Pengertian Cadangan Minyak dan Gas ( Reserves ) Dalam Perminyakan

Cadangan (reserves) adalah perkiraan volume hidrokarbon (minyak, kondesat dan gas alam) yang secara komersial dapat diambil dari volume hidrokarbon yang terakumulasi di reservoir dengan metode operasi yang ada dan bersifat ekonomis. Perkiraan cadangan didasarkan atas interpretasi data geologi dan/atay engineering yang tersedia pada saat itu.Cadangan biasanya direvisi begitu reservoir diproduksikan seiring bertambahnya data geologi dan/atau engineering yang diperoleh atau karena perubahan kondisi ekonomi.

Baca Juga : Cadangan Belum Pasti (unproved reserves)

Perhitungan cadangan melibatkan ketidakpastian yang tingkatnya sangat tergantung pada tersedianya jumlah data geologi dan engineering yang dapat dipercaya. Atas dasar ketersediaan data tersebut maka cadangan digolongkan menjadi dua, yaitu : Cadangan Pasti (proved reserves) dan Cadangan Belum Pasti (unproved reserves). Unproved reserves memiliki tingkat ketidakpastian yang lebih besar disbanding proved reserves dan digolongkan menjadi Cadangan Mungkin (probable reserves) dan cadangan Harapan (possible reserves).Cadangan Pasti atau Cadangan Terbukti (proved reserves) adalah cadangan yang sudah dibuktikan dengan uji produksi atau bahkan reservoir sedang diproduksikan dan dapat diperkirakan dengan cukup teliti untuk dapat diambil atas dasar ekonomi saat itu (current economic conditions). Kondisi ekonomi tersebut termasuk harga dan biaya pada saat dilakukan perkiraan (perhitungan) reserves.Proved reserves, berdasarkan statusnya, digolongkan menjadi 2 yaitu developed dan undeveloped. Penggolongan status menetapkan status pengembangan dan produksi dari sumur dan/atau reservoir.
Diagram Klasifikasi SDA Minyak/Gas
Diagram Klasifikasi SDA Minyak/Gas


Terkadang kita juga mendengar istilah 1P,2P dan 3P dalam cadangan, 1P:Setara dengan Cadangan Terbukti; menunjukkan skenario “perkiraan rendah” Cadangan. 2P:Setara dengan jumlah “Cadangan Terbukti” ditambah dengan “Cadangan Mungkin”; menunjukkan skenario “perkiraan terbaik” Cadangan. 3P:Setara dengan jumlah “Cadangan Terbukti” ditambah “Cadangan Mungkin” ditambah “Cadangan Possible”; menunjukkan skenario “perkiraan tinggi” Cadangan.
Cadangan 1P, 2P, 3P
Cadangan 1P, 2P, 3P

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Pengertian Cadangan Minyak dan Gas ( Reserves ) Dalam Perminyakan"

Post a Comment