Pengertian Scale Dalam Perminyakan

Scale adalah endapan kimiawi yang dapat terjadi di tangki, water treatment, separator, flowline, tubing, casing, perforasi, pompa dll. Air formasi mengandung bermacam-macam bahan kimia dalam bentuk ion-ion yang larut. Ion-ion tersebut dapat bergabung satu sama lain membentuk senyawa yang tidak larut dalam air. Apabila jumlah senyawa tersebut cukup banyak sehingga melampaui batas kelarutannya pada suatu kondisi, maka senyawa tersebut akan mengendap dalam bentuk padatan (scale).  Scale adalah kristalisasi dan endapan mineral dari air.

Penyebab scale adalah penurunan tekanan, perubahan temperatur, pencampuran antara dua zat cair (air) atau kalau kelarutan suatu zat terlewati. Selain itu perubahan pH, evaporasi (merubah konsentrasi), waktu kontak. Komposisi scale pada lapangan minyak biasanya ada tiga :
a.Calcium Carbonate (CaCO3)
b.Calcium Sulfate (CaSO4)
c.Barium Sulfate (BaSO4)

Pencegahan scale dapat dilakukan dengan memasukkan bahan kimia tertentu (Scale inhibitors) seperti organic phosphate ester atau organic phosphonates ke dalam sistem aliran. Pencegahan scale tersebut adalah sebagai berikut :
-Pada awal pembentukan scale, yaitu merupakan kristal yang sangat kecil, scale inhibitor tersebut akan melapisi permukaan kistal dan mencegah pertumbuhan kristal lebih lanjut.
-Scale inhibitor mencegah kristal scale mengendap di dinding tubing pipa salur, perforasi dan sebagainya.
Klasifikasi dan Pembentukan Scale 


Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Pengertian Scale Dalam Perminyakan"

Post a Comment