Sekilas Mengenai Sejarah Lahirnya Hari Bangunan Indonesia

PT Indocement Tunggal Perkasa Tbk, menggandeng tujuh inisiator tokoh konstruksi Indonesia untuk mendeklarasikan 11 November menjadi Hari Bangunan Indonesia. Ketujuh tokoh tersebut adalah Dradjat Hoedajanto (Ketua Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia), Eddy Hussy (Ketua Umum DPP Real Estat Indonesia), Han Awal (budayawan), Munichy B Edrees (Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia), Siti Adiningsih Adiwoso (Ketua Green Building Council Indonesia), Wilfred A Sangkali (Ketua Asosiasi Precast Indonesia), dan Wiratman Wangsadinata (pakar konstruksi).
Hari Bangunan Indonesia ini merupakan gagasan yang diinisiasi oleh Fransiscus Welirang (pelaku usaha), Daniel K. Adam (Direktur Indocement), dan Handi Irawan (CEO Frontier Consulting Group). Bersama dengan tujuh tokoh konstruksi nasional, mereka berkesimpulan bahwa gagasan tersebut dapat dijadikan momentum yang sangat baik bagi Pembangunan Nasional.

Tanggal 11 November dipilih karena semua angka pada hari itu adalah satu. Angka satu tersebut dapat dipahami sebagai simbol pilar-pilar yang menopang kokohnya sebuah bangunan. Selain itu, tanggal yang jatuh pada akhir tahun ini, bisa dijadikan momentum untuk mengevaluasi perkembangan bangunan selama setahun.

Direktur Utama Indocement, Christian Kartawijaya, mengatakan momentum ini juga sejalan dengan apresiasi Indocement terhadap industri, khususnya kontraktor. Juga terhadap para penggiat konstruksi yang dapat memberikan produk dan pelayanan lebih berkualitas bagi masyarakat.

“Hari ini didedikasikan kepada kontraktor serta insan industri properti lainnya yang menunjukkan kinerja bagus. Hasil yang menggembirakan karena terbukti masyarakat Indonesia sangat kreatif,” tutur Christian saat Pendeklarasian Hari Bangunan Indonesia, di Hotel Mulia, Jakarta pertengahan November.

Sementara itu, dalam sambutannya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono menegaskan apresiasinya dalam mendukung gerakan tersebut. Sebab, Indonesia memiliki sejarah yang panjang dalam bentuk kota wisatanya. Dengan begitu, melalui HBI ini, diharapkan ke depan Indonesia memiliki pembangunan konstruksi massif yang lebih berkualitas.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Sekilas Mengenai Sejarah Lahirnya Hari Bangunan Indonesia"

Post a Comment