Pengertian Wettability Dalam Perminyakan

Wettabilitas adalah suatu kemampuan batuan untuk dibasahi oleh fasa fluida, jika diberikan dua fluida yang tak saling campur (immiscible). Wettabilitas dalam sistem reservoir digambarkan sebagai air dan minyak (atau gas) yang ada diantara matriks batuan.

Salah satu fluida akan bersifat lebih membasahi batuan daripada fluida lainnya di dalam suatu reservoir. Kecenderungan suatu fluida untuk membasahi batuan disebabkan adanya gaya adhesi, yaitu gaya tarik-menarik partikel yang berlainan, yang merupakan faktor tegangan permukaan antara batuan dan fluida.  

Wettabilitas ini penting peranannya dalam ulah laku kerja reservoir, sebab akan menimbulkan tekanan kapiler yang akan memberikan dorongan sehingga minyak atau gas dapat bergerak. 
Besaran wettabilitas ini sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu :
  • Jenis mineral yang terkandung dalam batuan reservoir
  • Ukuran butir batuan, semakin halus ukuran butir batuan maka semakin besar gaya adhesi yang terjadi
  • Jenis kandungan hidrokarbon yang terdapat di dalam minyak mentah (crude oil)

Wettabilitas terbagi menjadi dua kategori berdasarkan pada jenis komponen yang mempengaruhi, yaitu :
Water wet
Water wet terjadi jika suatu batuan mempunyai sudut kontak fluida (minyak dan air) terhadap batuan itu sendiri lebih kecil dari 90o (θ < 90o). Kejadian ini terjadi sebagai akibat dari gaya adhesi yang lebih besar pada sudut lancip yang dibentuk antara air dengan batuan  dibandingkan gaya adhesi pada sudut yang tumpul yang dibentuk antara minyak dengan batuan, seperti gambar berikut.
Sistem Water Wet
Sistem Water Wet
Oil wet 
Oil wet terjadi jika suatu batuan mempunyai sudut kontak antara fluida (minyak dan air) terhadap batuan itu sendiri dengan sudut lebih besar dari 90O (θ > 90O), seperti yang ditunjukkan dalam gambar diatas. Karakter oil wet pada kondisi batuan reservoir tidak diharapkan terjadi sebab akan menyebabkan jumlah minyak yang tertinggal pada batuan reservoir saat diproduksi lebih besar daripada water wet.
Sistem Oil Wet
Sistem Oil Wet

Reservoir pada dasarnya mempunyai karakter water wet sehingga air akan lebih cenderung untuk melekat pada batuan, dimana posisi minyak akan berada diantara fasa cair. Posisi ini mengakibatkan minyak tidak mempunyai gaya tarik-menarik dengan batuan sehingga akan lebih mudah untuk bergerak (mengalir).

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Pengertian Wettability Dalam Perminyakan"

Post a Comment