Contoh Teks Tanggapan Kritis (Narkoba, Internet, Handphone) Beserta Strukturnya

belajarmateri.com - Halo para pelajar indonesia sekalian kali admin akan memberikan contoh dari tanggapan kritis pendek/singkat tentang narkoba, internet, dan handphone beserta dengan strukturnya buat para pelajar dan pembaca sekalian yang mungkin digunakan sebagai referensi untuk tugas mata pelajaran bahasa indonesia. Tapi sebelum masuk ke contoh teks tanggapan kritis ini ada baiknya memahami terlebih dahulu materi seputar teks tanggapan kritis mulai dari pengertian, ciri-ciri dan strukturnya yang para pelajar dapat temukan disini. Teks Tanggapan Kritis (Pengertian, Ciri, dan Struktur)
Contoh Teks Tanggapan Kritis (Narkoba, Internet, Hanphone) Beserta Strukturnya
Hukuman Mati Bagi Pengedar Barang Haram
Di zaman yang serba canggih, peredaran narkoba merajalela di negeri kita ini. Baik di kalangan pelajar, masyarakat, maupun pejabat negara. Yang menjadi pro dan kontra masalah ini adalah hukuman mati bagi para pengedar dan pemakai narkoba.

Sebagian masyarakat berpendapat bahwa mereka setuju dengan hukuman mati bagi pengedar dan pemakai narkoba. Ada banyak alasan yang membuat mereka setuju dengan hukuman tersebut. Alasan pertama yaitu narkoba dapat mempengaruhi pola pikiran pengguna sehingga berbahaya juga bagi orang lain. Seperti dapat menyebabkan kecelakaan karena halusinasi pikiran dan konsentrasi yang terganggu pada dirinya. Yang kedua, narkoba dapat merusak generasi muda bangsa. Hal itu membuat remaja berakhlak tidak baik. Sedangkan bangsa kita memerlukan generasi yang dapat memikul tanggung jawab negara di masa depan. Yang ketiga, narkoba dapat menjadikan orang penasaran untuk mencobanya. Setelah seseorang itu mencobanya, ia akan kecanduan dan orang tersebut bergaul dengan orang lain yang mengakibatkan orang lain terpengaruh olehnya. Hal itu membuat peredaran narkoba semakin luas. Yang keempat hukuman mati memberikan efek jera terhadap pengedar narkoba. Karena itulah, masyarakat setuju dengan hukuman mati tersebut.Yang kelima sebagian masyarakat menilai yang pantas di hukum mati adalah bandarnya bukan pengedarnya. Karena bandar itu memiliki dua misi yaitu mendapatkan keuntungan dan merusak akhlak orang lain.

Selain itu, ada sebagian masyarakat yang tidak setuju dengan hukuman mati. Ada beberapa alasan yang menjadi masyarakat tidak setuju dengan hukuman tersebut. Alasan pertama, masih ada hukuman lain yang lebih manusiawi dan hukuman mati merupakan pelanggaran hak asasi manusia.
Hal ini sesuai dengan UUD 1945 pasal 28 A yang berbunyi:
“setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan kehidupannya”. Alasan yang kedua, hukuman mati membutuhkan biaya yang sangat besar. Karena hukuman mati tersebut, bisa menghabiskan uang negara. Yang seharusnya uang tersebut digunanakan untuk kebutuhan lain malah digunakan untuk hukuman mati yang tidak manusiawi itu.

Setiap orang sudah diberikan haknya untuk hidup, tetapi hidupnya dipergunakan untuk kerugian diri sendiri dan juga orang lain. Dengan demikian, hukuman mati perlu ditegaskan kembali. Mengingat dampak  narkoba yang merusak masa depan generasi muda bangsa.

