Contoh Teks Eksposisi Analisis/Analitik Singkat Bahasa Indonesia

Setelah sebelumnya membahas mengenai teks paragraf eksposisi secara umum beserta dengan contohnya, kali ini saya akan membahas sedikit mengenai salah satu jenis dari teks paragraf eksposisi yaitu teks eksposisi analisis.

Seperti yang diketahui bahwa tujuan dari teks eksposisi adalah untuk menjelaskan atau memaparkan segala informasi tertentu sehingga dapat menambah pengetahuan dari pembaca. Untuk Teks Paragraf Eksposisi Analisis dapat didefinisikan sebagai suatu paragraf eksposisi yang berisi proses memisah- misahkan suatu masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa subbagian, kemudian masing- masing dikembangkan secara berurutan
Contoh Teks Eksposisi Analisis
Dibawah ini merupakan beberapa contoh dari teks eksposisi analisis :

Contoh 1
Berbagai teori dikemukakan untuk mencari latar belakang kematian Merilyn Monroe. Ada yang berpendapat dia diancam oleh mafia. Seorang detektif memperkirakan, Merilyn pernah berhubungan dengan J.F. Kennedy. Dia dibunuh untuk menutupi kejadian yang dapat merusak nama baik tokoh penting AS tersebut.

Contoh 2
Remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak ke masa awal dewasa. Usia remaja berada pada kisaran usia 10 tahun sampai dengan 21 tahun. Pada masa itu remaja sedang mencari identitas dirinya. Oleh karena itu, remaja harus mendapat pendidikan karakter agar dapat mengarahkan minatnya pada kegiatan-kegiatan positif. Pendidikan karakter yang dapat diberikan pada remaja, antara lain, berperilaku jujur, kreatif, percaya diri, santun, dan peduli.    

Remaja mengalami gejolak emosi karena perubahan berat dan tinggi badan yang berpengaruh juga pada perkembangan psikisnya. Pada masa gejolak itu merupakan masa sulit sehingga remaja memerlukan pengendalian diri yang kuat ketika berada di sekolah, di rumah, dan di lingkungan masyarakat. Dalam keadaan seperti ini, remaja membutuhkan orang dewasa untuk mengarahkan dirinya. Untuk itu, agar tidak terjerumus pada hal-hal negatif remaja harus mempunyai pendidikan karakter.

Baca Juga : Contoh Teks Prosedur Kompleks Membuat Nasi Goreng

Pendidikan karakter ini dapat membentuk remaja menjadi berprestasi. Di dalam pendidikan karakter mereka diajari nilai religius yang menguraikan kebaikan agar remaja tumbuh sebagai manusia yang peka pada lingkungan sosial. Di samping itu, mereka diajari juga nilai toleransi dan nilai cinta damai atau nilai-nilai kemanusiaan yang membentuk remaja mempunyai sifat pengasih berbudi pekerti, dan cinta damai. Dalam pendidikan karakter itu mereka diajari juga nilai suka bekerja keras, kreatif, mandiri, dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi yang dapat menjadikan remaja sebagai orang yang berprestasi.      

Dengan demikian, nilai-nilai positif dalam pendidikan karakter itu dapat membentuk remaja yang unggul. Mereka akan bisa bersaing baik di tingkat nasional maupun tingkat internasional. Dengan begitu, remaja yang memiliki karakter kuat akan tumbuh sebagai remaja yang unggul dan dibanggakan karena sehat secara fisik,stabil dalam emosi, dan intelektualnya berkembang baik.


Contoh 3
Kafein merupakan senyawa alkaloid, utamanya terdapat dalam teh (1% - 4,8%), kopi (1% - 1,5%), dan biji kola (2,7% - 3,6%). Selain terkandung dalam bahan alami, kafein juga bisa dibuat secara semisintetis. Kafein dalam kopi, teh dan minuman bersoda memang dapat memberikan kesegaran sekejap. Namun kita harus berhati hati karena kafein dapat berdampak buruk bagi tubuh.
Pertama, kafein dapat menimbulkan reaksi yang tidak dikehendaki, seperti insomnia, gelisah, pernapasan meningkat, tremor otot dan ketagihan ringan. Kafein juga dapat menggangu fungsi nutrisi penguat otak, seperti vitamin B1, kalsium dan zat besi.

Selain itu, kandungan kafein di dalam kopi dapat menyebabkan sering buang air kecil, hal ini bila tidak disertai dengan minum air putih, dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi, bila ini berlangsung dalam periode panjang, dapat berdampak buruk bagi tubuh anda.

Dan juga minum kopi saat pagi hari waktu anda bangun tidur dapat menggangu sistem pembersihan tubuh di dalam pencernaan anda. Layaknya yang kita kenali tubuh kita melakukan system detoksifikasi sangat baik saat kita tengah tidur di malam hari, serta waktu bangun tidur di pagi hari.

Untuk mempercepat system itu kita dapat memberikan asupan nutrisi yang lengkap untuk sarapan. Namun jika kita meminum kopi, maka kandungan kafein di dalam kopi dapat menghentikan pengeluaran racun tersebut. Jika kebiasaan ini terus diulang selama beberapa tahun, berapakah banyak racun yang semestinya kita keluarkan terus tersimpan di dalam tubuh.

Sebuah Penelitian di Amerika tentang pengaruh kafein terhadap pelajar berdampak negatif bagi pelajar. Penelitian yang melibatkan 1500 pelajar itu menunjukkan bahwa mereka yang meminum secangkir kopi atau lebih perhari akan  menderita depresi dan kegelisahan yang tinggi dibandingkan yang tidak meminum kopi.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Contoh Teks Eksposisi Analisis/Analitik Singkat Bahasa Indonesia"

Post a Comment