Mekanisme Pendorong Gas Cap Drive

Mekanisme Pendorong Reservoir adalah tenaga pendorong alami yang telah ada didalam reservoir yang dimana tenaga pendorong ini akan menyuplai sebagian besar dari tekanan yang diberikan untuk membantu menaikkan fluida reservoir ke permukaan.

Adapun contoh mekanisme pendorong sebagai berikut : Water DriveGas Cap DriveSolution Gas DriveSegregetion Drive, dan Combinasi Drive.

Gas Cap Drive
Dalam beberapa tempat dimana terakumulasinya minyak bumi, kadang-kadang pada kondisi reservoirnya komponen-komponen ringan dan menengah dari minyak bumi tersebut membentuk suatu fasa gas. 
Gas bebas ini kemudian melepaskan diri dari minyaknya dan menempati bagian atas dari reservoir itu membentuk suatu tudung. Hal ini bisa merupakan suatu energi pendesak untuk mendorong minyak bumi dari reservoir ke lubang sumur dan mengangkatnya ke permukaan. 
Bila reservoir ini dikelilingi suatu batuan yang merupakan perangkap, maka energi pendorong yang menggerakkan minyak ini berasal dari dua sumber, yaitu ekspansi gas cap dan ekspansi gas yang terlarut lalu melepaskan diri.

Karakteristik Gas Cap Drive
Gas Cap Drive
  • Mekanisme yang terjadi pada gas cap reservoir ini adalah minyak pertama kali diproduksikan, permukaan antara minyak dan gas akan turun, gas cap akan berkembang ke bawah selama produksi berlangsung. 
  • Untuk jenis reservoir ini, umumnya tekanan reservoir akan lebih konstan jika dibandingkan dengan solution gas drive. Hal ini disebabkan bila volume gas cap drive telah demikian besar, maka tekanan minyak akan jadi berkurang dan gas yang terlarut dalam minyak akan melepaskan diri

Gas Cap Drive
  • Kenaikan gas oil ratio juga sejalan dengan pergerakan oil ke permukaan, air hampir-hampir tidak diproduksikan sama sekali. 
  • Karena tekanan reservoir relatip kecil penurunannya, juga minyak berada di dalam reservoirnya akan terus semakin ringan dan mengalir dengan baik, maka untuk reservoir jenis ini akan mempunyai umur dan recovery sekitar 20 - 40 %, yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis solution gas drive. Sehingga residu oil yang masih tertinggal di dalam reservoir ketika lapangan ini ditutup adalah lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis solution gas drive

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Mekanisme Pendorong Gas Cap Drive "

Post a Comment