Penggunaan Internet bagi Remaja
Internet saat ini merupakan kebutuhan yang bukan lagi menjadi hal asing ditengah kalangan pelajar maupun masyarakat umum. Hal ini dapat dibuktikan dengan semakin ramainya warung internet, penjualan modem beserta paket pembayarannya serta akses melalui smartphone atau ponsel. Berkembangnya internet merupakan suatu kemajuan teknologi yang kini kian semakin pesat. Hal itu membawa dampak pengaruh terhadap kalangna remaja

Namun disisi lain terdapat pula beberapa sisi yang harus kita perhatikan agar kita tidak menyalahgunakan internet terutama bagi seorang pelajar. Internet dapat memenuhi hasrat dan hobi mereka. Akan tetapi, banyak hal-hal yang berdampak kurang baik dari internet. Hal-hal yang dapat mempengaruhi remaja mencakup unsur kekejaman, porno, dan tindakan lain. Internet yang isinya tidak baik untuk remaja bisa merubah pola pikir anak zaman sekarang. Maraknya internet bagi pelajar bisa membuat kecanduan atau tidak lepas dari dunia maya. Oleh karena itu, banyak remaja yang mengabaikan kehidupan nyata. Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat menjadi menurun.

Sementara itu, kelebihan internet adalah pelajar akan mudah mencari informasi yang terkait dengan pelajaran. Akan tetapi, alasan yang disajikan belum tentu diterapkan secara benar. Meskipun begitu, pendapat tesebut mungkin juga benar.Dalam arti, dapat dipertanggungjawabkan dan tidak bermain internet secara berlebihan. Ada beberapa pendapat yang dapat diterima jika digunakan dengan baik dan benar.

Pendapat pertama, internet dapat digunakan sebagai tempar pengetahuan yang luas. Pendapat kedua yaitu internet bisa menghubungi teman melalui sosial media walaupun berada di tempay yang jauh. Itu sudah dibuktikan melaui banyaknya aplikasi sosial media yang dapat berhubungan jarak jauh secara bertatap muka atau mendengar suaranya saja.

Secara umum saya setuju bahwa internet membawa dampak positif. Akan tetapi, pendapat tersebut perlu dikaji secara akademis. Banyak juga dampak negatif yang diterima oleh para remaja jika mereka tidak proporsional. Oleh sebab itu, orang tua diminta untuk mengawasi anaknya.
Simpulan tulisan itu menunjukkan bahwa sosok yang bertanggung jawab adalah orang tua. Untuk itu, peran orang tua yaitu memberikan bimbingan dan arahan kepada anaknya sebagai pelajar. Jika penggunaan internet secara baik dapat menyalurkan hobi yang positif.

Handphone, Apa Pengaruhnya?
Handphone merupakan alat telekomunikasi yang bisa dibawa kemana-mana. Pada awalnya, handphone hanya difungsikan sebagai alat komunikasi jarak jauh melalui pesan tertulis atau telepon. Namun, seiring berkembangnya waktu, kegunaan handphone tidak lagi hanya sebagai alat komunikasi. Banyaknya handphone yang dijual sekarang dilengkapi dengan beragam aplikasi dengan kualitas yang baik. Tak ayal kelebihan tersebut memberikan berbagai dampak bagi remaja dalam menggunakannya.

Jika dihubungkan, remaja masa kini tak lepas dari yang namanya handphone. Hampir setiap waktu, dapat kita jumpai ikatan antara makhluk hidup dan benda mati ini. Dengan berbagai macam merek dilengkapi dengan keunggulan yang ada, handphone sudah bisa menjadi pengendali remaja dalam berbagai hal. Handphone menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi mereka. Bahkan handphone juga bisa menjadi kebutuhan utama mereka. Banyak remaja mungkin akan merasa malu, jika saja mereka tidak memiliki handphone dengan merek terkenal. Namun, apa sebenarnya pengaruh yang ditimbulkan dari beragamnya handphone yang tercipta di zaman sekarang?

