Fungsi Manifold Dalam Perminyakan

Halo kawan kali ini admin akan membagikan info tentang manifold beserta fungsinya dan jenisnya dalam dunia perminyakan. Manifold adalah pipa yang digunakan untuk mengatur aliran dari kepala sumur.  Untuk suatu lapangan minyak yang terdiri dari banyak sumur, maka minyak yang keluar dari kepala sumur perlu dikumpulkan dulu ke suatu tempat pemusatan sumur (well centre), tempat inilah yang dinamakan dengan manifold. 

Dasar pengelompokan sumur ini adalah sebagai berikut :
Kapasitas produksi masing-masing sumur
Tekanan masing-masing sumur
GOR sumur
Ada tidaknya kandungan material produksi sumur dan 
Sifat-sifat fisik dan kimia fluida sumur.
manifold
Sistem Manifold
Pada sistem manifold terdapat header manifold yang merupakan rangkaian kelanjutan dari sistem manifold itu sendiri. Secara lengkap header dapat terdiri dari produksi header, test header dan beberapa valve untuk keperluan produksi. Dari rangkaian manifold biasanya terdapat beberapa jenis header yang sesuai dengan karakteristik yang diproduksikan. Adapun jenisnya ini antara lain : 

a.Low Pressure Header
Low pressure header ini digunakan untuk sumur-sumur yang bertekanan rendah dengan demikian tekanan sumur juga kecil. Untuk jumlah produksi dan GOR yang sama, peralatan low pressure header ini akan lebih besar dibandingkan dengan peralatan high pressure header.

b.High Pressure Header
Header ini digunakan untuk sumur-sumur yang mempunyai tekanan aliran yang tinggi, demikian juga jenis pipa yang digunakan harus mempunyai grade dan ketebalan yang cukup baik, sehingga dapat digunakan untuk menahan tekanan yang terjadi pada header.

c.Test Header
Pada aliran di dalam pipa secara periodik, dilakukan test aliran dari tiap-tiap sumur dan biasanya dilakukan pada block station dan header yang digunakan adalah test header. Dengan demikian fungsi dari test header ini adalah mengalirkan fluida produksi ke peralatan test produksi.
header manifold
Header Manifold

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Fungsi Manifold Dalam Perminyakan"

Post a Comment