Contoh Teks Eksposisi Proses Singkat Bahasa Indonesia

Perhatikan beberapa contoh singkat dari teks eksposisi proses dibawah ini lengkap dengan penjelasan materi bahasa indonesia Setelah sebelumnya membahas mengenai teks paragraf eksposisi secara umum beserta dengan contohnya, kali ini saya akan membahas sedikit mengenai salah satu jenis dari teks paragraf eksposisi yaitu teks eksposisi proses.

Seperti yang diketahui bahwa tujuan dari teks eksposisi adalah untuk menjelaskan atau memaparkan segala informasi tertentu sehingga dapat menambah pengetahuan dari pembaca. Untuk Teks Paragraf Eksposisi Proses dapat didefinisikan sebagai suatu paragraf eksposisi yang memiliki maksud tentang adanya proses pembuatan, proses penggunaan atau cara untuk melakukan sesuatu
Contoh Teks Eksposisi Proses
Dibawah ini merupakan beberapa contoh dari teks eksposisi proses :

Contoh 1
Ternyata jeruk nipis bermanfaat dalam mengobati batuk. Buah ini memiliki kandungan berupa minyak asiri dan zat yang dapat bermanfaat mengendalikan otot-otot pernapasan sehingga mampu meredakan batuk. Adapun cara penggunaannya yaitu dengan cara meminum air perasan dari jeruk nipis yang dapat dicampur dengan madu, kecap atau gula sehingga rasa asamnya berkurang.

Contoh 2
Oksigen yang kita hirup ini merupakan hasil dari proses photosynthesis pada tumbuhan. Proses ini terjadi di dalam daun. Pertama-tama tumbuhan akan mengumpulkan 3 bahan utama dalam proses ini yaitu, karbon dioksida (CO2), sinar matahari dan air. Karbon dioksida (CO2) di udara bebas diserap melalui stomata yaitu alat pernafasan tumbuhan di daun, sinar matahari diserap oleh chlorophyll, zat hijau daun dan air diangkut dari dalam akar menuju daun oleh pembuluh xylem. Setelah semua bahan terkumpul barulah proses ini dimulai. Air (H2O) dan Karbon dioksida (CO2) akan dipecah oleh bantuan sinar matahari sehingga menghasilkan glukosa (C6H12O6) dan oksigen (O2). Glukosa inilah yang dipakai oleh tumbuhan sebagai makanan mereka sedangkan oksigen dilepaskan kembali ke udara.

Contoh 3
Energen, nutrisi empat sehat lima sempurna dapat disajikan dengan mudah. Tuangkan energen ke dalam gelas. Tambahkan 150 ml air hangat dan aduk hingga merata. Energen hangat siap dihidangkan.

Contoh 4
Pernahkan Anda menghadapi situasi tertentu dengan perasaan takut? Bagaimana cara mengatasinya? Di bawah ini ada lima jurus untuk mengatasi rasa takut tersebut. Pertama, persipakan diri Anda sebaik-baiknya bila menghadapi situasi atau suasana tertentu; kedua, pelajari sebaik-baiknya bila menghadapi situasi tersebut; ketiga, pupuk dan binalah rasa percaya diri; keempat, setelah timbul rasa percaya diri, pertebal keyakinan Anda; kelima, untuk menambah rasa percaya diri, kita harus menambah kecakapan atau keahlian melalui latihan atau belajar sungguh – sungguh.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Contoh Teks Eksposisi Proses Singkat Bahasa Indonesia"

Post a Comment