Contoh Teks Tantangan Singkat (Sampah, Rokok, Internet) Beserta Dengan Strukturnya

belajarmateri.com – Sobat pelajar sekalian setelah sebelumnya membahas mengenai teks tantangan secara umum kali ini admin akan membagikan beberapa contoh dari teks tantangan tentang gejala sosial seperti Internet, Sampah, dan Merokok semoga dapat membantu atau hanya sebagai referensi bagi para pembaca/pelajar. Tapi sebelum masuk ke contoh teks tantangan ini ada baiknya memahami terlebih dahulu materi seputar teks tantangan mulai dari pengertian, ciri-ciri dan strukturnya yang para pelajar dapat temukan disini. Teks Tantangan (Pengertian, Ciri, dan Struktur)
Contoh Teks Tantangan Singkat (Sampah, Rokok, Internet) Beserta Dengan Strukturnya
Internet
Pengantar :
Internet merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mempermudah pencarian tentang informasi yang dibutuhkan yang saat ini sedang menjadi tren dan hampir digunakan oleh setiap orang. Banyak yang berpendapat bahwa internet dapat memberikan kerugian bagi banyak pihak. Hal tersebut disebabkan orang yang sudah menggunakan internet akan menjadi lupa akan waktu, dan menghabiskan kegiatannya hanya untuk berselancar didunia, baik untuk mencari informasi maupun untuk kegiatan lain.

Argumentasi :
Namun, penilaian di atas tidak sepenuhnya benar. Internet sebagai salah satu alat pembantu dalam pencarian informasi dapat membantu dan memudahkan para penggunanya untuk menemukan informasi yang dibutuhkan dalam waktu yang real time dan anda hanya butuh media untuk mengaksesnya seperti handphone dan laptop/komputer.

Jika, dulu kita selalu membaca buku/koran untuk mengetahui kondisi atau informasi tentang hal-hal baru saat ini , sekarang penggunaan internet dapat membantu dalam mengatasi kondisi tersebut. Internet dipandang lebih efektif dan efisien untuk mengetahui kondisi atau kabar dan hal-hal yang baru terjadi saat ini karena kemudahan dalam mengaksesnya. Orang tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memperoleh informasi.

Selain untuk memperoleh informasi, internet bisa digunakan untuk sarana untuk mempromosikan bisnis/usaha yang sedang dikelola dengan membagikannya dibeberapa media sosial agar jangkauan dari bisnis/usaha kita lebih dikenal luas atau mungkin anda bisa juga mendapatkan pundi-pundi penghasilan sebagai publisher iklan diblog atau dichannel youtube yang ada diinternet. Apabila anda melihat orang menggunakan internet hanya untuk mencari informasi yang berbau sara/porno hanya menggunakan media sosial saja, itu berarti orang tersebut belum paham benar tentang manfaat dari internet.

Kesimpulan :
Internet yang seharusnya bisa menjadi sarana yang menguntungkan untuk membantunya dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan, justru menjadi momok yang menakutkan untuk mengurangi kualitas diri pribadi individu.

Baca Juga : Contoh Teks Anekdot Singkat Tema Pendidikan
Sampah
Pengantar :
Istilah sampah pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Jika mendengar istilah sampah, pasti yang terlintas dalam benak kita adalah setumpuk limbah yang menimbulkan aroma busuk yang sangat menyengat. Sampah diartikan sebagai material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses yang cenderung merusak lingkungan di sekitarnya. Dalam proses alam, sebenarnya tidak ada konsep sampah, yang ada hanya produk-produk yang dihasilkan setelah dan selama proses alam itu berlangsung.

Argumentasi :
Sampah dapat membawa dampak yang buruk pada kondisi kesehatan manusia. Bila sampah dibuang secara sembarangan atau ditumpuk tanpa ada pengelolaan yang baik, maka akan menimbulkan berbagai dampak kesehatan yang serius. Tumpukan sampah yang dibiarkan begitu saja akan mendatangkan serangga (lalat, kecoa, kutu, dan lai-lain) yang membawa kuman penyakit.

