Pengertian Teks Tantangan (Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contoh Teks Tantangan)

belajarmateri.com – Kali ini kita akan membahas salah satu materi mata pelajaran bahasa indonesia yaitu Teks Tantangan mulai dari pengertian, ciri, struktur teks, kaidah kebahasaan dan juga contoh singat dari teks tantangan. Semoga pembahasan kali ini dapat membantu atau menjadi referensi para pembaca dalam mengerjakan tugas atau hanya sekedar untuk menambah pengertahuan.
Pengertian Teks Tantangan (Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contoh Teks Tantangan)
Pengertian Teks Tantangan
Teks tantangan adalah sebuah teks yang isinya berupa informasi yang memuat bantahan/sanggahan terhadap suatu hal yang kontroversial yang sedang tumbuh di masyarakat yang dilengkapi dengan argumen dan data-data yang dapat memperkuat bantahan tersebut. Teks tantangan ini biasanya ada dan menjadi penyangga dalam debat.

Jadi, didalam teks nantinya terdapat beberapa sanggahan atau dalam hal ini adalah ketidak setujuan mengenai suatu hal yang sedang dibahas.  Dalam teks ini tidak hanya sanggahan saja yang diberikan, tetapi harus disertai dengan bukti-bukti atau data-data untuk memperkuat pendapat seseorang.

Ciri-Ciri Teks Tantangan
Untuk memudahkan dalam membedakan dengan teks lainnya dibawah ini merupakan beberapa ciri dari teks tantangan.
  • Strukturnya terdiri atas: Isu, Argumen (menantang), dan simpulan/saran.
  • Membuat informasi yang bersifat bantahan terhadap hal-hal kontroversial yang berkembang dimasyarakat disertai argument dan data-data yang memperkuat bantahan.
  • Ciri-ciri kebahasaan: kalimat kompleks, kata rujukan, kata hubung, pilihan kata.
Struktur Teks Tantangan
Seperti teks-teks lainnya, teks tantangan juga memiliki struktur yang membentuk sebuah teks tantangan tersebut. Yaitu :.
  • Pengantar, adalah bagian yang isinya mengenai topik yang akan disanggah atau dibantah.
  • Argumentasi, adalah bagian yang berisi bukti-bukti atau data-data untuk memperkuat suatu sanggahan.
  • Simpulan, adalah bagian yang isinya berupa penegasan bantahan yang sudah diutarakan.
Kaidah Kebahasaan Teks Tantangan
  • Kalimat Kompleks, adalah kalimat yang mempunyai lebih dari satu struktur dan satu verba.
  • Kalimat Rujukan, adalah kata yang menunjukkan rujukan sebagai pemberi informasi.
  • Kata Hubung, fungsinya untuk menghubungkan antar kata.
  • Diksi (Pemilihan Kata), penggunaan kata yang baik dan sesuai.
Contoh Teks Tantangan
Internet
Pengantar :
Internet merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mempermudah pencarian tentang informasi yang dibutuhkan yang saat ini sedang menjadi tren dan hampir digunakan oleh setiap orang. Banyak yang berpendapat bahwa internet dapat memberikan kerugian bagi banyak pihak. Hal tersebut disebabkan orang yang sudah menggunakan internet akan menjadi lupa akan waktu, dan menghabiskan kegiatannya hanya untuk berselancar didunia, baik untuk mencari informasi maupun untuk kegiatan lain.

Argumentasi :
Namun, penilaian di atas tidak sepenuhnya benar. Internet sebagai salah satu alat pembantu dalam pencarian informasi dapat membantu dan memudahkan para penggunanya untuk menemukan informasi yang dibutuhkan dalam waktu yang real time dan anda hanya butuh media untuk mengaksesnya seperti handphone dan laptop/komputer.
Jika, dulu kita selalu membaca buku/koran untuk mengetahui kondisi atau informasi tentang hal-hal baru saat ini , sekarang penggunaan internet dapat membantu dalam mengatasi kondisi tersebut. Internet dipandang lebih efektif dan efisien untuk mengetahui kondisi atau kabar dan hal-hal yang baru terjadi saat ini karena kemudahan dalam mengaksesnya. Orang tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memperoleh informasi.

Selain untuk memperoleh informasi, internet bisa digunakan untuk sarana untuk mempromosikan bisnis/usaha yang sedang dikelola dengan membagikannya dibeberapa media sosial agar jangkauan dari bisnis/usaha kita lebih dikenal luas atau mungkin anda bisa juga mendapatkan pundi-pundi penghasilan sebagai publisher iklan diblog atau dichannel youtube yang ada diinternet. Apabila anda melihat orang menggunakan internet hanya untuk mencari informasi yang berbau sara/porno hanya menggunakan media sosial saja, itu berarti orang tersebut belum paham benar tentang manfaat dari internet.

Kesimpulan :
Internet yang seharusnya bisa menjadi sarana yang menguntungkan untuk membantunya dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan, justru menjadi momok yang menakutkan untuk mengurangi kualitas diri pribadi individu.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Pengertian Teks Tantangan (Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contoh Teks Tantangan)"

Post a Comment