Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi Singkat Bahasa Indonesia

Setelah sebelumnya membahas mengenai teks paragraf eksposisi secara umum beserta dengan contohnya, kali ini saya akan membahas sedikit mengenai salah satu jenis dari teks paragraf eksposisi yaitu teks eksposisi klasifikasi.

Seperti yang diketahui bahwa tujuan dari teks eksposisi adalah untuk menjelaskan atau memaparkan segala informasi tertentu sehingga dapat menambah pengetahuan dari pembaca. Untuk Teks Paragraf Eksposisi Klasifikasi dapat didefinisikan sebagai paragraf eksposisi yang memiliki isi tentang pengelompokan terhadap sesuatu
Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi
Dibawah ini merupakan beberapa contoh dari teks eksposisi klasifikasi :

Contoh 1
Mengacu dari sifatnya, sampah bisa dikelompokkan menjadi dua jenis. Sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah untuk membusuk seperti kertas, plastik pembungkus makanan dan botol. Kemudian Sampah organik adalah sampah yang sangat mudah membusuk seperti sayuran, sisa makanan, daun dan lain-lain.

Contoh 2
Pemerintah akan memberikan bantuan pembangunan rumah atau bangunan kepada korban gempa. Bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut disesuaikan dengan tingkat kerusakannya. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapat bantuan sekitar 10 juta. Warga yang rumahnya rusak sedang mendapat bantuan sekitar 20 juta. Warga yang rumahnya rusak berat mendapat bantuan sekitar 30 juta. Calon penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dengan pengawasan dari pihak LSM.

Contoh 3
Sistem penamaan jenis-jenis kritik sastra bervariasi, bergantung pada pendekatan yang digunakan. Pendekatan moral menekankan pertalian karya sastra dengan wawasan moral dan agama. Pendekatan historis, bekerja atas dasar lingkungan karya sastra berkaitan dengan fakta-fakta dari zaman dan hidup pengarang. Pendekatan impresionistik, yang menjadi ciri khas aliran sastra romantik, menekankan efek personil karya sastra pada kritikusnya.

Contoh 4
Ada beberapa jenis produk jusnalistik, yaitu surat kabar, tabloid, majalah, buletin atau berkala lainnya seperti radio, televisi, dan media on line di internet. Namun, tidak setiap surat kabar disebut produk jurnalistik. Surat kabar, tabloit, majalah, dan buletin dapat digolongkan menjadi tiga kelompok besar, yaitu 1. Berita, opini, dan iklan. Dari ketiga kelompok besar itu, hanya berita dan opini yang dapat disebut sebagai produk jurnalistik. Iklan bukalah produk jurnalistik, walaupun teknik yang digunakan merujuk pada teknik jurnalistik.

Berita dikelompokkan menjadi 6 kelompok, meliputi berita langsung, berita menyeluruh, berita mendalam, pelaporan mendalam, berita penyelidikan, berita khas bercerita, dan berita gambar. Adapun opini dikelompokkan menjadi 7 kelompok, yaitu tajuk rencana, karikatur, pojok, artikel, kolom, esai, dan surat pembaca. Sedangkan kelompok iklan dikelompokkan menjadi 2 berdasarkan jenis dan sifat iklan. Seperti, iklan produk barang dan jasa, iklan keluarga, dan iklan layanan masyarakat.

Untuk memisahkan secara tegas antara berita dan opini, maka dibutlah satu halaman khusus yang memuat semua opini tersebut. Pemisahan secara tegas antara berita dan opini dilakukan berdasarkan konsekuensi dari norma dan etika luhur jurnalistik yang tidak menghendaki berita sebagai fakta objektif, diwarnai atau dibaurkan dengan opini sebagai pandangan subjektif.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi Singkat Bahasa Indonesia"

Post a Comment