Sekilas Tentang Hari Guru Nasional 25 November

Halo para pembaca belajarmateri.com dalam waktu dekat ini kita akan merayakan hari guru nasional yang jatuhnya tepat tanggal 25 november nanti. Nah, sebelum ngerayain hari guru nasional disekolah masing masing dan dengan guru-guru favorit kalian disekolah ada baiknya kita simak dulu sejarah seputar tanggal 25 november yang dinobatkan sebagai hari guru nasional dan ada juga info seputar perayaan hari guru nasional tahun ini.
Hari Guru Nasional diperingati bersama hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Hari Guru Nasional bukan hari libur resmi, dan dirayakan dalam bentuk upacara peringatan di sekolah-sekolah dan pemberian tanda jasa bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Guru di Indonesia dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.
Perkumpulan guru sejak pemerintahan Belanda
Nah ternyata Hari Guru Nasional ini sudah dicetuskan sejak tahun 1994 lalu dengan tertulisnya keputusan presiden, yaitu Kepres No. 78 Tahun 1994 dan juga ditulis di UU No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen yang menetapkan tanggal 25 November merupakan hari guru nasional yang diperingati bersamaan dengan ulang tahun PGRI. Hari Guru Nasional ini diperingati setiap tanggal 25 November setiap tahunnya namun sayangnya pada hari itu nggak ada peringatan khusus di hari penting ini. Maka dari itu, wajar aja kalau banyak orang yang belum tahu banyak tentang hari nasional ini.

Terbentuknya Persatuan Guru Indonesia
Lalu, hari guru ini tercetus sejak 2 bulan setelah kemerdekaan Indonesia, yakni tanggal 24 sampai 25 November 1945. Para guru membentuk kongres guru untuk mendukung kemerdekaan Indonesia di kota Surakarta. Kongres ini merupakan tempat berkumpulnya para guru yang berjuang mempertahankan pendidikan di Indonesia ditengah penjajahan. Mereka adalah guru yang masih aktif mengajar, pensiunan para pejuang, pegawai pendidikan dan lainnya.

Lahirnya Hari Guru Nasional
Lalu, pada tanggal 25 November 1945 mereka menyebutnya dengan nama PGRI atau Persatuan Guru Republik Indonesia. Sayangnya, belum ada keputusan resmi dari para pemerintah saat itu untuk menjadikan sebagai hari resmi nasional. Hingga pada tahun 1994, di situs resmi PGRI ini tercetuslah hari guru nasional yang diperingati setiap tanggal 25 November. Tercetusnya hari guru ini karena untuk mengenang jasa dan perjuangan para guru memperjuangkan pendidikan rakyat Indonesia dan kemerdekaan Indonesia.

Hari guru nasional ini dicetuskan karena para guru yang berjuang demi pendidikan Indonesia. Mereka bahkan rela kurang diperhatikan oleh pemerintah agar rakyat Indonesia dapat mengenyam bangku pendidikan yang layak. Terima kasih, Guru sang pahlawan tanpa tanda jasa!
Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2016
Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2016 akan diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta asosiasi profesi guru, yaitu Asosiasi profesi guru tersebut antara lain Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Federasi Guru Independen Indonesia (FGII), dan Persatuan Guru Nahdatul Ulama (Pergunu).

Tema peringatan Hari Guru Nasional tahun ini adalah “Guru dan Tenaga Kependidikan Mulia Karena Karya” yang dinilai sangat relevan dengan kebijakan pemerintah untuk menghargai profesi guru dan tenaga kependidikan menuju masyarakat Indonesia yang adil, makmur, dan beradab, di tengah-tengah percaturan kehidupan masyarakat global.

Menurut Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud, Sumarna Surapranata persiapan telah di lakukan bersama. “ Kami sudah bertemu semua organisasi profesi guru sebanyak enam kali untuk mempersiapkan peringatan Hari Guru nasional tahun ini,” ujar Sumarna.

Kegiatan peringatan Hari Guru Nasional 2016, akan dilaksanakan mulai tanggal 20 November 2016 hingga puncak acara tanggal 27 November di Sentul Internasional Convention Center SICC, Sentul Bogor. Dengan rangkaian kegiatan seperti, Gerak jalan sehat , ziarah ke Taman Makam Pahlawan kalibata, upacara bendera, simposium guru dan tenaga kependidikan dengan organisasi profesi guru. Rencananya Presiden Joko Widodo akan hadir di puncak acara, dengan sejumlah perserta sekitar sepuluh ribu guru.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Sekilas Tentang Hari Guru Nasional 25 November"

Post a Comment