Pengertian Norma Menurut Para Ahli Dan Secara Umum Beserta Contohnya



belajarmateri.com – Halo para pelajar kali ini admin akan membagikan pembahasan salah satu materi mata pelajaran PKN yaitu Norma. Pembahasan Kali ini akan berfokus pada pengertian norma secara umum dan menurut para ahli beserta contoh/macam-macamnya. Simak langsung penjelasannya dibawah ini.
Pengertian Norma Menurut Para Ahli Dan Secara Umum Beserta Contohnya
Pengertian Norma
Norma atau kaidah adalah aturan yang mengatur perilaku manusia dan berlaku dalam kehidupan masyarakat. Adapun kaidah atau norma yang berlaku dalam masyarakat sangat banyak dan bervariasi. Namun, secara umum norma terdiri atas tiga macam, yaitu norma agama yang bersumber dari Tuhan, aturan yang dibuat oleh negara dan aturan yang tumbuh serta berkembang di masyarakat.

Norma bertujuan untuk memelihara menjamin kepentingan dan ketenteraman dalam masyarakat. Dalam pergaulan hidup terdapat empat norma yaitu agama, kesusilaan, kesopanan, dan hukum. Norma-norma itu memiliki sanksi bagi siapa saja yang melanggarnya. Sanksi itu akan memperkuat berlakunya norma di masyarakat.

Macam-Macam Norma Beserta Contohnya

Norma Agama
Norma agama adalah peraturan yang diterima sebagai parintah, larangan dan anjuran yang berasal dari Tuhan. Peraturan itu terkandung dalam kitab suci, yang berisi tuntutan hidup ke jalan yang benar. Norma ini bersifat umum dan universal atau berlaku bagi seluruh golongan manusia di dunia. Peraturan di dalam norma agama wajib dijalankan oleh manusia, bila dilanggar akan mendatangkan dosa. Sanksi yang dilimpahkan atas pelanggaran itu diberikan oleh Tuhan.

Contoh pelaksanaan norma agama ialah melaksanakan ibadah menurut ajaran agamanya masing-masing.

Norma Kesusilaan
Norma kesusilaan ialah peraturan yang dianggap sebagai suara hati nurani manusia. Peraturan ini menempatkan nilai-nilai sesuai dengan hakikat manusia sebagai makhluk mulia. Nilai-nilai tersebut merupakan fitrah dari Tuhan Yang Maha Esa, misalnya kasih sayang, cinta dan emosi. Dalam norma kesusilaan terdapat pula aturan-aturan seperti yang terdapat dalam norma agama. Norma ini pun bersifat umum dan universal.

Pelaksanaan norma susila antara lain berbuat jujur, tidak berbuat aib, tidak menelantarkan keluarga sendiri, menghormati orang tua dan berbuat baik terhadap sesama manusia. Bila melanggar norma ini akan mendapat aib dari masyarakat, dikucilkan, dan dianggap sebagai orang yang tidak memiliki susila.

Norma Kesopanan
Norma kesopanan ialah peraturan yang timbul dari pergaulan segolongan manusia, norma ini bersumber pada budaya masyarakat dan merupakan kebiasaan sehari-hari yang dilaksanakan secara terus menerus. Norma kesopanan bersifat khusus dan setempat. Apa yang dianggap sopan bagi masyarakat tertentu, bagi masyarakat lain mungkin tidak demikian.

Contoh pelaksanaan norma kesopanan di antaranya:
1) Tidak meludah di sembarang tempat.
2) Tidak berbusana seronok.
3) Tidak melangkahi orang yang sedang duduk.
4) Memberi tempat terlebih dulu kepada wanita hamil di dalam bus.
5) Orang muda menghormati orang yang lebih tua.

Pelanggaran terhadap norma kesopanan akan menimbulkan sanksi yaitu dikucilkan, dicap tidak sopan, dan tidak disenangi orang lain.

Norma Hukum
Norma hukum ialah aturan yang mengatur kehidupan manusia bersama dalam masyarakat, dibuat oleh penguasa negara. Isinya mengikat setiap orang. Pelanggaran terhadap aturan ini akan mendapat sanksi yang tegas dari alat-alat negara sesuai peraturan yang berlaku.

Contoh pelaksanaan norma hukum ialah hukuman mati, kurungan dan denda (hukum pidana), mengganti kerugian dalam jual beli (hukum perdata) dan persyaratan pendirian perseorangan (hukum dagang).

Norma hukum sebagai kaidah hukum bermasyarakat dan bernegara dibuat dalam bentuk tertulis dan tidak tertulis. Contoh hukum tertulis ialah Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata) serta Undang-Undang Dasar 1945. Contoh hukum tidak tertulis ialah hukum adat dan hukum kebiasaan.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Pengertian Norma Menurut Para Ahli Dan Secara Umum Beserta Contohnya"

Post a Comment