Mekanisme Pendorong Segregetion Drive

Mekanisme Pendorong Reservoir adalah tenaga pendorong alami yang telah ada didalam reservoir yang dimana tenaga pendorong ini akan menyuplai sebagian besar dari tekanan yang diberikan untuk membantu menaikkan fluida reservoir ke permukaan.

Adapun contoh mekanisme pendorong sebagai berikut : Water DriveGas Cap DriveSolution Gas DriveSegregetion Drive, dan Combinasi Drive.
Segregetion Drive
Segregation drive reservoir atau gravity drainage adalah mekanisme pendorong minyak bumi yang berasal dari kecenderungan gas, minyak, dan air membuat suatu keadaan yang sesuai dengan massa jenisnya (karena gaya gravitasi).
Gravity drainage mempunyai peranan yang penting dalam memproduksi minyak dari suatu reservoir.
Sebagai contoh bila kondisinya cocok, maka recovery dari solution gas drive reservoir bisa ditingkatkan dengan adanya gravity drainage ini. Demikian pula dengan reservoir-reservoir yang mempunyai energi pendorong lainnya.
  • Dalam reservoir gravity drainage perembesan airnya kecil atau hampir tidak ada produksi air. Laju penurunan tekanan tergantung pada jumlah gas yang ada. Jika produksi semata-mata hanya karena gas gravitasi, maka penurunan tekanan dengan berjalannya produksi akan cepat. Hal ini disebabkan karena gas yang terbebaskan dari larutannya terproduksi pada sumur struktur sehingga tekanan cepat akan habis.
  • Recovery yang mungkin diperoleh dari jenis reservoir gravity drainage ini sangat bervariasi. Bila gravity drainage baik, atau bila laju produksi dibatasi untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari gaya gravity drainage ini maka recovery yang didapat akan tinggi. Pernah tercatat bahwa recovery dari gravity drainage ini melebihi 80% dari cadangan awal.
  • Seandainya dalam reservoir itu terdapat tudung gas primer (primary gas cap) maka tudung gas ini akan mengembang sebagai proses gravity drainage tersebut. Reservoir yang tidak mempunyai tudung gas primer segera akan mengadakan penentuan tudung gas sekunder (secondary gas cap).
  • Besarnya gravity drainage dipengaruhi oleh gravity minyak, permeabilitas zona produktip, dan juga dari kemiringan dari formasinya. Faktor-faktor kombinasi seperti misalnya, viskositas rendah, specific gravity rendah, mengalir pada atau sepanjang zona dengan permeabilitas tinggi dengan kemiringan lapisan cukup curam, ini semuanya akan menyebabkan perbesaran dalam pergerakan minyak dalam struktur lapisannya.
Grafik Karakteristik Segregetion Drive
  • Gas oil ratio akan mengalami kenaikan diawal produksi dan akan mengalami penurunan seiring dengan produksi gas yang terbebas mulain berkurang. Terkanan reservoir akan turun dengan sebading dengan produksi  gas yang terbebaskan mulai berkurang

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Mekanisme Pendorong Segregetion Drive"

Post a Comment