Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Bulan Beserta Strukturnya

Halo para pelajar, berikut ini adalah contoh teks eksplanasi gerhana bulan beserta strukturnya yang dapat teman-teman gunakan sebagai bahan atau contoh dalam mengerjakan tugas pelajaran bahasas indonesia. Simak langsung contohnya dibawah ini.
Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Bulan (Fenomena Alam) Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Bulan

Gerhana bulan adalah sebuah peristiwa dimana terhalangnya sebagian wajah bulan oleh bayang-bayang bumi yang membuat bulan seakan hanya separuhnya.

Gerhana bulan terjadi ketika bumi berada di tengah-tengah antara matahari dan bulan. Ketika matahari, bumi, dan bulan terletak pada satu garis mendapat pantulan sinar matahari. Selain itu, terjadinya sejajar. Sehingga bumi menghalangi bulan untuk gerhana bulan juga akibat dari adanya revolusi bulan. Gerhana bulan terjadi pada waktu malam hari dan pada saat fase bulan purnama sedang terjadi. Gerhana ini terjadi dengan jangka waktu 5 sampai 6 jam.
Faktanya, ketika terjadi gerhana bulan, sebenarnya terkadang penampakan bulan masih dapat terlihat. Hal ini disebabkan karena sinar matahari yang masih tersisa, berbelok menuju arah bulan oleh atmosfer bumi. Sinar matahari yang dibelokkan itu tentu memiliki spektrum cahaya kemerahan, yang merupakan alasan mengapa saat peristiwa gerhana bulan, tampilan bulan akan terlihat lebih gelap, biasanya berwarna merah gelap, jingga atau bahkan coklat.

Untuk mengamati gerhana bulan, dapat Anda lakukan dengan mata telanjang tanpa adanya bahaya sedikit pun. Pada saat terjadi gerhana bulan, umat Islam yang melihat dan mengamati peristiwa gerhana tersebut disunnahkan untuk melakukan salat gerhana (salat khusuf).

Ketika bayangan bumi menutupi sebagai atau seluruh penampang bulan, maka pada saat itulah akan terjadi gerhana bulan. Terutama ketika bumi menempati posisi di antara matahari dan bulan, dan berada pada satu garis lurus yang sama, yang kemudian membuat sinar Matahari tidak dapat mencapai bulan karena dihalangi oleh posisi bumi saat itu.

Struktur Teks

Pernyataan Umum :
Gerhana Bulan Gerhana bulan adalah sebuah peristiwa dimana terhalangnya sebagian wajah bulan oleh bayang-bayang bumi yang membuat bulan seakan hanya separuhnya.

Urutan Sebab Akibat :
Gerhana bulan terjadi ketika bumi berada di tengah-tengah antara matahari dan bulan s/d........... tersebut disunnahkan untuk melakukan salat gerhana (salat khusuf).

Interpretasi :
-

Itulah contoh teks eksplanasi gerhana bulan beserta strukturnya, semoga dapat membantu teman-teman pelajar semuanya.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Bulan Beserta Strukturnya"

Post a Comment