Cara dan Teknik Membaca Cepat

Membaca dengan teknik cepat termasuk dalam jenis membaca ekstensif. Kegiatan membaca suatu teks dengan teknik cepat hanya digunakan untuk memahami bacaan-bacaan yang ringan saja dan tidak memerlukan pemahaman yang mendalam. Apa saja bacaan yang dapat dibaca dengan teknik cepat? Bacaan yang cocok untuk teknik cepat antara lain cerpen, novel, artikel, atau bacaan yang ringan dan tidak memerlukan pemahaman yang mendalam.
Teknik Membaca Cepat
Agar kamu dapat membaca dengan waktu yang singkat dengan teknik cepat, perhatikan langkah langkah berikut ini.
a. Lakukanlah kegiatan membaca dengan penuh konsentrasi.
b. Temukanlah kata kunci di setiap paragraf atau sub bab.
c. Hindarilah membaca dengan regresi/pengulangan.
d. Capailah pemahaman secara umum, bukan dari detail rincian informasi saja.
e. Temukan informasi dari hasil membacamu.

Hitunglah kemampuan membaca cepat kalian! Caranya sebagai berikut
  1. Hitunglah jumlah kata pada wacana. Caranya, dapat dihitung satu-satu atau dengan mengalikan jumlah kata dalam satu baris dengan jumlah baris pada wacana tersebut!
  2. Catatlah waktu yang digunakan dalam membaca wacana tersebut. Catat dalam hitungan detik. Misalnya, kalian membaca dengan waktu 2 menit 23 detik, itu berarti 143 detik!
  3. Hitunglah persentase pemahaman isi. Caranya, periksalah jawaban kalian atas soal-soal pelatihan tersebut bersama guru. Kemudian, hitung skor jawaban masing-masing! Untuk memudah-kan, rentang skor yang digunakan adalah antara 0 sampai 100 atau setiap soal diberi bobot 10. Konsultasikan penilaian jawaban itu dengan guru. Persentase pemahaman isi dihitung dengan membagi skor yang didapat dengan 100.
  4. Masukkan angka-angka hasil menghitung di atas pada rumus berikut! 
    KM     = KB : (SM : 60) × (PI : 100) KPM
    KM = Kemampuan membaca
    KB = Jumlah kata dalam wacana
    SM  = Jumlah second (detik) dalam membaca
    PI  = Pemahaman isi
    KPM   = Kata per menit

Contoh: Jumlah kata dalam wacana adalah 800. Joko membaca dalam waktu 2 menit 40 detik, berarti 160 detik. Skor pemahamannya, setelah jawabannya diperiksa sebesar 70. Berarti kemampuan membacanya adalah
KM = KB : (SM : 60) × (PI : 100) KPM
KM = 800 : (160 : 60) × (70 : 100) KPM
        = 800 : 2,66 × 0,7 KPM
        = 300 × 0,7 KPM
        = 210 KPM
Hasil perhitungan di atas menunjukkan bahwa kemampuan membaca joko adalah 210 kata per menit. Rata-rata kemampuan membaca siswa SMA yang ditargetkan dalam kurikulum adalah 250KPM. Dengan demikian, kemampuan joko tersebut masih di bawah rata-rata ideal. Jika kemampuan kalian sama dengan joko, kalian harus segera secara intensif (sungguh-sungguh) meningkatkan kemampuan membaca. Caranya, tidak lain dengan memperbanyak frekuensi membaca. Makin sering dan banyak membaca, kalian akan makin terlatih dan mahir.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Cara dan Teknik Membaca Cepat"

Post a Comment