Contoh Teks Editorial (Opini) Tentang Pendidikan Beserta Strukturnya

Berikut ini adalah contoh teks editorial atau tajuk rencana (opini) tentang pendidikan beserta strukturnya sebagai bahan untuk menulis tugas bahasa indonesia. Nah tanpa perlu basa basi lagi simak langsung contohnya dibawah ini
Contoh Teks Editorial (Opini) Tentang Pendidikan Beserta Strukturnya

Contoh Teks Editorial Pendidikan

Kemajuan Teknologi Pengaruhi Bahasa Indonesia

Pernyataan pendapat (tesis) :
Kemajuan teknologi informasi terutama bidang pertelevisian dan media massa lainnya menyebabkan penggunaan dan penyebaran bahasa asing tidak terelakkan. Hal ini menyebabkan terjadinya pencampuradukan bahasa asing dengan bahasa Indonesia. "Sebagai contoh dalam bahasa pergaulan, generasi muda zaman sekarang sering menggunakan bahasa yang serampangan (tidak baku) akibat pengaruh media televisi yang banyak memutar film asing," kata staf ahli peneliti Balai Bahasa Medan, Agus Mulia.

Argumentasi :
Ia mengatakan keserampangan berbahasa itu tidak terlepas dari bercampurnya bahasa asing terutama bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia. Selain itu banyak pula penutur yang menggunakan kosakata dari tiga bahasa berbeda dalam perbincangan di forum resmi.

Agar bahasa Indonesia dihargai oleh dunia internasional, menurut dia, bahasa Indonesia harus mampu bersaing dengan bahasa internasional seperti bahasa Inggris, Cina, dan Jepang. "Untuk itu harus dimulai dari pribadi masing-masing anak bangsa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar tanpa mencampuradukkannya dengan bahasa asing," katanya.

Dosen Bahasa Indonesia Fakultas Sastra Universitas Sumatera Utara (USU), Yos Rizal Maksum, mengatakan, sebagai bahasa yang berkembang, bahasa Indonesia akan terus mengalami perubahan sejalan dengan perkembangan masyarakat pemakainya. Luasnya wilayah pemakaian bahasa Indonesia dan keanekaragaman penuturnya serta cepatnya perkembangan masyarakat mendorong berkembangnya ragam bahasa Indonesia saat ini.

Penyataan/Penegasan ulang pendapat (Reiteration) :
Pengaruh bahasa asing juga dapat menambah perbendaharaan bahasa Indonesia atau yang dikenal dengan peristilahan, seperti kata-kata industri, reformasi, stagnasi, rehabilitasi. Sebelumnya kata-kata itu tidak ada dalam kosakata bahasa Indonesia tapi sekarang menjadi ada yang diserap dari bahasa asing, katanya.

Baca Juga : Contoh Teks Editorial (Opini) Tentang Kesehatan


Contoh 2
Perlukah Ujian Nasional Online Diadakan?

Pernyataan pendapat (tesis) :
Beberapa bulan lagi ujian nasional akan dilaksanakan di tingkat SD hingga SMA. Nah Kemendikbud menambahkan aturan baru yaitu pelaksanaan ujian nasional secara online di beberapa sekolah.

Dilihat dari keadaan dan situasi lapangan saat ini, rencana ini belum tepat dan perlu dipertimbangkan kembali karena permasalahan seperti infrastruktur yang belum merata dan kurangnya pengetahuan dari tenaga ahli di beberapa sekolah.

Padahal hal ini sangatlah baik. Jika pelaksanaan ujian nasional online tetap dilaksanakan, maka beberapa sekolah akan kesulitan karena tidak adanya infrastruktur yang memadai seperti komputer, akses internet, dan listrik.

Baca Juga : Contoh Teks Editorial (Opini) Tentang Lingkungan

Argumentasi :
Coba bayangkan ketika ada sebuah sekolah yang mempunyai 250 siswa yang akan mengikuti ujian nasional, maka berapa jumlah komputer yang dibutuhkan oleh pihak sekolah untuk melaksanaan ujian nasional ini.

Tentunya membutuhkan komputer yang banyak. Dan apabila tetap dipaksakan maka salah satunya yaitu dengan menggunakan komputer secara bergiliran. Tetapi hal ini rentan akan timbulnya kecurangan dalam ujian nasional.

Selain itu kurangnya tenaga ahli di beberapa sekolah juga menjadi masalah, karena pasti beberapa sekolah akan bingung dalam pelaksanaan karena tidak mengerti bagaimana melaksanakannya.

Penyataan/Penegasan ulang pendapat (Reiteration) :
Sudah semestinya jika pemerintah ingin melaksanakan ujian nasional secara online, pemerintah harus menjamin ketersediaan infrastruktur yang mendukung serta tidak terburu-buru dalam melaksanakannya.

Pemerintah juga harus melakukan sosialisasi langsung ke sekolah-sekolah yang jauh sebelum ujian nasional agar tidak menimbulkan masalah seperti yang telah diuraikan diatas.

Nah itulah contoh singkat teks editorial tentang pendidikan beserta strukturnya, semoga dapat membantu.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Contoh Teks Editorial (Opini) Tentang Pendidikan Beserta Strukturnya"

Post a Comment