Mekanisme Pendorong Solution Gas Drive

Mekanisme Pendorong Reservoir adalah tenaga pendorong alami yang telah ada didalam reservoir yang dimana tenaga pendorong ini akan menyuplai sebagian besar dari tekanan yang diberikan untuk membantu menaikkan fluida reservoir ke permukaan.

Adapun contoh mekanisme pendorong sebagai berikut : Water DriveGas Cap DriveSolution Gas DriveSegregetion Drive, dan Combinasi Drive.
Solution Gas Drive
Solution gas drive adalah mekanisme pendorong yang disebabkan oleh karena energi pendesak minyaknya adalah terutama dari perubahan fasa pada hidrokarbon-hidrokarbon ringannya yang semula merupakan fasa cair menjadi gas. Kemudian gas yang terbentuk ini ikut mendesak minyak ke sumur produksinya pada saat penurunan tekanan reservoir karena produksi tersebut.
Solution Gas Drive
Karakteristik Solution Gas Drive
  • Pada awal produksi, karena gas yang dibebaskan dari minyak masih terperangkap pada sela-sela pori batuan, maka gas oil ratio produksi akan lebih kecil jika dibandingkan dengan gas oil ratio reservoir.
  • Gas oil ratio produksi akan bertambah  besar bila gas pada saluran pori-pori tersebut mulai bisa mengalir, hal ini terus-menerus berlangsung hingga tekanan reservoir menjadi rendah. 
  • Bila tekanan telah cukup rendah maka gas oil ratio akan menjadi berkurang sebab volume gas di dalam reservoir tinggal sedikit. 

Solution Gas Drive
  • Recovery yang mungkin diperoleh sekitar 5 - 30 %. Dengan demikian untuk reservoir jenis ini pada tahap teknik produksi primernya akan meninggalkan residual oil yang cukup besar. 
  • Produksi air hampir-hampir tidak ada karena reservoirnya terisolir, sehingga meskipun terdapat connate water tetapi hampir-hampir tidak dapat terproduksi.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Mekanisme Pendorong Solution Gas Drive"

Post a Comment