Sampah sangat berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, sampah haruslah diolah atau di daur ulang dengan baik agar tidak mencemari lingkungan dan mengganggu kesehatan manusia. Sampah yang selama ini kita buang begitu saja, ternyata masih dapat diolah kembali antara lain dalam bentuk kerajinan yang bernilai ekonomi, bercita rasa seni dan unik. Secara umum pengelolaan sampah dilakukan dalam tiga tahap kegiatan, yaitu : pengumpulan, pengangkutan, dan pembuangan akhir/pengolahan. Pada tahap pembuangan akhir/pengolahan, sampah akan mengalami proses-proses tertentu, baik secara fisik, kimiawi, maupun biologis.

Sampah yang dibuang harus dipilih sehingga tiap bagian dapat di daur ulang secara optimal. Hal ini jauh lebih baik di bandingkan membuangnya ke sistem pembuangan sampah yang tercemar. Pembuangan sampah yang tercampur dapat merusak dan mengurangi nilai material yang mungkin masih bisa dimanfaatkan dari sampah-sampah tersebut.

Sampah merupakan konsekuensi yang ada karena aktifitas manusia. Akan tetapi, manusia tidak menyadari bahwa setiap hari manusia menghasilkan sampah baik organik maupun anorganik. Kebanyakan orang tidak mau untuk mengolah sampah yang telah mereka hasilkan tersebut, karena mereka menganggap bahwa hal itu sah-sah saja untuk dilakukan.

Oleh karena itu, peran serta setiap orang sangat diperlukan dalam mengatasi masalah sampah yang tak ada hentinya ini. Kita sebagai generasi muda diharapkan untuk dapat mengolah sampah dengan baik dan benar agar tidak mencemari lingkungan.

Merokok
Pengantar :
Saat ini budaya merokok telah merambat berbagai kalangan diindonesia mulai dari kalangan anak-anak remaja dan juga wanita-wanita. Bahaya rokok dan dampak rokok bagi kesehatan memang sudah dicantumkan dalam bungkus rokok yang dijual dipasaran. Disana disebutkan bahaya rokok untuk kesehatan "bisa menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin", akan tetapi, walaupun bahaya rokok serta zat rokok yang terkandung didalamnya sudah disebutkan bungkus, masih banyak masyarakat Indonesia yang merokok aktif. Bukan saja Indonesia, bahkan dunia.

Argumentasi :
Kita prihatin dengan semakin meluasnya budaya merokok di tengah-tengah masyarakat. Sedikitnya ada dua poin yang membuat kita menundukkan kepala tanda berduka. Pertama, data yang menyatakan  jumlah perokok terbanyak di kalangan orang-orang miskin dan di negara-negara  miskin yang konon mencapai 80 persen.  Wajar saja kalau  Badan Kesehatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (WHO) mendesak agar semua negara tanpa kecuali memberlakukan larangan total terhadap segala bentuk iklan, promosi, dan sponsor rokok, demi kesehatan 1,8 miliar anak di dunia. Kedua, jumlah perokok terbesar mencapai 80 persen adalah kalangan remaja. Itu artinya, remaja kita ke depan dalam bahaya, terutama racun yang terdapat dalam rokok. Kalau tidak diantisipasi dengan cermat bisa-bisa dunia ini dipenuhi oleh generasi tidak sehat alias berpenyakit paru-paru, kanker dll. Indonesia termasuk di dalamnya.

Di Indonesia pemasaran rokok adalah pemasaran produk yang paling heboh! Gencar menyelusup kesegenap wilayah kehidupan masyarakat disemua strata. Tua, muda, miskin dan kaya bisa menikmati rokok. Hal yang biasa, produsen rokok menjadi sponsor acara musik, sehingga masyarakat, kawula muda khususnya bisa menikmati pertunjukkan musik artis idolanya dengan cuma-cuma. Sponsor acara olahraga. Meskipun didunia olahraga, merokok adalah hal yang tabu. Menjadi donatur – sponsor untuk pengelolaan, keindahan taman suatu kota, kegiatan seminar dan lain sebagainya.

Kesimpulan :
Budaya merokok merupakan budaya yang sangat buruk yang saat ini sedang berkembang dilingkungan masyarakat kita, jadi sudah menjadi keharusan bagi kita para pemuda untuk bisa nilai mana yang baik dan mana yang buruk, dan jika dilihat dari dampak yang diberikan dari merokok tidak ada dampak yang positif yang diberikannnya sehingga sudah seharusnya kita mulai program untuk berhenti merokok diseluruh indonesia bahkan dunia.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Contoh Teks Tantangan Singkat (Sampah, Rokok, Internet) Beserta Dengan Strukturnya"

Post a Comment