Cadangan Terbukti (Proved Reserves) Dalam Perminyakan

Proved reserves atau cadangan terbukti adalah jumlah hidrokarbon yang berdasarkan data geologi dan data keteknikan (engineering) dapat diperkirakan dengan tingkat kepastian yang pantas (reasonable) dan dapat diambil dengan menggunakan teknologi yang ada pada suatu saat dalam keadaan ekonomi dan dengan peraturan pemerintah yang berlaku pada saat yang sama. Secara umum, suatu cadangan dapat dikatakan sebagai proved apabila produktivitas komersial dari reservoir didukung oleh data produksi aktual atau oleh data hasil pengujian formasi. Pada kasus tertentu, cadangan terbukti harus ditentukan berdasarkan kombinasi data seperti analisis core, analisis log, atau pengujian lainnya yang dapat secara jelas memberikan indikasi bahwa reservoir tersebut produktif.
Suatu areal reservoir yang dapat dipertimbangkan sebagai proved yaitu  meliputi :
  • Daerah yang telah delineated oleh pemboran dan, jika ada, dengan batas fluida yang jelas. Jika tidak ada batas fluida, maka volume hidrokarbon terbukti didasarkan pada lokasi hidrokarbon terbawah yang diketahui (the lowest known occurrence).
  • Daerah yang belum dibor namun berdasarkan data geologi dan data keteknikan terbukti sebagai daerah produktif dan bernilai komersial.

Jika metode perhitungan dilakukan dengan metode deterministik, maka istilah reasonable berarti mempunyai tingkat kepercayaan yang tinggi bahwa jumlah hidrokarbon tersebut dapat diambil. Sedangkan jika menggunakan metode probabilistik, maka tingkat kepercayaan minimum adalah 80%.

Berdasarkan status produksi, cadangan terbukti dikelompokkan menjadi :
  • Proved developed, yaitu untuk daerah dimana instalasi fasilitas produksi dan transportasi sudah pasti dapat dilakukan. Dalam kelompok ini reservoir dapat sedang/telah diproduksikan (producing) dari interval kedalaman tertentu atau belum/akan diproduksikan (non-producing) misalnya dalam keadaan shut-in atau jika sumur yang ada tidak mampu berproduksi karena alasan mekanis.
  • Proved undeveloped, yaitu untuk daerah dimana lokasinya berada dalam atau berbatasan langsung dengan daerah proved producing atau masih dapat dikembangkan dengan menambah sumur dengan well spacing tertentu atau dapat dikembangkan dengan memperdalam sumur atau karena secara ekonomis memerlukan biaya yang lebih tinggi untuk penyelesaian sumur dan instalasi peralatan produksi.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Cadangan Terbukti (Proved Reserves) Dalam Perminyakan"

Post a Comment