Mekanisme Pendorong Combination Drive

Mekanisme Pendorong Reservoir adalah tenaga pendorong alami yang telah ada didalam reservoir yang dimana tenaga pendorong ini akan menyuplai sebagian besar dari tekanan yang diberikan untuk membantu menaikkan fluida reservoir ke permukaan.

Adapun contoh mekanisme pendorong sebagai berikut : Water DriveGas Cap DriveSolution Gas DriveSegregetion Drive, dan Combinasi Drive.
Combination Drive
Kombinasi yang umum dijumpai adalah antara gas cap drive dengan water drive. Sehingga sifat-sifat reservoirnya jadi lebih kompleks jika dibandingkan dengan energi pendorong tunggal
Untuk reservoir minyak jenis ini, maka gas yang terdapat pada gas cap akan mendesak kedalam formasi minyak, demikian pula dengan air yang berada pada bagian bawah dari reservoir tersebut. Pada saat produksi minyak tidak sempat berubah fasa menjadi gas sebab tekanan reservoir masih cukup tinggi karena dikontrol oleh tekanan gas dari atas dan air dari bawah. Dengan demikian peristiwa depletion untuk reservoir jenis ini dikatakan tidak ada, sehingga minyak yang masih tersisa di dalam reservoir semakin kecil karena recovery minyaknya tinggi dan efesiensi produksinya lebih tinggi.
Combination Drive
Kelakuan dari combination drive dengan water drive yang lemah dan tidak ada tudung gas pada reservoirnya. 
Gas oil ratio yang konstan pada awal produksi dimungkinkan bahwa tekanan reservoir masih di atas tekanan jenuh. Di bawah tekanan jenuh, gas akan bebas sehingga gas oil ratio akan naik.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Mekanisme Pendorong Combination Drive"

Post a Comment