecerdikan anak-anak yang hidup dalah keterbatasan membuat daya tarik sendiri bagi penonton saat menonton film tersebut.

Tafsiran 4
Film Laskar Pelangi ini juga ingin menyadarkan pemerintah dan juga masyarakat bahwa setiap warga masyarakat Indonesia dalam kondisi apapun berhak mendapatkan sebuah pengajaran yang sesuai dengan tingkatannya. Keunggulan dari pemutaran film ini adalah nilai syukur terhadap Tuhan yang tinggi, sikap jujur, tawakal, dan lainnya. Kekurangan dalam film ini hamper tidak ditemukan, hanya mungkin ada beberapa bahasa yang kurang dipahami maksudnya karena harus menyesuaikan dengan daerah tempat film ini diambil.

Evaluasi
Amat disayagkan film ini berkesan monoton dan hanya berpusat pada pendidikan di SD muhammadyah. Lebih baiknya, beberapa scene yang ditampilkan harusnya diperpanjang  seperti pada saat perkenalan pertokoh. Namun secara keseluruhan film ini fibuat dengan sangat baik. Keinginan kuat para pengajar membuahkan hasil yang baik. Laskar Pelangi dapat terus belajar di sekolah walaupun tokoh Lintang terpaksa drop-out karena Ayahnya meninggal dan ia terpaksa menjadi tulang punggu dikeluarganya. Selain itu, pengambilan kisah romansa pada film ini merupakan sebuah bumbu yang menghiasi film ini dengan baik.

Rangkuman
Dari film Laskar Pelangi diatas dapat kita simpulkan bahwa Laskar Pelangi memungkinkan kita melihat cerita yang didasarkan pada pengalaman pengarang, yang menggambarkan kondisi prihatin anak-anak kurang mampu Pulau Belitung. Sangat banyak sekali pesan moral yang disajikan pada film ini sehingga tak jarang penonton sampai meneteskan air mata ketika menonton film ini karena kegigihan semangat Lintang dan teman-teman nya demi meraih pendidikan didaerah yang sangat terpencil di Indonesia. oleh sebab itu, maka tak heran jika film ini berhasil merai berbagai penghargaan baik dari dalam maupun luar Negeri.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Contoh Teks Ulasan Film Laskar Pelangi Beserta Strukturnya"

Post a Comment