Contoh Teks Eksposisi Berita Singkat Bahasa Indonesia

Setelah sebelumnya membahas mengenai teks paragraf eksposisi secara umum beserta dengan contohnya, kali ini saya akan membahas sedikit mengenai salah satu jenis dari teks paragraf eksposisi yaitu teks eksposisi berita.

Seperti yang diketahui bahwa tujuan dari teks eksposisi adalah untuk menjelaskan atau memaparkan segala informasi tertentu sehingga dapat menambah pengetahuan dari pembaca. Untuk Teks Paragraf Eksposisi Berita dapat didefinisikan sebagai paragraf eksposisi yang berisi mengenai berita peristiwa yang tertentu.
Contoh Teks Eksposisi Berita Singkat
Dibawah ini merupakan beberapa contoh dari teks paragraf eksposisi berita :

Contoh 1
Para pedagang daging sapi di pasar-pasar tradisional mengeluhkan dampak pemberitaan mengenai impor daging ilegal. Sebab, hampir seminggu terakhir mereka kehilangan pembeli sampai 70 persen. Sebaliknya, permintaan terhadap daging ayam dan telur kini melejit sehingga harganya meningkat.

Contoh 2
Sebenarnya, bukan hanya ITS yang menawarkan rumah instan sehat untuk Aceh atau dikenal dengan Rumah ITS untuk Aceh (RI-A). Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman Departemen Pekerjaan Umum juga menawarkan Risha alias Rumah Instan Sederhana Sehat. Modelnya hampir sama, gampang dibongkar-pasang, bahkan motonya Pagi Pesan, Sore Huni. Bedanya, sistem struktur dan konstruksi Risha memungkinkan rumah ini berbentuk panggung. Harga Risha sedikit lebih mahal, Rp 20 juta untuk tipe 36. akan tetapi, usianya dapat mencapai 50 tahun karena komponen struktur memakai beton bertulang, diperkuat pelat baja di bagian sambungannya. Kekuatannya terhadap gempa juga telah diuji di laboratorium sampai zonasi enam.

Contoh 3
Bencana longsor yang terjadi di kampung Cibitung, Kecamatan Panggelangan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada hari selasa, 12 April 2015, pukul 14.00 wib menimbulkan kerusakan yang sangat parah. Longsor tersebut telah menimbun ratusan rumah dan perkebunan yang ada di sana. Longsor ini terjadi akibat dari hujan deras yang terjadi selama 4 hari sebelumnya. Hujan deras itu menyebabkan tanah di perbukitan ikut tergerus dan longsor. Nahasnya, ribuan kubik tanah yang longsor itu meluncur menghantam pipa panas bumi Star Energi Geothermal sehingga menimbulkan ledakan yang sangat keras. Akibatnya, 4 korban meninggal dunia, 14 orang menghilang dan diperkirakan masih tertimbun di dalam tanah, dan ratusan orang mengalami luka ringan dan berat. Korban luka tersebut telah dirawat di rumah sakit setempat. Hingga saat ini team evakuasi sedang mencari korban yang masih hilang dengan cara menggali tempat-tempat yang diyakini masih terdapat korban. Sebenarnya, bencana ini sudah diperkirakan sebelumnya. Pemerintah pun telah merencanakan untuk merelokasi warga sekitar. Namun, rencana ini batal akibat dari ketiadaan tempat untuk menampung warga sekitar sehingga terjadilah bencana yang sangat mengerikan ini.

Contoh 4
Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, menggelar pemilihan ulang pada Sabtu, (12/12/2015), menyusul temuan pelanggaran saat tanggal 9 Desember lalu.
Sebanyak 549 pemilih di TPS 3 di salah satu kelurahan di Kecamatan Poso Kota Utara memilih ulang.
Panwaslu Kabupaten Poso mengatakan pemilihan ulang diputuskan setelah ada pelanggaran oleh salah seorang pemilih yang menerima lebih dari 1 surat suara
Dalam pemilihan ulang penyelenggara juga mengganti ketua dan seluruh anggota KPPS. Pelaksanaan pemilihan ulang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Poso yang di ikuti 4 pasangan berjalan dengan lancar dengan penjagaan dari aparat kepolisian.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Contoh Teks Eksposisi Berita Singkat Bahasa Indonesia"

Post a Comment