Formation Damage, Lost Circulation, Pipe Sticking

Saat melakukan operasi pemboran pasti akan terjadi kendala diantaranya ada formation damage,lost circulation dan pipe sticking.

Formation Damage
Terjadinya invasi mud filtrat ke dalam formasi produktif yang mengandung clay (formasi shale) akan mengakibatkan terjadinya hidrasi air dan clay sehingga terjadi pembengkakan (swelling) dari partikel-partikel clay tersebut. Keadaan tersebut mengakibatkan wellbore damage (formation damage), yaitu pengurangan permeabilitas dari formasi produktif disebabkan berubahnya sifat-sifat fisik batuan reservoir karena swelling tadi di daerah formasi produktif.

Lost Circulation
Sebagaimana diketahui lost circulation adalah hilangnya semua atau sebagian lumpur dalam sirkulasinya dan masuk ke formasi. Penyebab lost circulation adalah adanya celah terbuka yang cukup besar di dalam lubang bor, yang memungkinkan lumpur untuk mengalir ke dalam formasi, dan tekanan di dalam lubang lebih besar dari tekanan formasi. Celah tersebut dapat terjadi secara alami dalam formasi yang fracture, unconsolidate, atau tekanan yang terlalu besar.

Pipe Sticking
Masalah yang timbul karena pengangkatan cutting yang kurang sempurna adalah differential pipe sticking, dimana cutting yanag mengendap akan menutupi permukaan pipa. Penyebab pipe sticking yaitu :
• Formasi porous dan permeable
• Lumpur kurang stabil (water loss tinggi, mud cake tebal)

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Formation Damage, Lost Circulation, Pipe Sticking"

Post a Comment