Peralatan Produksi Permukaan (Surface Facilities) Dalam Perminyakan

Surface facility adalah peralatan produksi yang terdiri dari wellhead, manifold (kerangan-kerangan), separator dan tangki pengumpul serta pompa bila diperlukan. Menurut fungsinya surface facility berfungsi sebagai media pengangkut, pemisah dan penimbun, maka dapat dipengaruhi oleh kondisi permukaan yang relatif datar untuk memperoleh efisiensi atau untuk mengurangi pressure drop (kehilangan tekanan akibat elevasi). Selain itu sifat fasa, komposisi kimia, tekanan dan temperatur fluida reservoir, besarnya cadangan, laju produksi sangat menentukan didalam perencanaan surface facility.

1.Sumur Produksi
Sumur produksi adalah suatu lubang pemboran yang telah mengalami design komplesi dan dilengkapi peralatan pendukung untuk mengalirkan fluida reservoir ke surface.
Sumur Produksi
Pada sumur produksi terdapat peralatan atas permukaan yaitu :
a.Wellhead
Wellhead
Merupakan peralatan kontrol sumur di permukaan yang terbuat dari baja membentuk suatu sistem seal/penyekat untuk menahan semburan atau kebocoran cairan sumur ke permukaan. Bagian wellhead, adalah casing head dan tubing head.

b.X-mastree
X-mastree
Merupakan susunan kerangan (valve) yang berfungsi sebagai pengamanan dan pengatur aliran produksi di permukaan yang dicirikan oleh jumlah sayap/lengan (wing) dimana choke atau bean atau jepitan berada. Terdiri dari, master valve, wing valve, top valve (swab valve), dan pressure gauge.

c.Flowline
Merupakan pipa produksi yang berfungsi untuk mengalirkan fluida dari sumur menuju Header & Manifold di stasiun pengumpul.

2.Manifold System
Manifold System
Untuk suatu lapangan minyak yang terdiri dari banyak sumur, maka minyak yang keluar dari kepala sumur perlu dikumpulkan dulu ke suatu tempat pemusatan sumur (well centre), tempat inilah yang dinamakan dengan manifold. 

3.Separator
Separator
Fungsi utama separator adalah memisahkan gas dari cairan yang terproduksi dari sumur. Kerja separator ini memisahkan fluida berdasarkan densitasnya.
4.Gas Scrubber
Gas Scrubber
Gas scrubber untuk meyakinkan bahwa gas tidak mengandung material atau fluida yang dapat merusak peralatan seperti compressor dehydrator, sweetener, metering dan regulator.

Baca Juga : Gas Scrubber Dalam Perminyakan

5.Gas Kompresor
Merupakan tempat gas dikompres sehingga tekanan gas akan meningkat kemudian fluida gas dilakukan treatment sehingga gas terbebas dari fluida liquid. Tujuan dari pengkompresan gas tersebut agar gas bisa masuk dan dialirkan ke sistem selanjutnya dengan tekanan yang lebih tinggi.

6.Treating System
Alat ini digunakan untuk memisahkan air yang tercampur dalam minyak maupun gas. 
Adapun peralatan treating yaitu:       
a.Wash Tank
b.Heater Treater
c.Oil Skimmer
d.Gas Dehydration Unit (DHU)

7.Metering system
Metering system ini merupakan fasilitas produksi yang digunakan untuk mengukur laju alir fluida gas dan minyak baik yang diproduksikan dari sumur maupun yang akan dikirim ke terminal untuk di proses lebih lanjut di refinery unit minyak dan gas. Untuk minyak laju alirnya diukur oleh flowmeter, sedangkan untuk gas diukur oleh orifice.

8.Oil and gas storage
Oil and gas storage
Merupakan tangki penampungan yang digunakan untuk menampung minyak maupun gas yang telah siap dikirim.

9.Pompa Injeksi
Pompa Injeksi
Pompa ini digunakan untuk menginjeksikan chemical yang berfungsi memisahkan fluida yang teremulsi maupun menginjeksikan air ke dalam reservoir untuk pressure maintenance maupun water disposal




Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Peralatan Produksi Permukaan (Surface Facilities) Dalam Perminyakan"

Post a Comment