Handphone hanyalah benda kecil berbentuk persegi panjang. Namun, benda ini begitu banyak diminati oleh para remaja zaman sekarang. Perkembangan zaman mengubah segalanya menjadi lebih modern. Fungsi handphone pun berubah seiring berkembangnya waktu. Begitu pula dampak yang timbul dari fungsi handphone yang berubah. Handphone tidak lagi hanya bisa digunakan untuk telepon atau mengirim pesan, tetapi juga untuk memenuhi hal lain yang sifatnya hanya sebagai pemuas kebutuhan.

Alasan yang mendukung pernyataan tersebut, yaitu alasan yang menyatakan bahwa banyak remaja di zaman sekarang yang menyalahgunakan kegunaan handphone. Handphone diisi dengan berbagai aplikasi yang dapat memuaskan kebutuhan mereka. Sehingga pada akhirnya, remaja akan menjadi kecanduan, bahkan tidak bisa lepas dari yang namanya handphone. Dampak dari hal ini, seperti yang banyak kita jumpai sekarang. Banyak remaja bahkan tidak mempedulikan lingkungan sekitarnya hanya karena asyik memainkan handphonenya. Tentunya kondisi tersebut cukup memprihatinkan karena remaja menjadi sulit bersosialasi dengan lingkungan sekitarnya sendiri.

Dampak berikutnya, yaitu banyak remaja yang menggunakan handphone susah diajak untuk belajar.
Karena asyik memainkan handphone, tidak ada waktu bagi mereka untuk belajar. Akibatnya, prestasi belajar para remaja pun makin menurun. Tak hanya itu, kebiasaan mereka menggunakan handphone seringkali tidak memperhatikan kondisi sekitar. Misalnya, saat menggunakan handphone tanpa penerangan lampu dan tidur tak teratur hingga begadang untuk memainkan handphone. Tentu hal ini berpengaruh terhadap kondisi fisik mereka jika terus dilakukan dengan tidak memperhatikan suasana.
Namun, selain alasan-alasan tersebut, ada pula alasan yang mendukung bahwa handphone memiliki pengaruh positif bagi remaja. Menurut mereka, remaja justru bisa lebih leluasan berkomunikasi dengan aplikasi lain, seperti BBM, WA, LINE, dan lain sebagainya yang menurut mereka jauh lebih efektif. Selain itu, remaja juga beranggapan bahwa handphone sebagai media untuk melepas penat yang sering dihadapi remaja. Banyaknya hiburan yang disimpan di kartu memori bisa mereka buka sewaktu-waktu mereka merasa lelah. Dengan pemenuhan internet pula, mereka bisa mencari tugas-tugas di internet dengan mudah. Hal-hal tersebut memang menjadi keuntungan tersendiri bagi mereka.

Saya sendiri sebagai penanggap, sepakat dengan alasan yang menunjukkan bahwa kegunaan handphone di zaman sekarang banyak menimbulkan pengaruh yang negatif bagi remaja. Penggunaan yang berlebihan memang telah menunjukkan adanya proses kecanduan. Terbukti dengan berbagai keadaan yang sering kita lihat saat ini. Remaja menjadi sangat susah diatur, terkadang bahkan sampai tidak menanggapi orangtuanya sama sekali. Ini menunjukkan pengaruh negatif yang timbul pada remaja jauh lebih besar. Meskipun, memang adanya handphone juga menciptakan pengaruh positif bagi remaja.

Pada hakikatnya, handphone memang diciptakan sebagai alat telekomunikasi. Perkembangan handphone sekarang hanya disesuaikan dengan perkembangan zaman. Alangkah baiknya, jika remaja membatasi penggunaan handphone agar dapat mengontrol dirinya sendiri. Pembiasaan hal tersebut perlu dilakukan. Orangtua harus senantiasa ikut mengontrol anaknya dalam penggunaan handphone. Dengan begitu, adanya handphone tidak membawa pengaruh negatif yang berlebihan bagi mereka.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Contoh Teks Tanggapan Kritis (Narkoba, Internet, Handphone) Beserta Strukturnya"

Post a Comment