Contoh Teks Eksposisi Perbandingan/Pertentangan Singkat Bahasa Indonesia

Setelah sebelumnya membahas mengenai teks paragraf eksposisi secara umum beserta dengan contohnya, kali ini saya akan membahas sedikit mengenai salah satu jenis dari teks paragraf eksposisi yaitu teks eksposisi perbandingan.

Seperti yang diketahui bahwa tujuan dari teks eksposisi adalah untuk menjelaskan atau memaparkan segala informasi tertentu sehingga dapat menambah pengetahuan dari pembaca. Untuk Teks Paragraf Eksposisi Perbandingan dapat didefinisikan sebagai suatu paragraf eksposisi yang berisi mengenai penjelasan ide pada sebuah kalimat utama dengan melakukan perbandingan dengan hal yang lainnya.
Contoh Teks Eksposisi Perbandingan/Pertentangan

Dibawah ini merupakan beberapa contoh dari teks eksposisi perbandingan :

Contoh 1
Tinju bukanlah jenis olah raga yang banyak peminatnya, yang banyak adalah penggemarnya. Berbeda dengan olah raga jalan kaki, peminatnya banyak, penggemarnya sedikit. Karena, tidak ada orang yang menonton orang lain berjalan kaki.

Baca Juga : Contoh Teks Editorial Pendidikan


Contoh 2
Sebenarnya, bukan hanya ITS yang menawarkan rumah instan sehat untuk Aceh atau dikenal dengan Rumah ITS untuk Aceh (RI-A). Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman Departemen Pekerjaan Umum juga menawarkan “Risha” alias Rumah Instan Sederhana Sehat. Modelnya hampir sama, gampang dibongkar- pasang, bahkan motonya “Pagi Pesan, Sore Huni”. Bedanya, sistem struktur dan konstruksi Risha memungkinkan rumah ini berbentuk panggung. Harga Risha sedikit lebih mahal, Rp 20 juta untuk tipe 36. akan tetapi, usianya dapat mencapai 50 tahun karena komponen struktur memakai beton bertulang, diperkuat pelat baja di bagian sambungannya. Kekuatannya terhadap gempa juga telah diuji di laboratorium sampai zonasi enam.

Contoh 3
Orang yang gemar bersepeda, pada umumnya ialah orang-orang yang suka pada alam. Sebaliknya, orang yang tak pernah bersepeda kebanyakan orang kota yang ke mana-mana terbiasa naik mobil nyaman. Mereka akan menggerutu jika menemui jalan sempit di desa- desa.

Baca Juga : Contoh Teks Editorial Lingkungan

Contoh 4
Hukum yang ada di Indonesia ibarat sebuah pisau, dimana tajam ke bawah, namun tumpul ke atas. Pencuri sandal diancam hukuman penjara 5 tahun. Sebaliknya, koruptor yang telah merugikan uang negara hanya dihukum 1 tahun penjara.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Contoh Teks Eksposisi Perbandingan/Pertentangan Singkat Bahasa Indonesia"

Post a Comment