Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Matahari (Fenomena Alam) Beserta Strukturnya

belajarmateri.com - Halo para pelajar indonesia sekalian kali admin akan memberikan contoh dari teks eksplanasi pendek/singkat tentang fenomena alam yaitu Gerhana Matahari buat para pelajar dan pembaca sekalian yang mungkin digunakan sebagai referensi untuk tugas mata pelajaran bahasa indonesia. Tapi sebelum masuk ke contoh teks eksplanasi ini ada baiknya memahami terlebih dahulu materi seputar teks eksplanasi mulai dari pengertian, ciri-ciri dan strukturnya yang para pelajar dapat temukan disini. Teks Eksplanasi (Pengertian, Ciri, dan Struktur)
Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Matahari (Fenomena Alam) Beserta Strukturnya
Gerhana Matahari
Kata ‘eclipse’ (gerhana) berasal dari bahasa Yunani yaitu ekleipsis yang berarti peninggalan atau pelalaian. Gerhana adalah suatu fenomena alam yang disebabkan oleh bayangan yang dibentuk oleh bumi atau bulan terletak dalam satu garis.

Gerhana terbentuk sebagai akibat dari cahaya matahari yang terhalangi oleh bulan atau bumi. Matahari adalah sebuah bintang yang sangat besar sehingga mempunyai gaya tarik yang besar juga. Gerhana Matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari.

Kejadian gerhana disebabkan oleh bayangan bumi dan bulan yang besar sekali. Kedua benda langit itu gelap. Oleh karena itu, ketika kedua benda ini diterangi oleh matahari, masing-masing mempunyai bayangan yang menjulur kedalam ruang angkasa jauh dari matahari. Bayangan yang terbentuk oleh bumi atau bulan mempunyai beberapa bagian.Terdapat suatu daerah bayangan sempurna yang dikenal sebagai umbra (dari bahasa latin ayang artinya bayangan) yang berbentuk kerucut.Sekeliling kerucut bayangan sempurna terdapat suatu daerah bayangan sebagian yang disebut penumbra (bahasa latin untuk ‘hampir suatu bayangan’).

Gerhana matahari ada beberapa macam. Yang pertana adalah gerhana matahari total. Gerhana ini sepenuhnya tertutup oleh bulan di karenakan posisi bulan dekat dengan bumi. gerhana ini, jarang sekali ditemukan. Untuk dapat melihat langsung gerhana matahari total dapat menggungakan kaca mata khusus. Karena bila tudak menggunakan kaca mata khusus, dapat menyebabkan kerusakan pada mata.

Yang kedua adalah gerhana matahari sebagian, terjadi apabila bulan hanya menutup sebagian dari matahari. Pada saat gerhana matahari sebagian kita dapat langsung melihat ke atas tanpa takut merusak retina mata kita.

Yang ke tiga adalah gerhana matahari cincin yaitu dimana bulan hanya menutup sebagian daripada matahari dan cahaya matahari selebihnya membentuk cincin bercahaya sekeliling bayangan bulan yang dikenali sebagai ‘cincin’.

Mengamati gerhana matahari membutuhkan pelindung mata khusus atau dengan menggunakan metode melihat secara tidak langsung. Kaca mata sunglasses tidak aman untuk digunakan karena tidak menyaring radiasi inframerah yang dapat merusak retina mata.

Struktur Teks

Pernyataan Umum :
Kata ‘eclipse’ (gerhana) berasal dari bahasa Yunani yaitu ekleipsis yang berarti peninggalan atau pelalaian s/d..... bumi atau bulan terletak dalam satu garis.

Urutan Sebab Akibat :
Gerhana terbentuk sebagai akibat dari cahaya matahari yang terhalangi oleh bulan atau bumi. Matahari s/d........... yang dikenali sebagai ‘cincin’.

Interpretasi :
Mengamati gerhana matahari membutuhkan pelindung mata khusus atau dengan menggunakan metode s/d........ radiasi inframerah yang dapat merusak retina mata.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Matahari (Fenomena Alam) Beserta Strukturnya"

Post a Comment